Rumah adalah Investasi Jangka Panjang, Ini Keuntungan dan Cara Memulainya

Tak heran kini investasi properti semakin banyak digemari masyarakat. Harga yang terus melambung kian tahun menjadikan pertimbangan utama seseorang dalam memilih rumah sebagai investasi jangka panjang.

Walaupun risiko kerugian dalam instrumen investasi ini tidak besar, namun Anda tetap harus cermat dalam menentukan tujuan dan memilih propertinya. Jika Anda tertarik dengan instrumen investasi ini, namun masih ragu, simak berikut ini alasan kenapa rumah adalah investasi jangka panjang, sederet keunggulannya, serta cara untuk memulainya. 

Alasan Investasi Rumah

alasan pilih rumabh sebagai investasi jangka panjang

Setiap investor tentunya memiliki tujuan sama yang ingin dicapai, yaitu keuntungan. Jika membicarakan keuntungan, rumah adalah salah satu instrumen yang bisa Anda pilih jika menginginkan investasi jangka panjang. 

Instrumen investasi satu ini cukup dilirik banyak orang karena investasi rumah mempunyai target pasar yang stabil, bahkan kebutuhan properti kian tahun kian bertambah sehingga ada kenaikan harga. Inilah yang membuat orang lebih memilih rumah sebagai investasi jangka panjang.

Keunggulan Investasi Rumah

rumah adalah investasi jangka panjang
  • Kebutuhan Properti Kian Meningkat

Setiap harinya semakin banyak orang yang membutuhkan rumah. Entah itu untuk kebutuhan tempat tinggal atau dijadikan tempat usaha. Dengan makin minimnya lahan, terutama di kawasan perkotaan, membuat banyak orang langsung mencari bangunan dengan alih-alih mencari tanah untuk nantinya dibangun rumah.

Baca juga: Paling Menguntungkan, Ini Jenis Investasi Masa Depan yang Bisa Dicoba

  • Harga Stabil dan Cenderung Naik

Keuntungan dalam berinvestasi rumah, yaitu dilihat dari nilainya. Harga rumah tidak terpengaruh sama sekali dengan inflasi sehingga jika suatu saat nilai mata uang turun, Anda tetap bisa menjual rumah dengan nilai yang sama, bahkan bisa lebih tinggi. 

Di Indonesia, harga properti, terlebih rumah, bisa dikatakan selalu naik per tahunnya. Ini juga dibarengi dengan semakin banyaknya orang yang mencari hunian. 

  • Investasi Jangka Panjang

Rumah bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena Anda bisa menjualnya dalam waktu jangka panjang, yaitu 10 sampai 20 tahun ke depan, bahkan bisa lebih dari itu. 

Nilai jual rumah pun sulit turun, bahkan cenderung selalu meningkat sampai 15% per tahunnya. Bayangkan saja jika Anda menjual rumah dalam waktu 10 tahun ke depan, berapa keuntungan yang akan didapat?

  • Sebagai Pendapatan Pasif

Saat membeli rumah dengan tujuan investasi, Anda bisa sekaligus mendapat keuntungan pasif. Mengapa bisa demikian? Rumah tersebut bisa disewakan, baik dijadikan sebagai kos-kosan maupun kontrakan sehingga bisa mendapatkan penghasilan pasif secara tetap dari uang sewa.

Cara Memulai Investasi Rumah

cara memulai investasi jangka panjang
  • Menyiapkan Keuangan

Dikarenakan Anda ingin menjadikan rumah sebagai investasi jangka panjang maka juga perlu memikirkan keuangan sampai jangka panjang. Setidaknya, Anda perlu memiliki uang yang cukup untuk membayar DP. 

Walau tujuan beli rumah adalah berinvestasi, namun Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan lainnya. Jadi, sebelumnya Anda perlu mengelola keuangan dengan baik agar tidak terganggu ke depannya

  • Mencari Rumah yang Berlokasi Strategis

Berbeda dengan rumah yang dijadikan tempat tinggal, bila tujuan Anda investasi maka pertimbangkan lokasi yang strategis. Ini dilakukan agar nilai jual rumah lebih tinggi di kemudian hari. Selain itu, orang lebih senang mencari rumah yang berlokasi strategis.

