Rumah Nyaman Tak Harus Mahal, Ini Poin Pentingnya

Memiliki rumah nyaman pastinya menjadi impian semua orang, terlebih bagi pasangan yang baru saja membentuk keluarga. Kebanyakan orang mengira bahwa untuk mendapatkan kenyamanan tempat tinggal haruslah memiliki rumah besar, luas, dan mahal sehingga berpikir terhalang oleh minimnya budget, serta tuntutan ekonomi yang kian melambung tinggi kian tahun. Untuk yang memiliki mindset rumah nyaman haruslah mahal, artikel ini akan mengubah pemikiran Anda, terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan tanpa keluarkan kocek besar.

inti rumah nyaman

Rumah Nyaman adalah Rumah yang Sehat

Rumah nyaman tentunya yang sehat untuk ditinggali dan memenuhi syarat hunian ideal bagi keluarga. Untuk mendapatkan rumah nyaman dan sehat maka perlu dibangun dengan memenuhi dua hal, yakni nyaman secara fisiologis dan psikologis.

Dari fisiologis, rumah nyaman perlu memenuhi beberapa syarat, yakni mampu memberikan rasa aman, serta melindungi dari gangguan hawa buruk, binatang buas, dan gangguan cuaca. Juga, konstruksi bangunan yang kuat, bahan bangunan berkualitas dan aman, sirkulasi udara dan pencahayaan yang optimal, ada fasilitas penunjang dan dikelilingi fasilitas umum yang lengkap, serta lingkungannya bersih, hijau, sehat, dan aman. Sementara, dari segi psikologis rumah harus mampu memberikan rasa nyaman, tentram, dan aman. Untuk mendapatkan rumah nyaman dan sehat maka dua unsur tersebut haruslah terpenuhi secara maksimal terlebih dulu.

Dari segi fisiologis, artikel ini menyarankan untuk memilih rumah dengan area nyaman, sehat, dan lingkungan yang dikelola baik, serta desain rumah sehat, namun biayanya tak besar. Sementara, dari psikologi, disarankan memilih elemen yang menciptakan rumah nyaman yang tak keluarkan banyak budget.

Unsur Fisiologis Rumah Nyaman

  1. Lingkungan Sehat

Dari segi lokasi, rumah nyaman tentunya berada dalam kawasan hijau, bersih, sehat, serta memiliki temperatur dan iklim ideal. Untuk itu, semakin alami lingkungannya, umumnya semakin bagus suhu, pencahayaan dan sirkulasi udara. Namun, dikarenakan tuntutan hidup yang tinggi membuat masyarakat kerap kali mengabaikan lingkungan alami yang umumnya ada di daerah pedesaan dan lebih memilih untuk tinggal di daerah yang dekat dengan lingkungan kerja, fasilitas umum, serta akses fasilitas pendidikan yang bagus sehingga kerap kali memilih lingkungan kota yang lebih materialistis. Tapi, untuk mendapatkan rumah nyaman dan sehatnya, sebaiknya upayakan memilih lingkungan aman dan hijau.

2. Iklim Tropis

Sebuah keberuntungan bisa tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis, yang mana iklim ini kaya akan sinar matahari dan curah hujan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, di sisi lain kelembaban yang dimiliki iklim tropis cukup tinggi, yaitu sekitar 80%. Suhu udara pun bisa mencapai 30 derajat lebih sehingga dibutuhkan beberapa cara khusus untuk menciptakan iklim ideal di dalam hunian. Caranya, mengolah rancangan atap rumah, jendela, dan dinding secara cermat, serta memilih bahan yang tepat untuk mengurangi kelembaban.

Unsur Psikologis Rumah Nyaman

Bahan bangunan yang bagus untuk hadirkan rumah nyaman adalah yang memenuhi persyaratan berikut ini, yakni bersifat isolator, tidak menghantarkan panas, dan menyimpan panas. Juga, menghindari proses pengembunan. 

Dengan memenuhi dua unsur tersebut maka rumah tidak perlu dihiasi ornamen mahal dan kini pun lebih praktis menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk rumah nyaman dan sehat.

