Sebelum Ajukan Kredit Rumah, Ketahui Persyaratan KPR dan Cara Pengajuannya

Membeli rumah merupakan sebuah keputusan besar karena akan melibatkan uang dalam jumlah yang fantastis. Ini membuat sebagian besar orang tak bisa memenuhinya secara tunai. Namun, kini ada fasilitas Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dari lembaga perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk meringankan pembayaran. 

Jika Anda adalah orang yang merasakan beratnya membeli rumah secara cash dan berniat mengajukan KPR, sebelumnya perlu mengetahui apa saja persyaratan KPR dan cara pengajuannya. Berikut informasi lengkapnya.

list persyaratan kpr

Jenis-Jenis KPR

Sebelum mengetahui persyaratan KPR, Anda perlu tahu apa saja jenis KPR yang disediakan lembaga perbankan. Umumnya, KPR dibagi menjadi dua jenis, yaitu KPR Subsidi dan KPR Non subsidi.

Untuk KPR Subsidi, jenis kredit ini hanya dibatasi untuk pembelian rumah berkisar 100 juta sampai 300 jutaan yang berada di sekitar pulau Jawa. Sementara, KPR Non subsidi tidak memiliki batasan harga, bahkan bisa mencapai lebih dari 300 juta. Selain itu, pada jenis KPR ini Anda sebagai pemilik rumah bisa mengubah bentuk asli dari rumah tersebut tanpa perlu menunggu selama 2 tahun.

Persyaratan KPR

Agar permohonan KPR bisa disetujui, Anda harus melengkapi sejumlah persyaratan KPR yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

  1. WNI usia minimal 21 tahun dan status berdomisili di Indonesia (sudah menikah dan mempunyai status sebagai karyawan).

  2. Pemohon belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi untuk kepemilikan rumah.

  3. Penghasilan maksimal 8 juta untuk rumah susun dan tapak.

  4. Memiliki kontrak kerja atau usaha minimal 1 tahun.

  5. Memiliki NPWP atau surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) orang pribadi sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

Apabila sudah memenuhi persyaratan KPR yang ada, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang memang dibutuhkan oleh bank, sebagai berikut:

  1. Menyiapkan fotokopi Identitas (KTP, Paspor, KITAS, KITAP).

  2. Menyiapkan surat keterangan gaji.

  3. Menyiapkan fotokopi rekening koran.

  4. Menyiapkan fotokopi surat izin praktek untuk profesional.

  5. Menyiapkan NPWP atau surat izin usaha perdagangan.

  6. Menyiapkan fotokopi tagihan bulanan kartu kredit minimal 1 bulan terakhir.

  7. Menyiapkan fotokopi kartu kredit.

Pengajuan KPR

Apabila sudah memenuhi persyaratan KPR yang disebutkan di atas maka saatnya mengajukan KPR. Berikut ini ada beberapa langkah pengajuan KPR yang bisa Anda ikuti, sebagai berikut:

  1. Memilih lokasi rumah yang diinginkan.

  2. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

  3. Menunggu berkas yang sedang di proses (Sistem Layanan Informasi Keuangan, verifikasi data, dan analisa).

  4. Apabila disetujui, Anda harus menyiapkan kecukupan dananya pada tabungan yang dimiliki.

  5. Melakukan akad kredit.

  6. Proses pencairan permohonan.

Demikianlah sejumlah persyaratan KPR, cara pengajuan, dan informasi jenis-jenis KPR yang perlu diketahui untuk memudahkan Anda membeli hunian impian. Semoga dengan mengikuti informasi di atas Anda bisa berhasil mewujudkan rumah impian secara cepat.

Baca juga: Daftar Persyaratan KPR dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Jika tertarik kredit rumah, namun belum menemukan rumah yang tepat, artikel ini menyarankan membeli hunian dari developer Premier Qualitas Indonesia. Developer ternama ini telah bekerja sama dengan sejumlah bank partner, yakni ada Bank OCBC NISP, Bank Niaga, Bank Permata, Bank Danamon, Bank Mybank, dan Bank Mandiri.

Untuk pilihan rumahnya, saat ini ada dua perumahan unggulannya, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Masing-masing perumahan berada di lokasi strategis dan menawarkan banyak fasilitas penunjang. Untuk harga rumah, dijual mulai dari kisaran 1,8 miliar sampai 3,8 miliar rupiah yang tenor pembayarannya bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Pembayaran uang muka pun bisa dilakukan sebanyak tiga kali selama tiga bulan untuk meringankan pembayaran.

Legalitas developer tersebut pun sudah terjamin karena Premier Qualitas Indonesia telah berdiri sejak tahun 1998 dan sudah membangun lebih dari 5.000 unit di kawasan Jabodetabek. Premier Qualitas Indonesia sendiri adalah salah satu developer di Indonesia yang mampu melakukan serah terima kunci dalam waktu yang terbilang relatif cepat, dari 8 bulan sampai 12 bulan sejak waktu reservasi.

Ada kabar bagus bagi yang ingin membeli hunian developer ini di bulan Juli. Khusus di bulan Juli ini setiap pembelian unit di Premier Estate 3 Extension akan mendapatkan gratis kanopi, serah terima bisa dilakukan tahun 2022 ini, dan juga potongan harga 50% untuk AJB, BPHTB, serta BBN dengan adanya syarat dan ketentuan berlaku.

Sementara, di tanggal 31 Juli 2022 nanti ada program House of The Month untuk salah satu unit dari Pavilia at Premier Estate 2, yaitu unit AB1 tipe Fresnay Sudut. Unit ini dijual seharga 3,5 miliar rupiah dengan luas tanah dan bangunannya 136 m2 yang dirancang 2 lantai. Jika membeli Fresnay Sudut, Anda juga bisa dapatkan promo gratis PPN, kanopi, dan 1 unit AC atau peningkatan HAK, serta juga free 50% BPHTB, BBN, dan AJB.

Bagi yang ingin mengetahui detail seperti apa pembayaran dan persyaratan KPR di Premier Qualitas Indonesia, bisa langsung chat Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp di pojok bawah.

Previous
Previous

Pavilia at Premier Estate 2, Perumahan Baru di Bekasi yang Banyak Keunggulannya

Next
Next

Contoh Model Rumah 2 Lantai yang Populer, Bisa Ditiru!