Jangan Sembarangan Beli, Begini Cara Membeli Rumah yang Aman

Keinginan memiliki hunian sendiri adalah hal lumrah bagi setiap pasangan. Bahkan, label 'rumah sendiri' menjadi standar sebuah kesuksesan setiap orang. Ini tentunya menjadi perhatian bagi para developer properti dalam menawarkan hunian eksklusif yang bisa menggiurkan masyarakat.

Meski demikian, Anda perlu ingat agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah yang ditawarkan. Mengingat kini juga banyak developer bodong bermunculan yang mengiming-imingkan diskon besar dan harga miring.

Untuk yang lagi mencari atau ingin membeli rumah, namun masih awam soal hunian, penting untuk mengetahui cara membeli rumah yang aman terlebih dulu agar tidak kena tipu atau berujung membeli rumah murahan. Artikel ini telah menyiapkan beberapa cara membeli rumah yang mungkin bisa Anda coba agar tidak salah pilih.

Mencari Tahu Reputasi Developer

cara membeli rumah perlu cek reputasi developer

Mencari informasi dan reputasi developer pilihan merupakan cara membeli rumah paling awal yang tidak boleh diabaikan. Dengan mencari tahu, Anda bisa menilai dan mempertimbangkan apakah developer tersebut bisa bertanggung jawab dengan hunian yang dijual dan berbagai urusan lainnya atau tidak. 

Cara mudah mencari tahunya, bisa search informasi melalui website dan akun media sosial resmi developer tersebut untuk melihat proyek hunian apa saja yang sudah mereka lakukan. Selain itu, cek pula pemberitaan di media untuk mengetahui apakah developer hunian tersebut pernah tersandung kasus negatif atau tidak.

Baca juga: Waspada Oknum Bodong! Simak 7 Tips Memilih Developer Perumahan Terpercaya

Perhatikan Legalitas SHM dan IMB

cara membeli rumah perlu cek legalitasnya

Agar terhindari dari masalah yang bisa saja terjadi di kemudian hari, seperti penolakan kredit bank atau penyegelan oleh pihak berwenang, Anda perlu memperhatikan legalitas hunian yang ingin dibeli dari developer. Tanyakan kepada developer apakah hunian tersebut telah memiliki SHM (Sertifikat Hak Milik) dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) atau belum. Jika belum, sebaiknya tunda pembelian. Sebab, setiap mendirikan bangunan di Indonesia, wajib memiliki IMB dan SHM yang telah diatur oleh Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 mengenai Bangunan Gedung. Untuk itu, cara membeli rumah satu ini tidak boleh dilupakan.

Tanyakan Kejelasan Kapan Serah Terimanya

cara membeli rumah perlu tanyakan kejelasan serah terima

Cara membeli rumah berikut ini pun tak boleh diabaikan begitu saja. Anda perlu bertanya kepada developer kapan waktu pasti sertifikat rumah beralih menjadi atas nama Anda. Ini sangatlah penting karena jika sertifikat belum balik menjadi nama Anda maka tidak bisa mengajukan pinjaman kepada bank. Pihak bank biasanya meminta sertifikat atas nama pembelinya, yaitu Anda, agar bank pun bisa menyetujui pengajuan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dan dijadikan sebagai jaminan yang resmi di mata hukum.

Itulah beberapa cara membeli rumah yang aman yang bisa diterapkan, terlebih bagi Anda yang sama sekali belum berpengalaman dalam membeli hunian. Untuk memudahkan mendapatkan hunian secara aman tanpa kena tipu, Anda bisa membeli hunian dari developer Premier Qualitas Indonesia.

Bagi yang belum tahu, Premier Qualitas Indonesia merupakan salah satu developer ternama di Indonesia yang telah membangun lebih dari 5.000 unit hunian dan memiliki 24 proyek hunian eksklusif yang tersebar di kawasan Jabodetabek. Developer ini memiliki reputasi bagus dalam menjual hunian kokoh dengan konsep modern tropis yang pastinya telah memiliki SHM dan IMB sehingga Anda tak perlu khawatir soal legalitasnya.

Selain itu, jika ingin mengajukan KPR, Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank partner, yaitu ada Bank Permata, Bank Danamon, Bank Mybank, Bank Niaga, dan Bank OCBC NISP. Untuk memudahkan pembayaran, uang DP pun bisa Anda cicil sebanyak tiga kali selama tiga bulan.

Soal serah terima, Premier Qualitas Indonesia merupakan salah satu developer yang mampu melakukan serah terima dalam waktu relatif yang cepat, dari 8 bulan sampai 12 bulan dari waktu reservasi Anda. Menariknya, di bulan April ini, setiap pembelian unit di perumahan unggulannya, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur, akan mendapatkan promo khusus, yakni Free 50% PPN, Free BPHTB, AJB, dan BBN, Free Canopy, serta bisa melakukan serah terima di tahun 2022.

Biar gak ketinggalan promonya, Anda bisa segera menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia untuk menanyakan detail perumahannya. Caranya, cukup klik ikon WhatsApp di bawah ini atau juga bisa langsung klik di sini.

Previous
Previous

Ini Dia Ciri Ciri KPR Disetujui oleh Pihak Bank

Next
Next

Ini Dia Berbagai Jenis Investasi Masa Depan yang Menjanjikan