5 Model Kanopi yang Ada di Dunia, No 4 Paling Cocok di Negara Tropis

Saat ini, banyak hunian baru yang memberikan tambahan penutup di atas teras rumah atau yang sering disebut dengan kanopi. Berbagai model dan bentuk dari kanopi sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari yang berbahan kaca, pvc, spandek hingga asbes. 

Tujuan adanya kanopi, yaitu melindungi rumah dari percikan hujan dan sinar matahari yang terik. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai tambahan dekorasi untuk mempercantik rumah Anda. 

Lalu, apakah semua model kanopi bisa digunakan di negara tropis, seperti di Indonesia? Lalu, model kanopi apa yang cocok digunakan di Indonesia? Simak jawaban selengkapnya berikut ini.

Model Kanopi dari Kayu

model kanopi dari kayu

sumber: pinterest.com

Siapa yang tidak terpukau dengan kanopi yang terbuat dari kayu? Kesan minimalis dan natural berpadu menjadi satu membuat hunian terasa lebih adem. 

Kanopi yang terbuat dari kayu dinilai lebih tahan lama dari model lainnya, namun Anda tetap perlu memperhatikan juga kayu yang dipilih. Pastikan kayu tersebut sudah berumur tua sehingga tidak mudah lapuk dimakan rayap. 

Desain kanopi kayu cocok untuk Anda yang menyukai rumah dengan konsep alam. Pastikan pula pada bagian atasnya, Anda menggunakan kaca atau pvc bening agar rumah tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Model Kanopi Balkon

model kanopi dari balkon

sumber: aluconcept-fabricant.fr

Model selanjutnya ialah kanopi yang bisa dijadikan balkon juga. Wah, bagaimana konsepnya ya? Kanopi dengan model ini biasanya dibangun di rumah yang memiliki ukuran minimalis sehingga untuk mengakalinya agar membangun kanopi sekaligus balkon. 

Pada bagian atas dijadikan balkon untuk bersantai bersama keluarga dan pada bagian bawah bisa dijadikan carport. Namun, jika Anda ingin menggunakan model kanopi seperti ini, pastikan material yang digunakan kuat agar dapat menopang beban dari balkon nantinya. 

Model Kanopi dari Kaca

model kanopi dari kaca

sumber: pinterest.com

Model yang satu ini sering kali digunakan pada rumah atau bangunan mewah karena memang akan membuat bangunan menjadi lebih elegan. Sayangnya, jika Anda menggunakan kanopi dari kaca maka harus rutin membersihkannya karena jika terdapat bercak bekas air hujan atau kotoran, nantinya akan menempel dan terlihat jelas.

Baca juga: Ketahui 5 Karakteristik Desain Rumah Tropis Klasik 

Model Kanopi dari Asbes

model kanopi dari asbes

Model yang satu ini paling sering digunakan dan sangat cocok digunakan untuk negara tropis, seperti Indonesia. Pasalnya, jika menggunakan kanopi dari asbes, rumah Anda akan maksimal terlindungi dari panasnya sinar matahari dan curah hujan yang tinggi. Anda pun tidak perlu melakukan perawatan khusus, seperti kanopi kaca. Selain itu, kanopi yang terbuat dari asbes pun ramah di kantong, lho!

Model Kanopi dari Tanaman Rambat

model kanopi dari tanaman rambat

sumber: ruparupa.com

Model yang saat ini juga diminati banyak orang ialah rumah yang asri dengan banyaknya tanaman hijau di sekitar rumah. Bahkan, ada yang menjadikan tanaman sebagai kanopi, lho. 

Kanopi dari tanaman rambat seperti ini memang akan membuat rumah menjadi terasa sejuk dan teduh dan bisa meminimalisir terik matahari masuk ke dalam rumah. Sayangnya, kanopi dari tanaman rambat jika tidak sering dipangkas bisa menjadi rumah ular. Jadi, sangat diperlukan perawatan rutin.

Dari semua model di atas, kanopi seperti apakah yang Anda pilih untuk digunakan di rumah? Pastikan model kanopi yang Anda pilih sesuai dengan konsep rumah agar nantinya pun dari luar akan terlihat tampak cantik.

Apabila menginginkan rumah yang sudah siap dihuni dengan kanopi yang cantik, Anda bisa melihat koleksi hunian dari Premier Qualitas Indonesia.

Sebagai developer perumahan yang berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, Premier Qualitas Indonesia tidak sekadar membangun rumah, namun membangun suatu hunian yang nyaman dan asri dengan konsep tropis sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia. 

Salah satu perumahan yang dimiliki developer ini yang menggunakan kanopi cantik ialah Premier Estate 3. Anda bisa memilih tipe unit Besancon yang memiliki desain kanopi cantik yang terbuat dari asbes sehingga membuat fasad rumah terlihat mewah dan elegan.

Baca juga: Premier Estate 3, Jual Rumah Nyaman, Strategis, dan Lengkap!

Untuk menunjang kenyamanan tinggal di perumahan ini, Premier Qualitas Indonesia melengkapi fasilitas pendukung yang lengkap. Mulai dari adanya club house, jogging track, taman bermain, internet fiber optic, hingga underground utilities.

Jangan khawatir dengan wilayahnya karena Premier Estate 3 berada di lokasi strategis, yaitu di Kranggan, Cibubur. Lokasinya pun dekat dengan 3 akses jalan tol, yakni Tol Jagorawi Gate Cibubur, JORR Gate Jatiwarna, dan Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur. Juga, dekat dengan fasilitas sekolah, mall, resto, hotel bintang 4, serta fasilitas umum lainnya.

Jika penasaran dengan tipe Besancon atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perumahan ini, Anda dapat langsung menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

Previous
Previous

Cari Rumah Idaman Sederhana? Lirik Perumahan Satu Ini

Next
Next

5 Tipe Rumah yang Wajib Diketahui Sebelum Anda Beli Hunian