Baca juga: Begini Cara Membuat Rumah Nyaman dan Bikin Betah

Itulah tips singkat yang bisa Anda coba hadirkan rasa nyaman pada tempat tinggal tanpa perlu keluarkan budget besar. Nah, bagi Anda yang tengah berencana membeli rumah, namun menginginkan kenyamanan seperti pada poin-poin di atas, artikel ini menyarankan membeli hunian eksklusif buatan Premier Qualitas Indonesia.

Developer perumahan ternama di Indonesia ini telah berpengalaman membangun lebih dari 5.000 rumah modern tropis dan lebih dari 24 perumahan eksklusif di kawasan Jabodetabek. Rumah modern tropis sendiri cocok diterapkan di negara iklim tropis lembab, seperti di Indonesia. Dari segi eksterior, atap rumah dibangun dengan kemiringan di atas 30 derajat agar tidak ada genangan air saat hujan turun. Bagian fasadnya pun dibuat semegah mungkin agar memberikan kesan elegan dan modern. Sementara, interior rumah dilengkapi jendela besar di tiap ruangan agar sirkulasi udara dan pencahayaan bisa masuk optimal. Juga, ruangan dikombinasi warna earth tone untuk memberikan kesan hangat, baik warna cat dinding maupun perabotannya.

Saat ini, ada dua perumahan unggulan dari Premier Qualitas Indonesia yang menawarkan rumah modern tropis, yakni Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Dua perumahan ini hadirkan rumah modern tropis yang dibangun 2 lantai dan ada taman kecil yang berada di depan hunian.

Kawasan dua perumahan tersebut pun memiliki ruang terbuka hijau yang dikelilingi banyak pepohonan rindang dan tanaman hijau segar. Di Pavilia at Premier Estate 2 ada danau buatan luas yang terawat dan sejuk yang bisa dijadikan tempat menyegarkan pikiran. Lokasi keduanya juga strategis ke berbagai fasilitas umum dan akses transportasi, serta di dalam kawasannya ada fasilitas penunjang lengkap sehingga penghuninya bisa merasa mudah pergi ke mana pun.

Ada kabar menarik, pada bulan September 2022 ada banyak promo menarik yang ditawarkan Premier Qualitas Indonesia. Untuk pembelian unit di Pavilia at Premier Estate 2 bulan September ini ada program House of The Month untuk tipe Fresnay Special unit AD2 yang memiliki luas bangunan 138 m2 dengan luas tanah 136 m2 yang harganya berkisar 3,3 miliar. Jika membeli tipe unit tersebut Anda akan mendapatkan gratis kanopi asbes dan AC 1 unit atau peningkatan HAK yang memiliki syarat ketentuan berlaku. Juga, serah terima bisa dilakukan di tahun 2022, serta potongan hingga 50% untuk BBN, AJB, dan BPHTB.

Nah, jika ingin beli hunian di Pavilia at Premier Estate 2 sekaligus sudah mendapatkan kitchen set dari IKEA, bisa memilih tipe Fresnay Standard unit AF1 atau AF3 atau Fresnay Special unit AE5 yang harganya 3,5 miliaran. Pembelian unit tersebut akan mendapatkan potongan harga 50% untuk pembayaran AJB, BPHTB, dan BBN, serta gratis kanopi dengan adanya syarat dan ketentuan berlaku.

Sementara, untuk pembelian unit di Premier Estate 3 Extension akan mendapatkan potongan 50% untuk pembayaran BPHTB, AJB, dan BBN, serta gratis kanopi berbahan asbes yang juga memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Silakan hubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia untuk lakukan reservasi atau menanyakan terkait promo dengan cara klik di sini atau lebih mudahnya bisa klik ikon WhatsApp yang tertera di pojok kanan bawah.

Previous
Previous

5 Tips Menciptakan Rumah Sehat yang Bebas Penyakit

Next
Next

Rumah Modern Tropis: Ciri Khas, Desain, Kelebihan, dan Kekurangan