Kenali Ciri-Ciri Rumah Tropis, Konsep Hunian yang Cocok di Indonesia

Rumah tropis merupakan salah satu desain rumah yang paling cocok dibangun di Indonesia. Ini dikarenakan Indonesia termasuk negara yang memiliki iklim tropis dan masuk dalam kategori tropis lembab karena curah hujannya cukup tinggi. 

Selain cocok di Indonesia, konsep rumah tropis sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena mampu memberikan pencahayaan dan pengudaraan yang maksimal dengan memanfaatkan unsur-unsur alam. Rumah dengan konsep tropis juga mampu membuat bangunan tahan dengan ketinggian suhu dan kelembaban udara di sekitarnya.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan rumah tropis, sebelum membangun atau membeli rumah dengan konsep tersebut, pastikan sudah mengetahui ciri-cirinya berikut ini.

Atap Miring

rumah tropis dengan atap miring

Saat memilih konsep rumah tropis, Anda perlu memperhatikan bagian atapnya. Ciri yang menonjol dari konsep rumah ini adalah kemiringan atap pada bangunan. Bukan tanpa alasan, atap yang miring berfungsi untuk melindungi rumah dari sinar matahari dan curah hujan yang deras sehingga hunian menjadi tidak mudah lembab, dan tidak ada genangan air pada bagian atap.  

Ventilasi Udara

rumah tropis dengan ventilasi

Kondisi iklim Indonesia yang selalu terpapar cahaya matahari setiap harinya tentu membuat udara menjadi panas. Oleh karena itu, untuk membuat suhu di dalam rumah menjadi lebih sejuk, pada rumah tropis terdapat banyak jendela besar pada setiap ruangan. Selain untuk sirkulasi udara, jendela besar juga dapat membuat ruangan menjadi lebih luas karena pencahayaan yang maksimal saat siang hari dan menghindari rumah menjadi lembab. 

Menggunakan Warna yang Cerah 

rumah tropis dengan warna cerah

Warna cat tembok pada rumah juga mempengaruhi suhu di dalam rumah, lho. Dikarenakan Indonesia mendapatkan sinar matahari secara cukup maka konsep rumah ini menghindari warna-warna gelap. Ini dikarenakan warna-warna gelap lebih mudah menyerap panas. Untuk itu, konsep rumah ini menggunakan warna cerah agar tiap ruangan dapat terlihat sejuk.

Hunian yang Asri

rumah tropis yang asri

Adanya lingkungan yang asri juga termasuk dalam ciri-ciri rumah tropis. Lingkungan yang asri dapat dilihat dari banyaknya pepohonan rindang atau adanya danau di sekitar rumah. Dengan adanya lingkungan asri maka pasokan oksigen Anda lebih terjamin dan rumah pun lebih terasa sejuk.

Rumah Menjadi Lebih Sehat

rumah tropis yang sehat

Tentunya dengan adanya jendela yang besar dan banyak, sirkulasi udara menjadi lebih lancar sehingga udara di dalam rumah jauh lebih bersih. Hal ini membuat rumah menjadi lebih sehat karena salah satu syarat rumah bisa dikatakan sehat, yaitu adanya jendela yang pada setiap ruangan dan rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Dilihat dari Tiap Ruangannya

Apakah setelah mengetahui ciri-ciri di atas, Anda semakin tertarik tinggal di hunian tropis? Jika berminat untuk tinggal di rumah tropis yang siap huni, Anda bisa melihat perumahan koleksi dari developer ternama, yaitu Premier Qualitas Indonesia

Sebagai developer yang sudah membangun 25 proyek perumahan di kawasan Jabodetabek, Premier Qualitas Indonesia menghadirkan perumahan berkualitas tinggi dengan desain rumah modern tropis. Developer ini memiliki dua perumahan unggulan, yaitu Premier Estate 2 yang berada di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 yang terletak di Kranggan, Cibubur.

Selain menyediakan rumah tropis, lingkungan perumahan juga dibuat seasri mungkin dengan adanya ruang terbuka hijau. Khusus Premier Estate 2, ada danau berukuran luas yang asri untuk memanjakan mata Anda. Fasilitas di dalam perumahan pun tersedia lengkap, seperti adanya security 24 jam, clubhouse yang terdiri dari pusat kebugaran dan kolam renang, taman bermain anak, jogging track, underground utilities, dan masih banyak lainnya. 

Dua perumahan ini pun terletak di lokasi yang sangat strategis ke berbagai fasilitas umum. Untuk Premier Estate 2, dekat dengan akses gerbang Tol Taman Mini, gerbang Tol Jatiwarna, dan area Jakarta. Sementara, Premier Estate 3 dekat JORR Gate Jatiwarna, Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur, serta Tol Jagorawi Gate Cibubur. Lokasinya yang strategis ini sangat menguntungkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Fasilitas yang lengkap dan lokasinya yang strategis tak membuat harga dari dua perumahan ini menjadi mahal. Karena saat ini pun Premier Qualitas Indonesia sedang ada promo free AJB dan BBN, serta free canopy untuk tiap pembelian unitnya.

Nah, tunggu apalagi? Jangan sampai kehabisan, segera hubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini. Sementara, jika ingin mendapatkan banyak penawaran terbaik lainnya, Anda bisa langsung klik di sini.

Previous
Previous

Serba-Serbi Bisnis Properti, dari Bisnis Properti adalah Apa sampai Berapa Biaya yang Perlu Disiapkan

Next
Next

5 Keuntungan Membeli Hunian di Perumahan Elit