Kenali Berbagai Ukuran Rumah yang Populer di Indonesia

Sebelum memutuskan membeli rumah, pastikan Anda memahami berbagai ukuran rumah dan karakteristiknya. Ini dikarenakan istilah rumah sederhana, menengah, dan mewah kerap bermunculan ketika membeli rumah dan mungkin sebagian Anda bertanya-tanya berapakah ukuran rumah dari istilah tersebut.

Penyebutan istilah apa pun yang digunakan, yang terpenting adalah patokan ukuran rumah dan karakteristik dari tiap jenisnya. Sebab, ini akan memudahkan Anda menentukan rumah seperti apa yang diinginkan.

berbagai ukuran rumah

Kategori Rumah di Indonesia

  1. Tipe Rumah Sederhana

Rumah yang masuk kategori ini umumnya dirancang 1 lantai dengan ukuran rumah kurang dari 90 m2. Di dalam rumah tidak ada unsur kemewahan sedikit pun dan dirancang efektif untuk memenuhi kebutuhan penghuninya di tanah yang terbatas. Rumah yang tergolong sederhana adalah tipe 21, 36, 45, dan 60.

2. Tipe Rumah Menengah

Jika ukuran rumah berkisar 90-300 m2 maka tergolong tipe menengah. Tipe rumah sederhana atau minimalis yang terdiri dari 2 lantai juga bisa masuk ke kategori ini. Jika dilihat dari pembagian tata ruangan, tipe ini memiliki lebih banyak ruangan karena tanahnya lebih besar. Beberapa rumah yang masuk kategori ini adalah tipe 90, 120, dan tipe di atasnya.

3. Tipe Rumah Mewah

Bila ukuran rumah lebih dari 300 m2 maka tergolong hunian mewah. Tak ada pembagian tipe yang rinci untuk rumah mewah karena umumnya masyarakat Indonesia tak banyak yang memilikinya.

Baca juga: Sebelum Beli Hunian, Ketahui Dulu Ukuran Rumah Menengah hingga Mewah

Pembagian Tipe Rumah di Indonesia

  1. Tipe Rumah 21/24

Tergolong sebagai tipe rumah sederhana, ukuran rumah ini memiliki luas bangunan 21 m2 - 24 m2. Tata ruangnya hanya dibagi menjadi 1 ruang tidur, 1 ruang mandi, dan 1 ruang multifungsi. Tak jarang dapur ditaruh di luar rumah agar area dalam lebih lapang.

2. Tipe Rumah 36

Tipe 36 termasuk yang paling populer di Indonesia. Ini dikarenakan tipe tersebut hadirkan ukuran rumah dan jumlah ruangan yang ideal, yaitu luas bangunan 36 m2 dan bisa membuat 2 ruang tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 1 dapur. Untuk keluarga kecil, tipe 36 adalah pilihan yang tepat.

3. Tipe Rumah 45

Tipe 45 sering juga disebut tipe minimalis. Ini dikarenakan fokus desainnya adalah bangunan tepat guna dan efektif dengan luas tanah terbatas. Tipe 45 memiliki ukuran rumah 6 m x 7,5 m atau 8 m x 5,6 m. Pembagian ruangannya umumnya 2 ruang tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang multifungsi, ruang terbuka hijau, dan carport. Tipe 45 jelas memiliki luas ruangan yang sedikit lebih besar dibanding tipe 36.

4. Tipe Rumah 60

Ukuran rumah 60 m2 cukup nyaman jika Anda memiliki 2 anak. Sebab, bangunannya bisa dibagi menjadi 3 ruang tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, teras, dan garasi. 

5. Tipe Rumah 70

Meski ukuran rumah masih di bawah 90 m2, namun tipe 70 cocok cocok untuk masyarakat kelas menengah. Dimensi bangunannya terbagi menjadi 7 m x 10 m sampai 5 m x 14 m. Dikarenakan cukup luas, tipe ini umumnya bisa menampung sampai 4 ruang tidur dan dirancang 2 lantai. Biasanya developer membangun tipe 70 menjadi rumah minimalis berkonsep modern.

6. Tipe Rumah 90

Tipe 90 sudah masuk ke rumah menengah. Dimensi ruangnya terbagi menjadi 10 m x 9 m, 11, 25 m x 8 m, atau 15 m x 6 m. Ukurannya yang jauh lebih lapang dibanding tipe sederhana membuat tipe ini memiliki lebih banyak ruang. Anda bisa mendapatkan 3 ruang tidur, 3 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, dan 1 ruang makan. Masih bisa pula membuat lahan di belakang rumah untuk menjadi ruang terbuka hijau.

7. Tipe Rumah 120

Ukuran rumah ini mencapai 120 m2, memang sekilas jika melihat dari luar tampak seperti rumah mewah. Padahal, tipe 120 masih tergolong tipe menengah. Sama seperti tipe sebelumnya, tipe 120 bisa membuat sampai 4 ruang tidur. Anda pun bisa lebih leluasa berkreasi dengan desainnya karena luas tanah cukup lapang.

Nah, dari semua tipe rumah yang disebutkan di atas, manakah yang Anda pilih? Pastikan apa pun ukuran rumah yang dipilih perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Bila sudah menentukan ukuran rumah, artikel ini menyarankan membeli rumah yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia. Developer yang telah berdiri lebih dari 20 tahun ini sudah berpengalaman membangun lebih dari 5.000 unit di kawasan Jabodetabek.

Kini, Premier Qualitas Indonesia memiliki dua perumahan unggulan, yakni Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan eksklusif ini menghadirkan rumah modern tropis 2 tingkat dengan banyak pilihan tipe yang mampu mengakomodir kebutuhan Anda. Untuk kisaran harganya dimulai dari 1,8 miliar rupiah.

Di bulan September ini ada banyak promo yang diberikan Premier Qualitas Indonesia untuk pembelian rumah di dua perumahan tersebut. Di Pavilia at Premier Estate 2 kini ada program House of The Month untuk tipe Fresnay Special unit AD2 (LT 136m2/LB 138m2) yang harganya 3,3 miliar. Bila membeli unit AD2 maka Anda sudah sekaligus akan mendapatkan gratis kanopi dan AC 1 unit atau peningkatan HAK dengan adanya syarat ketentuan tertentu. Juga, bisa melakukan serah terima kunci di tahun 2022 sekarang, serta mendapatkan potongan 50% untuk pembayaran BBN, BPHTB, dan AJB.

Jika ingin membeli rumah sekaligus mendapatkan kitchen set dari IKEA, di Pavilia at Premier Estate 2 tersedia tiga unit yang bisa Anda pilih, yakni tipe Fresnay Standard unit AF1 dan AF3, serta Fresnay Special unit AE5 yang masing-masing harganya 3,5 miliaran. Jika membeli salah satu unit tersebut akan mendapatkan potongan 50% untuk AJB, BPHTB, dan BBN, serta juga gratis kanopi yang tentunya memiliki syarat ketentuan tertentu.

Sementara, di Premier Estate 3 Extension setiap pembelian unit apa saja nantinya akan mendapatkan promo free 50% BBN, AJB, dan BPHTB, serta juga free canopy yang memiliki syarat ketentuan berlaku. Untuk melakukan reservasi bisa menghubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah berikut.

Previous
Previous

Premier Estate 3 Extension, Hadirkan Rumah Modern dengan Nuansa Asri

Next
Next

Sederet Tips Membeli Rumah Pertama Agar Tak Salah Pilih