Informasi Lengkap KPR, dari KPR adalah Apa hingga Cara Mengajukannya

Membeli rumah tentunya membutuhkan anggaran yang sangat besar, terutama jika rumah yang diimpikan merupakan jenis rumah mewah yang memiliki bangunan luas. Namun, jangan jadikan anggaran yang besar menjadi hambatan Anda untuk membeli rumah impian. 

Saat ini, sudah banyak developer perumahan yang menawarkan pembelian menggunakan KPR dan bekerja sama dengan lembaga perbankan, yaitu Bank atau lainnya. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan singkatan ini, KPR adalah Kredit Pemilikan Rumah dengan skema biaya sampai 100 persen dari harga hunian. 

Pada umumnya, penyaluran KPR dilakukan oleh bank untuk berbagai jenis pembiayaan tipe properti, seperti untuk tanah, rumah, apartemen, ruko, dan properti lainnya. Akan tetapi, KPR adalah pembiayaan yang dikhususkan untuk rumah tapak. Bagi yang belum tahu, jenis dan persyaratan KPR terdapat berbagai jenis.

Nah, sebelum Anda menggunakan sistem pembayaran tersebut, ada baiknya untuk mengetahui informasi lengkap mengenai KPR berikut ini, mulai dari KPR adalah apa sampai jangka waktu pengajuannya.

kpr adalah

Jenis KPR

KPR adalah sistem pembayaran untuk membeli rumah yang bisa dicicil, terdapat beberapa jenis pembayaran yang ditawarkan oleh pihak bank. Mulai dari KPR Subsidi, KPR Syariah, KPR Pembelian, KPR Takeover hingga KPR Non-Subsidi untuk Anda yang ingin membeli rumah dengan persyaratan anti ribet.

Persyaratan KPR

KPR adalah kredit pemilikan rumah yang menggunakan sistem cicilan pada setiap bulannya. Jadi, bila Anda tertarik untuk membeli rumah menggunakan sistem KPR, perlu memahami persyaratan yang telah ditetapkan terlebih dahulu untuk bisa membeli rumah dengan menggunakan sistem ini. Terdapat persyaratan umum dari KPR apabila Anda ingin membeli bangunan untuk pribadi atau perorangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP Calon Pembeli.

  2. Fotokopi KTP Suami atau Istri.

  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

  4. Fotokopi Surat Nikah atau Akta Cerai.

  5. Fotokopi NPWP Pribadi.

  6. Slip Gaji Asli atau Surat Keterangan Penghasilan dengan minimal 1 bulan terakhir.

  7. Fotokopi Rekening Koran.

  8. Surat Rekomendasi dari Perusahaan.

  9. Akta Pisah Harta Notaris.

Adanya persyaratan KPR adalah untuk membuktikan bahwa Anda sudah mapan secara finansial dan mampu untuk melakukan pembayaran cicilan pada setiap bulannya. Saat akan mengajukan cicilan KPR, pastikan sudah menghitung pengeluaran setiap bulannya agar bisa membeli rumah sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

Lama Pengajuan KPR

Untuk waktu proses pengajuan KPR adalah sekitar 2 minggu hingga 1 bulan, tergantung dari proses bank yang Anda gunakan. Karena setiap bank memiliki regulasi yang berbeda, di mana akan memengaruhi waktu penyelesaian pengajuan. 

Masa Pinjaman KPR

Untuk masa pinjaman KPR adalah mulai dari 5 tahun hingga 35 tahun dengan suku bunga yang berbeda-beda pada setiap bank. Sebelum mengajukan KPR tanyakan terlebih dahulu mengenai perkiraan bunga, pembayaran cicilan tiap bulannya, dan masa waktu untuk pembayaran. Pastikan semuanya sudah Anda pahami sebelum menandatangani pinjaman KPR.

Perlu diketahui bahwa saat akan mengambil KPR Anda juga harus membayarkan DP atau deposit terlebih dahulu untuk jaminan awal. Biasanya, sebesar 20% dari harga rumah yang akan dibeli. 

Selain itu, juga harus memperhatikan harga rumah dan kondisi finansial, Anda juga harus cermat, serta selektif dalam memilih rumah idaman yang akan dibeli. Jangan sampai Anda mencicil hingga puluhan tahun, namun ternyata rumah tersebut tidak nyaman untuk dihuni. Karena rumah yang akan Anda cicil ini diharapkan menjadi aset menguntungkan bagian dari investasi Anda. 

Baca juga: Kenali 2 Jenis KPR BTN Beserta Syarat dan Keunggulannya

Jika Anda mencari rumah nyaman yang juga bisa dijadikan aset untuk investasi jangka panjang, bisa melirik koleksi hunian dari Premier Qualitas Indonesia. Terdapat banyak koleksi rumah yang nyaman dan asri berkonsep mordern tropis sehingga layak untuk dihuni hingga puluhan tahun lamanya. 

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerja sama dengan Premier Qualitas Indonesia membangun proyek perumahan landed housed, ada Premier Estate 2 di kawasan Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur.

Dengan harga yang ditawarkan mulai dari 1,3 miliar sampai 3,5 miliar rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan hunian nyaman berdesain modern tropis dengan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang kehidupan modern masa kini. Di antaranya ada clubhouse, taman bermain anak, internet fiber optic, estate management professional, dan PLN prioritas premium silver. 

Tak perlu khawatir dengan serah terima hunian, Premier Qualitas Indonesia adalah developer perumahan yang relatif cepat melakukan serah terima, yaitu dalam kurun waktu 8-12 bulan sejak reservasi. Anda yang tertarik atau punya pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini.

Previous
Previous

Rumah 2 Lantai Mungil Cantik Ini Punya Interior yang Estetik

Next
Next

Mengenal Konsep Rumah Modern Masa Kini dan Karakteristiknya