Rumah Modern Tropis: Ciri Khas, Desain, Kelebihan, dan Kekurangan

Dikarenakan melalui garis khatulistiwa, Indonesia selalu mendapatkan curah hujan tinggi dan panas matahari yang terik. Inilah yang membuat banyak developer di Indonesia membangun rumah dengan desain khusus agar penghuninya merasa nyaman ketika sedang kondisi cuaca apa pun.

Salah satu desain rumah yang cocok dengan iklim di Indonesia, yakni iklim tropis lembab, adalah rumah modern tropis. Rumah modern tropis memadupadankan dua konsep, yakni modern dan tropis dalam satu desain. 

Bagi yang tertarik dengan rumah modern tropis, sebaiknya mengenal ciri khas, desain, serta kelebihan kekurangannya agar bisa mengetahui apakah konsep rumah tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Pada artikel ini akan menyajikan informasi seputar rumah modern tropis sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Rumah Tropis Modern Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

desain rumah modern

Ciri Khas Rumah Modern Tropis

  1. Menggunakan Atap Miring

Rumah modern tropis memiliki ciri khas dari atapnya yang miring dengan skala 30 derajat. Atap yang miring berfungsi untuk menghindari munculnya genangan air jika curah hujan sedang tinggi.

2. Mempunyai Taman

Agar memberikan kesan sejuk di kawasan rumah, umumnya ciri khas rumah tropis modern disediakan lahan kecil di bagian depan, samping, atau belakang rumah untuk dijadikan taman. Adanya taman ini bisa membuat rumah memiliki ruang terbuka hijau sehingga lebih sejuk dan asri.

3. Memiliki Banyak Jendela Besar

Rumah modern tropis umumnya memiliki banyak jendela besar, yang mana jendela berfungsi agar pencahayaan dan sirkulasi udara dapat masuk ke dalam ruangan secara optimal. Dengan begitu, ruangan akan sejuk dan terang secara alami.

Desain Rumah Modern Tropis

Umumnya, dari segi eksterior fasadnya dibuat megah dan besar untuk menampilkan kesan rumah yang modern. Untuk memberikan kesan tropis dari segi interiornya, kebanyakan orang memilih warna earth tone, seperti coklat muda, kuning, putih, krem, dan abu-abu muda. Warna-warna tersebut juga mampu memberikan kesan hangat dan natural.

Kelebihan Kekurangan Rumah Modern Tropis

Setiap desain rumah pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan desain rumah modern tropis, yakni lebih sejuk dan asri karena sirkulasi udaranya baik. Juga, lebih hemat energi karena adanya jendela yang besar pada setiap ruangan sehingga cahaya matahari bisa masuk ke ruangan secara optimal. Jadi, Anda tak perlu sering menyalakan pendingin ruangan dan lampu secara sering. Dikarenakan pencahayaannya bagus, ruangan pun menjadi bebas lembab karena setiap perabotannya pun terpapar cahaya secara cukup.

Sedangkan, kekurangan dari desain rumah ini, yaitu lebih mudah terkena debu, mengingatnya banyaknya jendela dan udara yang masuk. Namun, hal ini bisa diatasi dengan memilih lingkungan yang asri, bersih, dan minim kendaraan bermotor. Solusinya, memilih tinggal di perumahan yang keamanannya terjamin dan kebersihannya terjaga.

Jika setelah membaca artikel di atas Anda menjadi tertarik memiliki rumah modern tropis, disarankan langsung membeli yang sudah siap huni sehingga tak perlu repot membangunnya lagi dan menunggu lama. Artikel ini merekomendasikan rumah yang dibangun Premier Qualitas Indonesia, developer terkemuka di Indonesia.

Kini, developer tersebut sudah membangun lebih dari 25 proyek perumahan eksklusif, dua di antaranya yang unggul saat ini adalah Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan eksklusif ini hadirkan beragam pilihan rumah modern tropis dengan material berkualitas dan bangunan kokoh sehingga penghuninya bisa tinggal secara nyaman.

Untuk fasilitas yang tersedia di dalam kawasan dua perumahan tersebut pun terbilang lengkap dengan lingkungan asri dan bersih. Bahkan, di Pavilia at Premier Estate 2 ada danau buatan yang luas dan terawat sehingga bisa memanjakan mata Anda. Lokasinya pun berada di wilayah yang memiliki aksesibilitas tinggi ke mana pun, yakni dekat dengan area Jakarta, akses gerbang tol, jalur transportasi umum, dan fasilitas umum untuk memudahkan mobilitas, terlebih bagi yang sering pergi dinas.

Hal menarik dari Premier Qualitas Indonesia, developer ini merupakan salah satu dari sekian developer yang mampu melakukan serah terima dalam waktu yang relatif cepat, yaitu 8 bulan hingga 12 bulan terhitung dari waktu reservasi. Jadi, Anda bisa cepat menghuni rumah tersebut.

Hal yang menariknya lagi, pada bulan September 2022 ini di Pavilia at Premier Estate 2 tersedia program House of The Month untuk tipe Fresnay Special unit AD2 (LB 138m2/LT 136m2) yang harganya 3,3 miliar. Jika membeli unit tersebut Anda akan mendapatkan gratis kanopi dan AC 1 unit atau peningkatan HAK yang memiliki syarat ketentuan berlaku. Selain itu, serah terima bisa dilakukan di tahun 2022, serta mendapatkan potongan 50% untuk pembayaran BBN, AJB, dan BPHTB.

Ada pula promo beli rumah sekaligus kitchen set dari brand IKEA di Pavilia at Premier Estate 2 dengan pilihan tipe Fresnay Standard unit AF1 atau AF3 atau Fresnay Special unit AE5 yang harganya 3,5 miliaran. Pembelian unit tersebut akan mendapatkan potongan 50% untuk AJB, BPHTB, dan BBN, serta gratis kanopi asbes dengan adanya syarat ketentuan berlaku.

Nah, untuk pembelian unit apa pun di Premier Estate 3 Extension akan mendapatkan potongan sampai 50% untuk pembayaran BPHTB, AJB, dan BBN, serta gratis kanopi asbes yang juga memiliki syarat dan ketentuan berlaku. Supaya tidak ketinggalan promo dan kehabisan unitnya, silakan hubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia cara klik di sini atau lebih mudahnya juga bisa langsung klik ikon WhatsApp yang tertera di pojok kanan bawah.

Previous
Previous

Rumah Nyaman Tak Harus Mahal, Ini Poin Pentingnya

Next
Next

5 Desain Rumah Model Sekarang yang Paling Banyak Diminati