Ketahui 5 Karakteristik Desain Rumah Tropis Klasik

Desain rumah tropis klasik umumnya memiliki ciri khas elegan dengan kemewahan sehingga tak heran bila desain ini diminati masyarakat karena tampilannya pun membawa prestise tersendiri bagi penghuninya. Di negara yang melintasi garis khatulistiwa ini pun, desain rumah tersebut sangat cocok diterapkan karena Indonesia sendiri memiliki iklim tropis lembab. 

Umumnya, karakteristik pada rumah tropis klasik akan menyesuaikan dengan cuaca di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi dan teriknya panas matahari sehingga penghuninya bisa tinggal dengan nyaman di dalamnya. Dari segi eksterior pun desain rumah tropis klasik diidentikan dengan fasad yang megah untuk memberikan kesan mewah. Selain itu, masih ada karakteristik lainnya dari desain rumah ini yang membuatnya diminati masyarakat. Jika tertarik dengan desain rumah tersebut, alangkah baiknya mengetahui karakteristik dari desain rumah tropis klasik beriktu ini terlebih dahulu untuk menjadi bahan pertimbangan.

ciri desain rumah tropis klasik

Warna Cat Dinding Terang

Biasanya, desain rumah tropis klasik menggunakan cat dinding berwarna terang, seperti putih, krem, atau beige. Apabila ingin memberikan kesan klasik pada ruangan, Anda bisa menambahkan warna kuning emas atau coklat. Pastikan pemilihan warna di setiap ruangan tetap senada.

Material Alami

Desain rumah tropis klasik memperhatikan penggunaan bahan bangunannya karena inilah yang menjadi karakteristiknya. Umumnya, rumah tropis klasik dibangun dengan material alami, seperti kayu atau batu alam. Material ini pun biasanya didukung dengan pemilihan perabotannya, seperti bakul kayu rotan atau meja makan kayu yang dapat memberikan kesan alami pada rumah.

Jendela Besar

Untuk memberikan kesan klasik, desain rumah tropis klasik dirancang dengan bangunan luas sehingga bisa menaruh jendela berukuran besar di setiap ruangannya. Tujuannya, untuk memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang optimal pada ruangan agar selalu sejuk dan terang. Alhasil, Anda pun tak perlu sering menyalakan pendingin ruangan dan lampu karena sudah mendapatkan cahaya alami, serta udara sejuk dari luar. 

Halaman Rumah

Supaya desain rumah tropis klasik lebih sejuk, biasanya di bagian depan rumah dibuat halaman untuk menanam tanaman hias atau pohon buah. Akan tetapi, jika ingin membuat halaman depan, pastikan Anda sudah memperhitungkan besaran lahan untuk mendirikan bangunan.

Fasad Simetris

Fasad rumah yang simetris merupakan karakteristik utama dari rumah tropis klasik. Umumnya, desain rumah ini menggunakan fasad berbentuk simetris dengan warna cerah, seperti beige, ivory, putih, atau krem. Penggunaan warna cerah ini untuk menguatkan kesan klasik dan mewah pada hunian. Selain itu, penataan pintu dan jendela pada fasad pun tampak lebih simetris.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Klasik: dari Ciri Khas hingga Inspirasi

Apabila setelah mengetahui karakteristiknya Anda semakin yakin memilih desain rumah tropis klasik, artikel ini menyarankan membeli yang sudah siap huni di salah satu perumahan unggulan Premier Qualitas Indonesia, yakni Premier Estate 3 Extension.  Developer yang telah berpengalaman membangun lebih dari 5.000 unit mewah sejak tahun 1998 ini sudah terkenal dengan kualitas unitnya yang kokoh dan tahan lama.

Perumahan eksklusif yang berlokasi di Kranggan, Cibubur ini menggunakan desain rumah tropis klasik pada setiap unitnya, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Pada bagian eksteriornya dibangun fasad megah untuk memberikan kesan klasik dan ada pula taman kecil di depan rumah untuk menambah kesan tropis. Sementara, pada interiornya, setiap ruangannya menggunakan warna cerah dengan dilengkapi jendela besar agar sirkulasi udara dan cahaya alami bisa masuk secara optimal.

Selain menawarkan rumah berdesain tropis klasik, Premier Estate 3 Extension juga melengkapi kawasan perumahannya dengan fasilitas penunjang yang lengkap dan lingkungan asri. Dari adanya ruang terbuka hijau, area jogging, kids playground, clubhouse yang terdapat pusat kebugaran dan kolam renang, internet fiber optic, sampai keamanan dengan one gate system yang bisa Anda nikmati jika tinggal di perumahan eksklusif ini. Lokasi Premier Estate 3 Extension pun memiliki aksesibilitas tinggi ke berbagai fasilitas publik dan akses transportasi sehingga memudahkan mobilitas Anda ke mana pun, bahkan ke Ibukota.

Dikarenakan jumlah unit yang tersedia di perumahan eksklusif ini terbatas, pastikan Anda tidak kehabisan ya! Langsung buat reservasi di Premier Estate 3 Extension dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk terhubung langsung dengan Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Menariknya, setiap pembelian unit di Premier Estate 3 Extension dengan pembayaran KPR di bulan Juni ini akan mendapatkan banyak promo. Dari kanopi gratis, free 50% BBN, BPHTB, dan AJB, bunga hanya 1,78%, sampai bisa melakukan serah terima di tahun 2022 ini. Wow! Banyak banget, kan? Untuk itu, sampai ketinggalan promonya ya!

Previous
Previous

Jangan Asal Pilih Developer Perumahan, Ini Tips Dapatkan yang Kredibel

Next
Next

5 Desain Rumah Mewah 2 Lantai yang Kekinian dan Tampak Menawan