Sederet Tips Membeli Rumah Pertama Agar Tak Salah Pilih

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang perlu dimiliki masyarakat. Hanya saja, harganya berlipat-lipat dari jumlah gaji sehingga banyak orang mempertimbangkan banyak hal untuk membeli rumah. Untuk itu, tips membeli rumah perlu diketahui, khususnya bagi yang baru pertama kali membelinya.

Baik membeli rumah baru maupun bekas membutuhkan banyak pertimbangan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Belum lagi cara pembayaran rumah pun ada beragam, yakni ada tunai dan KPR. 

Bagi yang merasa ini merupakan pengalaman pertama dalam membeli rumah, ikuti sejumlah tips membeli rumah pertama berikut ini agar tidak salah pilih.

begini tips membeli rumah

Kebutuhan Keluarga

Tips membeli rumah yang pertama adalah mengetahui kebutuhan dari tempat tinggal. Anda bisa membicarakannya dengan keluarga mengenai beberapa persoalan, seperti jumlah kamar, apa yang akan direnovasi, atau kebutuhan taman dan garasi mobil. Jika sudah menemukan jawaban dari persoalan tersebut, Anda akan dimudahkan dalam membeli rumah sesuai kebutuhan. Anda pun bisa menjadikan hal tersebut sebagai acuan untuk menyortir beberapa rumah pilihan.

Lokasi dan Akses Strategis

Memerhatikan lokasinya adalah salah satu tips membeli rumah. Hal ini pun berkaitan dengan akses dan harganya. Rumah yang dekat dengan pusat kota pastinya memudahkan penghuninya bepergian ke mana saja. Hanya saja memang harga tanah tentu sangat tinggi sehingga Anda membutuhkan waktu untuk menabung lebih lama.

Sementara, rumah yang ada di pinggiran kota memiliki harga lebih murah, hanya saja memang membutuhkan waktu untuk bepergian ke pusat kota. Solusinya, carilah rumah yang berada di wilayah pinggiran yang mudah dilalui transportasi umum.

Lingkungan Perumahan

Tips membeli rumah selanjutnya adalah memperhatikan dan mencari tahu lebih dalam kondisi lingkungan yang di sekitarnya. Anda harus memastikan bahwa rumah terbebas banjir atau masuk dalam lingkungan sehat. Jadi, jika musim hujan, Anda tidak perlu repot mengungsi. Pastikan juga lingkungannya aman dari kasus pencurian, tawuran, dan hal buruk lainnya.

Fasilitas Sekitar Rumah

Anda perlu tahu bahwa rumah yang nyaman tentunya dekat dengan beragam fasilitas, baik umum maupun penunjang di dalam kawasan perumahan. Untuk fasilitas umum, seperti minimarket, mesin ATM, klinik, mall, dan lainnya. Sementara, untuk fasilitas penunjangnya, seperti clubhouse, jogging track, internet fiber optic, dan lainnya. Tips membeli rumah ini berlaku untuk semua jenis rumah, bahkan di perumahan sekalipun.

Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Kebanyakan orang mengabaikan material bangunan rumah. Padahal, ini merupakan faktor penting yang perlu diketahui. Anda bisa melihat berbagai pertimbangan berikut ini:

  • Dinding batu bata lebih kokoh dibanding batako

  • Lantai dengan pelat beton lebih awet dibanding yang hanya disemen dan di keramik dengan cara biasa

  • Rangka atap bahan baja ringan lebih kokoh dibanding kuda-kuda kayu

Desain Rumah Sesuai Keinginan

Bentuk rumah merupakan cerminan dari kepribadian penghuninya. Tips membeli rumah berikutnya adalah Anda bisa mencari rumah yang desainnya cocok dengan selera. Orang yang memiliki jiwa terbuka umumnya menyukai rumah dengan banyak jendela dan dinding kaca. Sementara, banyak juga yang menyukai rumah berdesain semi tradisional. Untuk yang memiliki budget lebih biasanya akan menyewa jasa arsitek untuk memastikan desain rumah sesuai dengan kepribadiannya.

Baca juga: 5 Tips Membeli Rumah untuk Pemula, Dijamin Aman dan Tidak Merugi

Apakah setelah membaca sejumlah tips membeli rumah, Anda merasa semakin yakin untuk membelinya? Jika iya, namun belum menemukan rumah yang sesuai di kawasan Cibubur atau Bekasi, disarankan melirik perumahan unggulan dari Premier Qualitas Indonesia. Merupakan developer ternama di Indonesia, Premier Qualitas Indonesia telah berpengalaman membangun lebih dari 24 perumahan eksklusif di kawasan Jabodetabek.

Saat ini ada dua perumahan unggulannya, yakni Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Dari sisi konsep, kedua proyek ini menghadirkan banyak pilihan rumah modern tropis 2 lantai dengan luas tanah dan bangunan berbeda. Konsep ini cocok diterapkan di iklim Indonesia. 

Kedua perumahan ini pun berada di lokasi strategis sehingga memudahkan Anda pergi ke mana pun. Mulai dari akses gerbang tol, jalur transportasi, bandara, pusat komersial, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah favorit dari berbagai jenjang, serta lainnya.

Kedua perumahan ini juga dilengkapi fasilitas pendukung lengkap di dalam kawasannya. Dari adanya jogging track, kids playground, clubhouse yang terdiri dari fitness centre, lounge, dan kolam renang, keamanan terjamin dengan CCTV di setiap sudut, hingga masih banyak lainnya. Khusus di Pavilia at Premier Estate 2 terdapat danau buatan luas yang asri.Di bulan September 2022 ini ada banyak promo menarik untuk pembelian rumah di dua perumahan tersebut. Di Pavilia at Premier Estate 2 sedang menghadirkan program House of The Month untuk tipe Fresnay Special unit AD2 (LT 136m2/LB 138m2) yang kisaran harganya 3,3 miliar. Bila membeli unit tersebut akan mendapatkan gratis kanopi sekaligus AC 1 unit atau peningkatan HAK yang memiliki syarat ketentuan tertentu. Juga, bisa melakukan serah terima kunci di waktu yang cepat di tahun 2022 sekarang, serta mendapatkan potongan 50% untuk pembayaran BPHTB, BBN, dan AJB.

Nah, bila ingin membeli rumah sekaligus sudah mendapatkan kitchen set dari IKEA, di Pavilia at Premier Estate 2 tersedia tiga unit yang bisa dipilih, ada tipe Fresnay Standard unit AF1 dan AF3, serta Fresnay Special unit AE5 yang harganya masing-masing berkisar 3,5 miliaran. Jika membeli salah satu unit tersebut akan mendapatkan potongan 50% untuk AJB, BPHTB, dan BBN, serta gratis kanopi yang tentunya adanya syarat ketentuan berlaku.

Untuk Premier Estate 3 Extension setiap pembelian unit apa pun nantinya akan mendapatkan promo free 50% untuk BBN, AJB, dan BPHTB, serta free canopy yang memiliki syarat ketentuan berlaku. Anda bisa menghubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah berikut untuk menanyakan promo lebih lanjut.

Previous
Previous

Kenali Berbagai Ukuran Rumah yang Populer di Indonesia

Next
Next

Budget Terbatas? Anda Bisa Pilih Tipe Rumah Sederhana Berikut Ini