7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Dilihat dari Tiap Ruangannya

Rumah saat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian, melainkan juga digunakan sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan penghuninya. Hadirnya rumah sehat membuat banyak orang terbantu dan berkeinginan untuk memilikinya. Karena membudayakan rumah yang sehat bisa menjadi awal yang sempurna untuk mempertahankan kesehatan tubuh Anda. 

Lantas, bagaimanakah ciri-ciri rumah yang sehat? Pada artikel kali ini akan menjelaskan informasi lengkap mengenai rumah sehat, dari pengertian hingga ciri-cirinya.

Pengertian Rumah Sehat

pengertian rumah sehat

Menurut WHO (World Health Organization), rumah merupakan bangunan untuk tempat berlindung, di mana lingkungan yang sehat berguna untuk kesehatan jasmani, rohani, serta keadaan sosialnya baik demi kesehatan individu dan keluarga.

Sementara, menurut Departemen Kesehatan RI pada tahun 2012, rumah sehat adalah rumah yang memenuhi kriteria seperti adanya akses air minum, akses jamban yang sehat, ventilasi, lantai, dan pencahayaan. Bisa disimpulkan bahwa rumah yang sehat merupakan yang bebas dari pencemaran udara dan lingkungan.

Ciri-Ciri Rumah Sehat

Tak banyak yang tahu seperti apa ciri-ciri dari rumah yang sehat. Nah, untuk mengetahuinya berikut ini ciri-cirinya.

  • Sirkulasi Udara Cukup

rumah sehat dengan sirkulasi udara cukup

Rumah sehat adalah yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan rumah Anda atau yang akan ditinggali memiliki ventilasi dan jendela pada setiap ruangan agar udara dalam rumah bisa terus berganti setiap harinya. Dengan begitu, suasana rumah pun menjadi lebih segar dan tidak pengap meskipun di siang hari.

  • Pencahayaan Maksimal

rumah sehat dengan pencahayaan maksimal

Jika berpikir rumah yang redup kurang cahaya matahari lebih baik karena terasa adem, tentunya ini salah besar. Karena rumah sehat adalah yang mendapatkan cahaya matahari yang maksimal pada setiap sudut ruangan. Jika tidak mendapat sinar matahari dengan baik maka akan menyebabkan rumah menjadi lembab sehingga berakibat buruk juga kepada pernapasan dan juga lumut bisa tumbuh dengan cepat. Jika dibiarkan begitu saja, lama kelamaan bangunan akan menjadi rapuh dan mudah roboh. 

  • Terdapat Ruang Hijau atau Taman

rumah sehat dengan ruang hijau

Anda tidak harus memiliki rumah dengan pekarangan luas dan ditumbuhi banyak pepohonan. Rumah yang sehat cukup dengan lingkungan yang asri dan masih terdapat banyak pohon di lingkungan sekitarnya sehingga terdapat sumber oksigen yang cukup bagi penghuninya. 

  • Dapur Selalu Bersih

rumah sehat dengan dapur bersih

Bisa dikatakan dapur menjadi salah satu tempat yang paling kotor di rumah, selain kamar mandi. Ini dikarenakan dapur menjadi tempat untuk memasak, menyiapkan makanan, mencuci piring, dan mencuci sayur atau buah yang hendak disajikan. Oleh karena itu, rumah sehat bisa dilihat dari kebersihan dapurnya. 

Anda dan keluarga bisa membiasakan diri sehabis makan atau masak langsung mencuci dan membersihkan dapur. Ini dilakukan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap, serta menghindari adanya kuman yang bersarang.

  • Rumah Bebas Tikus dan Kecoa

rumah sehat yang bebas kecoa

Apakah dirumah Anda terdapat tikus atau kecoa yang berkeliaran? Jika iya maka rumah masih belum masuk dalam kategori rumah yang sehat. 

Adanya kedua serangga ini bisa menjadi pertanda bahwa rumah jarang dibersihkan dan banyak barang menumpuk sehingga dijadikan rumah bagi kedua serangga tersebut. Untuk mengusir tikus dan kecoa, Anda bisa membeli perangkap atau racun sembari rutin membersihkan, serta memberi wewangian pada sudut kamar. 

  • Tersedia Air Bersih

rumah sehat dengan air bersih

Air yang bersih juga menjadi salah satu syarat rumah dapat dikatakan sehat. Sebab, air menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari digunakan untuk minum, mandi, mencuci hingga memasak makanan. Pastikan air pada rumah Anda tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengeluarkan rasa tertentu. 

  • Kamar Mandi Tidak Kumuh

rumah sehat dengan kamar mandi bersih

Ciri-ciri terakhir bisa dilihat dari kebersihan kamar mandi. Sebagai tempat untuk membersihkan badan, kamar mandi tentunya penuh dengan kuman-kuman yang terbawa oleh tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kamar mandi Anda memiliki pencahayaan yang cukup, terdapat aliran air bersih yang baik, dan ada ventilasi udara. Ini berguna agar kamar mandi tidak lembab dan tetap kering saat tidak digunakan.

Apakah rumah Anda sudah masuk dalam kategori sehat? Jika belum, segera bersihkan dan rawat rumah agar kesehatan Anda dan keluarga dapat terlindungi dari kuman, serta penyakit. 

Namun, jika Anda sedang mencari-cari rumah baru, pastikan juga rumah yang dipilih sudah memenuhi standar dari rumah sehat ya, seperti hunian yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia. Sebagai developer perumahan terkemuka sejak tahun 1998, Premier Qualitas Indonesia memperhatikan kenyamanan dan kesehatan penghuninya sehingga membuat hunian sehat dengan dikelilingi lingkungan asri.

Dengan mengambil konsep modern tropis, rumah yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia menyesuaikan dengan iklim Indonesia, di mana melindungi dari curah hujan yang tinggi dan sinar matahari yang terik. Semua huniannya pun dibuat sesuai dengan standar kualitas tinggi sehingga dijamin kokoh dan tahan lama.

Baca juga: Berikut Sederet Manfaat Jika Anda Tinggal di Rumah Asri

Terdapat dua perumahan unggulan yang dimiliki developer ini, yaitu ada Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. Anda bisa memilih hunian sesuai dengan wilayah atau tipe unitnya. Pastinya masing-masing perumahan sama-sama menawarkan fasilitas pendukung yang lengkap, lokasi strategis, dan rumah yang nyaman.

Tertarik melihat unitnya? Atau punya pertanyaan lebih lanjut mengenai perumahannya? Klik ikon whatsapp di bawah ini untuk terhubung dengan Sales Executive Premier Qualitas Indonesia. 

Previous
Previous

Rumah adalah Investasi Jangka Panjang, Ini Keuntungan dan Cara Memulainya

Next
Next

Cari Rumah Idaman Sederhana? Lirik Perumahan Satu Ini