Ini Dia Ciri Ciri KPR Disetujui oleh Pihak Bank

Umumnya, usai melengkapi berkas dan melakukan proses wawancara, Anda perlu bersiap menunggu acc dari pihak bank terhadap pengajuan KPR. Hanya saja, tidak sedikit orang yang cemas pengajuan KPR-nya akan ditolak karena pihak bank tidak kunjung menghubungi Anda usai proses wawancara KPR yang dilakukan sebelumnya.

Akan tetapi, jangan khawatir bila Anda sedang mengalami hal tersebut karena kini bisa mengecek beberapa ciri ciri KPR disetujui berikut ini. Beberapa ciri-ciri ini bisa Anda jadikan sebagai patokan meskipun setiap bank tentunya memiliki jangka waktu yang berbeda-beda dalam memproses persetujuan KPR. 

Bila Anda ingin atau sedang mengajukan KPR, namun cemas akan ditolak, sebaiknya simak ciri ciri KPR disetujui dan beberapa tips ampuh agar pengajuannya bisa disetujui berikut ini.

Baca juga: Informasi Lengkap KPR, dari KPR adalah Apa hingga Cara Mengajukannya

ciri ciri KPR disetujui oleh bank

Ciri Ciri KPR Disetujui

  • Pihak Bank Antusias Menghubungi Anda

Apabila mengajukan pembayaran KPR maka pastinya Anda akan berhadapan langsung dengan pihak bank yang akan didampingi oleh developer. Untuk melakukan proses persetujuan, pastinya Anda akan mengalami proses wawancara dengan pihak bank dan akan mengalami konfirmasi ulang mengenai berkas yang sudah diajukan. Umumnya, pertanyaan yang diajukan terkait slip gaji, utang piutang, status perkawinan, pekerjaan, komitmen dalam pembayaran, dan rumah yang akan diambil. 

Nah, hal utama dari ciri ciri KPR disetujui adalah reaksi dari pihak bank. Apabila dari  berkas yang diajukan dan jawaban Anda ketika wawancara kurang meyakinkan, ada kemungkinan pihak bank merasa curiga. Alhasil, bank akan kurang antusias karena bila tidak cocok, akan berpotensi terhadap risiko non performing loan alias kredit macet atau penolakan.

  • Bank Menghubungi Tidak dalam Hitungan Minggu

Wawancara adalah langkah akhir yang menentukan apakah KPR Anda disetujui atau tidak. Nah, ciri ciri KPR disetujui selanjutnya adalah pihak bank akan menghubungi tidak lama setelah Anda melakukan proses wawancara. Nantinya pun Anda akan diundang untuk diberikan SP3K.

  • Status Pengajuan KPR di Bank

Anda pun dapat mengeceknya melalui aplikasi status pengajuan KPR dari pihak bank tersebut. Sebagai contoh, Bank BCA menyediakan layanan pengecekan pada website tracking KPR BCA. Anda cukup memasukkan nomor referensi pengajuan KPR dan tanggal lahir untuk melihat status pengajuannya. Apabila sudah mengisi, klik button “Cek Status KPR Saya” dan tunggu hasilnya keluar.

Akan tetapi, tidak banyak bank yang memiliki layanan demikian. Jika bank pilihan belum memiliki aplikasi tersebut, Anda perlu mengecek status pengajuan secara manual.

  • Cek Rekening Koran

Bagi yang mengajukan KPR Subsidi, Anda dapat mengecek KPR subsidi dari rekening koran. Menurut Laman Kementerian PUPR, masyarakat dengan penghasilan rendah bisa mengecek status pengajuan dari rekening koran.

Tips Agar Pengajuan KPR dapat Diterima

Setelah mengetahui ciri ciri KPR disetujui, Anda pun perlu tahu tips jitu agar pengajuan bisa diterima oleh pihak bank. Pertama, pastikan catatan BI checking Anda bersih dan tidak ada masalah. Kemudian, carilah rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial. Siapkan pula dokumen dan berkas yang dibutuhkan dalam pengajuan secara lengkap. Lalu, pilihlah bank yang sesuai dengan keinginan dan pastikan persyaratannya pun tidak menyulitkan Anda. 

Pastikan pula kondisi finansial sehat agar pihak bank tidak ragu menyetujui pengajuan Anda. Selain bank pilih pula developer terpercaya yang menjual rumah secara legal dan resmi. Terakhir, jawablah dengan jujur ketika melakukan proses wawancara.

Demikianlah sederet ciri ciri KPR disetujui oleh pihak bank dan beberapa tipsnya agar pengajuan Anda bisa disetujui. Apabila dapat mengikuti setiap tips tersebut maka kemungkinan besar Anda akan mengalami ciri-ciri KPR disetujui yang ada di atas. Semoga pengajuan KPR Anda berhasil!

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya KPR dan Cicilan Bulannya

Nah, bagi yang berencana ingin membeli hunian dengan melakukan pembayaran KPR, bisa melirik pilihan proyek hunian eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia. Developer ternama ini bekerja sama dengan beberapa bank partner untuk sistem pembayaran KPR, antara lainnya ada Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank Permata, dan Bank Mandiri.

Proyek hunian Premier Qualitas Indonesia yang saat ini bisa Anda pilih untuk pembayaran KPR adalah Pavilia at Premier Estate 2 di kawasan Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 yang berlokasi di Kranggan, Cibubur. Dengan kisaran harga unit mulai dari 1,8 miliar hingga 3,7 miliaran rupiah, Anda sudah bisa mengambil program KPR dengan tenor sesuai kemampuan finansial. 

Selain itu, developer ini merupakan salah satu yang mampu melakukan serah terima rumah dalam waktu relatif cepat, yaitu dari 8 bulan sampai 12 bulan sejak reservasi sehingga Anda bisa tinggal di dalam hunian pilihan secara cepat. Premier Qualitas Indonesia pun menawarkan pembayaran uang DP yang bisa dicicil sebanyak tiga kali dalam waktu tiga bulan sehingga bisa meringankan Anda dalam membayar uang muka.

Yang lebih menariknya lagi, setiap pembelian unit di Pavilia at Premier Estate 2 dan Premier Estate 3 akan mendapatkan penawaran khusus, yaitu Free Canopy, Free 50% BPHTB, AJB, BBN, Free PPN, serta serah terima yang bisa dilakukan di tahun 2022. Untuk mengetahui informasi bank partner apa saja yang bekerja sama dengan developer ini atau ingin mengenal hunian yang dijualnya, Anda bisa chat Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah atau juga bisa klik di sini.

Previous
Previous

Sederet Persyaratan dan Simulasi KPR CIMB Niaga

Next
Next

Jangan Sembarangan Beli, Begini Cara Membeli Rumah yang Aman