Selain Open Space, Ini Karakteristik Lain dari Rumah Tropis

Iklim lembab dan panas yang ada di Indonesia memang paling cocok untuk menerapkan konsep rumah tropis. Konsep rumah ini sebenarnya cukup sederhana dan material yang digunakan pun mudah ditemukan. Material alam yang menjadi fitur utama dari konsep rumah ini bisa memberikan kesan santai dan lebih dekat dengan alam. Selain itu, juga bisa mempercantik hunian dan melindungi rumah agar tahan terhadap cuaca ekstrim. 

Tren rumah tropis pun sudah menyihir masyarakat sehingga banyak yang mulai mendekorasi rumahnya dengan konsep tersebut, bahkan sampai mengeluarkan kocek besar. Padahal, Anda tidak perlu sampai merombak isi rumah, baik eksterior maupun interiornya. Hal yang perlu diperhatikan adalah renovasi kecil dengan karakteristik dari rumah tropis.

Lantas, material dan desain seperti apa yang dibutuhkan untuk membawa kesan rumah tropis? Sebelumnya mari kenali beragam karakteristiknya.

karakteristik rumah tropis

Atap Miring

Atap miring berfungsi untuk melindungi rumah dari cahaya matahari dan curah hujan yang tinggi. Dikarenakan Indonesia memiliki perubahan cuaca yang mendadak dan terus menerus dalam waktu lama, hal ini akan membuat rumah mengalami masalah serius di masa mendatang.

Pada rumah tropis biasanya bagian atapnya dibuat miring dengan skala kemiringan 30 derajat. Juga, pada langit-langitnya memiliki jenjang setinggi 2,5 m - 3 m.

Banyak Jendela

Suhu di dalam rumah perlu terjaga dengan baik. Bila tidak, akan memengaruhi furniture, terutama yang tidak bisa tahan suhu panas atau lembab. Cara mengatasinya adalah pemasangan lubang ventilasi di dinding yang berfungsi untuk mempermudah sirkulasi udara dan menghindari tumbuhnya jamur.

Pada rumah tropis juga sering menggunakan jendela silang sehingga udara yang masuk lebih optimal dan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Selain itu, menaruh banyak jendela di dalam rumah bisa membuat pencahayaan alami menjadi lebih mudah memasuki penjuru hunian.

Konsep Open Space

Konsep open space tanpa atau minim sekat menjadi karakteristik dari rumah tropis yang tak bisa diabaikan begitu saja. Rumah tropis lebih mementingkan unsur kebebasan dan keleluasaan tanpa dibatasi oleh sekat yang akhirnya membuat kegiatan terganggu. Namun, bila ingin mendapatkan privasi, solusinya bisa menggunakan perabotan multifungsi. Tak lupa juga di bagian dalam rumah tetap perlu mendapatkan cahaya alami semaksimal mungkin dengan penggunaan jendela besar.

Material Alami

Pada dasarnya, konsep rumah tropis adalah kembali ke alam, yang mana semua unsur material yang digunakan dari alam, seperti batu alam dan barang-barang daur ulang. Tak harus membeli baru, Anda bisa memanfaatkan material bekas yang masih layak digunakan untuk menampilkan kesan rumah tersebut.

Warna Netral

Rumah tropis umumnya memiliki beberapa jenis arsitektur yang mempengaruhi pilihan warna cat eksterior dan interiornya. Namun, umumnya rumah tropis menggunakan warna yang selaras dengan alam, seperti coklat muda, hijau muda, terakota, putih, dan krem.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Rumah Tropis, Konsep Hunian yang Cocok di Indonesia

Itulah sejumlah karakteristik rumah tropis yang perlu Anda ketahui sebelum akhirnya memutuskan untuk memilihnya. Jika menyukai konsep rumah tersebut dan berniat membeli baru, namun tak ingin ribet membangunnya, bisa membeli yang sudah siap huni.

Jika ingin membeli rumah di kawasan Bekasi atau Cibubur, bisa memilih salah satu rumah yang dibangun oleh developer Premier Qualitas Indonesia. Sebagai developer yang sudah diandalkan masyarakat Indonesia sejak tahun 1998, Premier Qualitas Indonesia tak pernah mengecewakan konsumennya dengan hadirkan hunian ekslusif yang nyaman dihuni.

Premier Qualitas Indonesia saat ini memiliki dua perumahan unggulan, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan ini sama-sama menghadirkan rumah tropis modern 2 tingkat dengan beragam tipe yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Tak hanya hadirkan hunian tropis, lingkungan kawasan perumahannya juga dibuat sejuk, asri, dan bersih dengan adanya ruang terbuka hijau. Khusus di Pavilia at Premier Estate 2 terdapat danau buatan berukuran luas yang asri dan terawat untuk menjadi tempat refreshing. Fasilitas di dalam kawasan perumahannya juga tersedia lengkap untuk menunjang gaya hidup penghuninya.

Menariknya, Premier Qualitas Indonesia menghadirkan banyak promo menarik untuk pembelian unit di Pavilia at Premier Estate 2 dan Premier Estate 3 Extension pada bulan September 2022. Di Pavilia at Premier Estate 2 saat ini sedang menyelenggarakan program House of The Month untuk tipe Fresnay Special unit AD2 (LT 136m2/LB 138m2) yang harganya berkisar 3,3 miliar. Jika membeli unit ini Anda bisa mendapatkan gratis kanopi sekaligus AC 1 unit atau peningkatan HAK yang memiliki syarat ketentuan tertentu. Juga, serah terima kunci yang bisa dilakukan di tahun 2022, serta mendapatkan potongan harga hingga 50% untuk BBN, AJB, dan BPHTB.

Ada juga penawaran membeli rumah sekaligus mendapat kitchen set dari brand IKEA di Pavilia at Premier Estate 2. Pilihan unitnya ada tiga, yakni tipe Fresnay Standard unit AF1 dan AF3, serta Fresnay Special unit AE5 yang harganya berkisar 3,5 miliaran. Jika membeli salah satu unit ini akan mendapatkan potongan sampai 50% untuk AJB, BPHTB, dan BBN, serta juga gratis kanopi yang memiliki syarat ketentuan tertentu.

Nah, jika ingin membeli rumah di Cibubur, setiap pembelian unit apa pun di Premier Estate 3 Extension akan mendapatkan potongan 50% untuk pembayaran BBN, AJB, dan BPHTB, serta mendapatkan gratis kanopi bahan asbes yang memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Dikarenakan jumlah unit terbatas, jangan sampai kehabisan dan menyesal di kemudian hari ya. Sebaiknya Anda langsung chat Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia untuk melakukan reservasi atau juga bisa menanyakan seputar promonya. Caranya sangat mudah, bisa klik di sini atau juga bisa langsung klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah berikut ini.

Previous
Previous

Mengenal Rumah Tropis Modern dan Cara Membangunnya

Next
Next

5 Tips Menciptakan Rumah Sehat yang Bebas Penyakit