Terdapat rekomendasi dua perumahan dari developer Premier Qualitas Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda, yaitu Premier Estate 2 yang berada di Bekasi dan Premier Estate 3 yang berada di Cibubur. Keduanya berada di lokasi strategis dan dilengkapi fasilitas pendukung yang lengkap sehingga bisa menjadi nilai plus jika Anda berinvestasi rumah di perumahan ini.

  • Memilih Rumah dengan KPR

Cara ini bisa Anda aplikasikan jika berencana menggunakan rumah tersebut untuk disewakan atau dijadikan kos-kosan. Setelah membayar uang muka, Anda bisa menggunakan uang sewa untuk membayar angsuran cicilan.

  • Menentukan Uang Muka

Besaran uang muka yang Anda perlu bayar berpengaruh pada angsuran rumah. Pastikan sebelumnya Anda mengetahui kebutuhan setiap bulannya. Pastikan pula bahwa Anda sanggup membayar keperluan dan angsuran rumah tiap bulannya. Bila merasa terbebani dengan biaya angsuran yang tinggi, Anda bisa mengumpulkan modal lebih terlebih dulu untuk membayar uang muka.

Baca juga: 5 Kriteria Rumah Bekasi yang Potensial untuk Dijadikan Aset Investasi

Rumah memang investasi jangka panjang yang berpotensi keuntungan tinggi. Namun, mengingat harga rumah yang tidak murah, Anda tetap perlu cermat dalam memilih dan perlu melakukan banyak riset.

Setelah membaca semua informasi yang ada di atas, apakah Anda semakin tertarik dengan instrumen investasi jangka panjang satu ini? Jika iya dan sedang kebingungan mencari rumah, Anda bisa melirik koleksi perumahan dari Premier Qualitas Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dua perumahan unggulan dari Premier Qualitas Indonesia, Premier Estate 2 dan 3, memiliki segudang fasilitas lengkap dan terletak pada lokasi strategis. 

Premier Estate 2 berada di Jatiwarna, Bekasi, dekat dengan beberapa lokasi strategis. Jika hendak pergi ke Bandara Perdana Halim Kusuma Anda hanya membutuhkan waktu 25 menit. Ingin pergi ke lapangan Royale Jakarta Golf Club atau mengantar anak sekolah di International Korean School Jakarta? Anda hanya perlu berkendara selama 25 menit. 

Sementara, Premier Estate 3 berada di kawasan Kranggan, Cibubur. Lokasi perumahan tersebut bisa diakses oleh tiga jalan tol, yakni Tol Jagorawi Gate Cibubur, JORR Gate Jatiwarna, serta Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur. Lokasinya juga dekat dengan rumah sakit, sekolah, hotel, serta mall sehingga penghuni perumahan ini dapat mudah ke berbagai fasilitas umum. 

Kedua perumahan ini sama-sama dilengkapi fasilitas lengkap. Mulai dari adanya club house untuk menghabiskan weekend bersama keluarga, taman bermain untuk anak-anak, jogging track untuk Anda yang senang berolahraga, danau luas untuk memanjakan mata, internet fiber optic untuk pengalaman internet yang super cepat hingga keamanan 24 jam.

Sebagai investor, hal menarik dari developer satu ini, yaitu durasi serah terima yang relatif singkat, paling lambat 8 bulan hingga 12 bulan sejak waktu reservasi. Lebih menariknya lagi, Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan beberapa Bank untuk proses KPR dan Anda dapat langsung pilih sesuai kemampuan.

Segera hubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini jika Anda ingin reservasi rumah atau punya pertanyaan lebih lanjut.

Previous
Previous

Tak Banyak yang Tahu, Ini Keuntungan Usaha di Ruko 2 Lantai

Next
Next

7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Dilihat dari Tiap Ruangannya