Rumah yang Bagus Tuh Seperti Apa Ya? Cek 5 Kriterianya Berikut Ini

Bicara mengenai rumah yang bagus rasanya tidak ada standar baku yang bisa dijadikan pedoman karena setiap orang pastinya memiliki kriterianya tersendiri. Sebab, terkadang menurut kita bagus, tapi mungkin menurut orang lain tidak.

Meskipun pandangan masing-masing orang berbeda-beda mengenai kriteria rumah yang bagus,  terdapat beberapa hal umum yang menandakan bahwa sebuah rumah bisa dikatakan bagus. Bagi yang tengah mencari rumah yang bagus, artikel ini telah merangkum 5 kriteria rumah bagus yang dapat menjadi referensi Anda.

Bangunannya Kokoh

rumah yang bagus bangunannya kokoh

Kokohnya sebuah bangunan merupakan salah satu kriteria dari rumah yang bagus. Untuk itu, saat akan membeli rumah pastikan terlebih dahulu bagaimana konstruksi, pondasi, dan material yang digunakan. Sebab, dengan memiliki bangunan rumah yang kokoh, meskipun suatu saat terjadi bencana alam, seperti banjir atau gempa bumi, rumah tidak akan mudah rusak atau roboh.

Konsep yang Mengikuti Iklim Indonesia

rumah yang bagus punya konsep yang mengikuti iklim indonesia

Konsep suatu rumah sangat perlu diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di dalamnya. Di negara Indonesia yang beriklim tropis, konsep rumah yang bagus dan paling ideal adalah modern tropis. 

Konsep tersebut dapat merespon lima elemen iklim tropis, yakni mampu mencegah kelembaban yang tinggi di dalam rumah, mereduksi radiasi matahari yang tinggi, melindungi dari curah hujan yang tinggi, mencegah tingginya suhu dalam rumah, dan mengalirkan udara dari luar rumah ke dalam dengan baik dan sebaliknya. Rumah modern tropis biasanya dirancang agar terhindar dari air hujan yang kemungkinan masuk ke dalam, serta membuat jendela di tiap ruangan agar adanya sirkulasi udara dan cahaya yang baik.

Ukuran Rumah Sesuai Kebutuhan

rumah yang bagus ukurannya sesuai kebutuhan

Rumah yang bagus adalah rumah yang sesuai dengan kebutuhan dari calon penghuninya. Untuk kebutuhan luas rumah, sebenarnya tidak semua bangunan yang memiliki ukuran luas dikatakan bagus karena perlu adanya penyesuaian dengan orang yang tinggal di dalamnya. 

Misalnya saja, Anda akan tinggal sendiri, jangan memilih rumah berukuran 200 m persegi dengan 3 lantai karena akan terasa berlebihan. Sedangkan, rumah dengan ukuran 20 m persegi terlalu kekecilan untuk menampung satu keluarga dengan dua anak misalnya.

Bisa dikatakan bahwa rumah yang bagus yang dapat memenuhi kebutuhan para penghuninya. Bukan soal ukurannya, tetapi kenyamanan dan aksesibilitas rumah merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan.

Terdapat Lingkungan Rumah Asri

rumah yang bagus punya lingkungan asri

Adanya lingkungan asri dengan banyak pepohonan di sekitar rumah juga menjadi kriteria dari rumah yang bagus untuk dihuni. Selain membuat hunian terasa teduh, adanya pepohonan akan membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar, pasokan oksigen pun lebih terjamin.

Terdapat Aliran Air yang Baik

rumah yang bagus punya aliran air yang baik

Rumah yang bagus harus memiliki aliran air bersih yang lancar. Karena air merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, tak hanya untuk minum, namun juga dibutuhkan untuk membersihkan badan, mencuci baju, dan memasak makanan. Oleh karena itu, pastikan saat mencari rumah untuk ditinggali, terdapat akses air yang bersih.

Selain kelima kriteria tersebut, Anda juga perlu memperhatikan fasilitas di sekitar hunian, terutama jika berada di dalam perumahan. Cek seperti apa keamanannya dan apakah ada fasilitas penunjang, seperti pusat kebugaran atau kolam renang.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat Dilihat dari Tiap Ruangannya

Jika tertarik untuk tinggal di rumah yang bagus dengan kriteria seperti di atas, terdapat perumahan unggulan yang dapat menjadi referensi untuk Anda, yaitu Premier Estate 2. Perumahan yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia ini menawarkan hunian berkonsep modern tropis dengan material alam yang kokoh berkualitas tinggi.

Selain menghadirkan hunian yang nyaman, Premier Estate 2 juga dikelilingi oleh lingkungan asri dan fasilitas penunjang lengkap untuk memberikan kenyamanan terbaik kepada penghuninya. Mulai dari adanya keamanan terjamin selama 24 jam nonstop, clubhouse yang terdiri dari fitness center dan kolam renang, jogging track, taman bermain, danau yang luas, sampai internet fiber optic

Di perumahan tersebut ada berbagai pilihan ukuran rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Ada tipe Biarritz dengan lebar bangunan 84 m persegi, serta tipe Dancourt dengan lebar bangunan 150 m persegi.

Menariknya lagi, Premier Estate 2 berlokasi strategis di kawasan Jatiwarna, Bekasi, dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma, International Jakarta Korean School, Royale Jakarta Golf Club, pusat perbelanjaan, hotel bintang empat, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, perumahan ini dekat dengan Gerbang Tol Jatiwarna dan Gerbang Tol Taman Mini sehingga Anda akan dimudahkan pergi ke mana pun.

Untuk mendapatkan rumah yang bagus, super komplit, dan asri ini, Anda bisa segera hubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini atau klik di sini untuk mendapatkan banyak penawaran menarik.

Previous
Previous

Unik dan Menarik, Ini 5 Model Rumah 2 Lantai yang Bisa Jadi Referensi Anda

Next
Next

Ini Segelintir Keuntungan Tinggal di Perumahan Bekasi yang Dekat Akses Tol