Tips Memulai Investasi Properti Rumah, Pemula Wajib Tahu!

Saat ini, investasi tengah menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Namun, bukan berarti investasi adalah sesuatu hal yang sedang tren. Melainkan, sebuah bagian dari finansial yang penting dilakukan oleh siapa pun yang telah memiliki penghasilan.

Salah satu jenis investasi yang paling diminati masyarakat Indonesia sedari dulu, yaitu investasi properti. Ini dikarenakan jenis investasi tersebut dianggap paling menguntungkan untuk jangka panjang. Terdapat berbagai macam investasi properti yang bisa Anda coba, yaitu ada tanah, kendaraan, rumah, dan ruko. 

Namun, investasi properti yang paling diminati banyak masyarakat adalah rumah. Sebab, selain bisa dijual kembali, rumah bisa disewakan sehingga menjadi pendapatan pasif. Jika tertarik dengan investasi properti rumah, namun Anda masih awam dengan hal tersebut, tenang, artikel ini telah merangkum sederet tips untuk memulainya.

investasi properti rumah

Cek Kondisi Finansial dan Persiapkan Dana

Untuk memulai investasi, Anda perlu mengecek kondisi finansial. Pastikan Anda sudah memiliki pemasukan aktif karena investasi rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu membayar pajak rumah per tahun dan adanya biaya perawatan.

Fokus dengan Tujuan Investasi

Mengetahui tujuan dari sebuah investasi merupakan hal terpenting agar Anda tidak salah langkah ke depannya. Investasi properti rumah merupakan salah satu aset yang cocok digunakan untuk investasi jangka panjang. Oleh karena itu, Anda tidak bisa terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu dekat sehingga cocok digunakan untuk investasi hari tua. Sebab, pada prinsipnya, semakin lama, semakin naik harga sebuah properti. 

Cari Properti di Lokasi Berkembang

Saat akan membeli properti, pastikan Anda tidak tergesa-gesa, lakukanlah survei terlebih dahulu, seperti melihat lokasi dari properti yang akan dibeli. Pastikan lokasi dari properti berada pada daerah yang strategis dan akan berkembang nantinya. 

Ini bisa dilihat dari kemudahan akses jalan dan dekatnya properti dengan fasilitas umum yang sering dikunjungi oleh banyak orang, seperti bandara, sekolah, rumah sakit, mall, dan lainnya. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan lokasi properti yang berada di dekat jalan tol karena sudah dapat dipastikan daerah tersebut akan menjadi daerah yang berkembang pesat di kemudian hari. 

Jika Anda mencari rumah untuk dijadikan investasi di kawasan Jatiwarna, Bekasi, bisa memilih salah satu hunian di Premier Estate 2. Sementara, jika mencari di kawasan Kranggan, Cibubur, bisa memilih Premier Estate 3. Hal ini dikarenakan dua perumahan tersebut berada di lokasi strategis dan berkembang.

Perhatikan Kualitas Bangunan dan Fasilitas di Sekitar

Saat membeli rumah, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari bangunannya. Kualitas ini dapat dilihat dari materialnya, konstruksinya, perkiraan untuk renovasi kembali, dan kekuatan dari bangunan. Jangan sampai pilihan rumah Anda mudah roboh saat terkena gempa atau angin kencang. 

Selain itu, juga perlu untuk mengecek fasilitas di sekitar lokasi rumah, terutama jika Anda membeli hunian di perumahan. Apakah perumahan tersebut menyediakan fasilitas lengkap atau tidak. Sebab, fasilitas penunjang yang lengkap tentu bisa meningkatkan harganya di kemudian tahun. Untuk itu, perhatikan dua hal ini agar nantinya Anda bisa mendapatkan banyak cuan. 

Perhitungkan Jenis Pembayaran

Apakah saat membeli properti harus secara tunai? Tentu tidak! Anda bisa membeli properti dengan cara KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah. Saat ini pun sudah banyak Bank yang bekerja sama dengan developer perumahan untuk sistem KPR. Sebagai contoh, Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank untuk mempermudah memiliki hunian. 

Bagaimana, tertarik untuk investasi properti rumah? Untuk berinvestasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar mendapat return yang lebih banyak. 

Baca juga: Rumah adalah Investasi Jangka Panjang, Ini Keuntungan dan Cara Memulainya

Apabila ingin memulai investasi properti rumah namun belum memiliki DP yang begitu besar, Anda bisa memanfaatkan kesempatan dengan mengambil perumahan yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia, yaitu Premier Estate 2 dan Premier Estate 3.

Kedua perumahan ini berlokasi strategis, dekat dengan mall, rumah sakit, bandara, lapangan golf, serta sekolah nasional dan internasional sehingga harga setiap tahunnya akan terus meningkat. 

Tak hanya itu, fasilitas di dalam perumahan pun juga super komplit karena terdapat clubhouse yang terdiri dari kolam renang dan fitness centre, ada jogging track, keamanan 24 jam, internet fiber optic, serta lingkungan sekitar perumahan yang sangat asri sehingga akan terasa nyaman bagi penghuninya. Komplit, bukan? 

Menariknya lagi, jika membeli hunian di dua perumahan tersebut, kini sedang ada promo free canopy, serta free AJB dan BBN. Jangan sampai ketinggalan, langsung mulai investasi properti di perumahan ini dengan menghubungi tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini atau klik di sini untuk mendapatkan penawaran menarik.

Previous
Previous

Jangan Asal Beli, Pilih Perumahan di Bekasi yang Nyaman Seperti Ini

Next
Next

Unik dan Menarik, Ini 5 Model Rumah 2 Lantai yang Bisa Jadi Referensi Anda