Properti Investasi: Pengertian, Keuntungan, Kerugian, dan Contohnya

Properti investasi merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam jangka panjang. Terlihat dari harga properti yang kian naik setiap tahunnya.

Bagi yang memiliki dana nganggur, dibanding ditabung tidak ada salahnya Anda mulai menjalankan properti investasi sejak dini. Sebab, semakin menundanya maka akan semakin mahal pula harga propertinya. Alhasil, akan sulit bagi Anda untuk mengejar kenaikan tersebut dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk mulai berinvestasi properti. Namun, sebelum memutuskan mulai menjalankan properti investasi, Anda perlu mengetahui informasi lengkapnya berikut ini untuk menambah wawasan dan menjadi bahan pertimbangan.

keuntungan properti investasi rumah

Pengertian Properti Investasi

Properti investasi merupakan pembelian sebuah properti dengan tujuan ingin mendapatkan keuntungan melalui kegiatan usaha penyewaan atau penjualan kembali. Jadi, tidak dibeli untuk dijadikan tempat tinggal sendiri.

Properti Investasi sendiri bisa dimiliki instansi dan juga bisa individu. Jenis investasi ini bisa dijadikan dalam jangka waktu panjang dan pendek.

Properti investasi pun kerap disebut rumah kedua karena rumah pertama untuk ditinggali dan yang kedua dijadikan investasi. Namun, tak semua orang menggunakan cara tersebut. Ada pula orang yang membeli rumah kedua, seperti vila atau studio di apartemen untuk dijadikan sebagai tempat menginap bila sedang berlibur. Tapi, hal ini tidak bisa disebut sebagai investasi karena untuk kepentingan pribadi, bukan sebagai sumber pendapatan.

Keuntungan Properti Investasi

  • Sebagai Pendapatan Pasif

Properti investasi merupakan salah satu cara tepat untuk mencetak pendapatan pasif. Pendapatan ini didapat dari uang sewa, bunga, dividen, dan juga bisa dari keuntungan hasil investasi sehingga cocok untuk persiapan hari tua Anda.

  • Harga Cenderung Naik

Properti investasi juga dikenal sebagai investasi dengan risiko rendah. Ini dikarenakan pasar properti tidak terlalu fluktuatif seperti pasar saham. Kenaikan harga properti bisa mencapai 10% sampai 20% setiap tahunnya. Jika suatu saat pun turun, pembalikannya bisa cepat sehingga Anda tetap bisa mendapatkan untung besar.

  • Tak Tergerus Inflasi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa harga properti cenderung naik 10% sampai 20% setiap tahun, artinya jauh melampaui dari angka inflasi. Rata-rata inflasi di Indonesia sendiri berkisar 3% sampai 5% setiap tahun.

  • Tak Perlu Sering Dipantau

Jika reksadana dan saham investasi perlu dipantau setiap saat, berbeda dengan properti investasi. Anda cukup membeli sebuah properti, kemudian jual kembali atau sewakan dan sudah bisa langsung untung.

Tak perlu dipantau setiap saat karena properti Anda tak akan hilang. Selain itu, penyewa yang merawat properti Anda pun akan sering merawatnya. Jadi, cukup memonitornya sesekali saja.

Baca juga: 4 Keuntungan Properti Investasi, Harganya Jamin Naik Terus!

Kerugian Properti Investasi

  • Butuh Dana Besar

Properti investasi merupakan jenis yang padat modal, artinya, membutuhkan modal yang cukup besar. Bagaimana tidak, harga properti berkisar dari ratusan juta sampai triliunan rupiah.

  • Butuh Proteksi

Properti investasi terbilang cukup rawan terkena bencana, seperti kebakaran, banjir, atau gempa bumi. Nah, Anda perlu meng-cover risiko tersebut dengan memiliki asuransi properti. Artinya, Anda perlu merogoh kocek lagi untuk membayar premi asuransinya setiap bulan.

  • Sulit Menjualnya Cepat

Properti investasi merupakan jenis yang tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu. Butuh waktu yang cukup lama untuk menggadaikan atau menjualnya, tak seperti reksadana dan saham. Belum lagi jika lokasi properti Anda tidak strategis maka akan sepi peminatnya. Mungkin Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bisa bertahun-tahun agar properti laku.

Contoh Properti Investasi

Properti investasi dibedakan menjadi beberapa jenis, ada komersial, perumahan, dan campuran yang terdiri dari komersial dan perumahan. Berikut ini beberapa contohnya berdasarkan jenisnya.

  1. Rumah

  2. Townhouse

  3. Apartemen

  4. Ruko

  5. Kantor

  6. Kondominium hotel

  7. Vila

  8. Tanah

  9. Gudang

Jika setelah membaca poin-poin di atas Anda semakin tertarik memulai properti investasi dan memilih rumah, artikel ini menyarankan membeli hunian yang dibangun developer Premier Qualitas Indonesia. Sebab, developer terkemuka di Indonesia ini telah berpengalaman membangun lebih dari 5.000 unit mewah di kawasan Jabodetabek. Semua rumah yang dibangun Premier Qualitas Indonesia bisa dijadikan aset properti investasi yang menguntungkan.

Kini, ada dua perumahan unggulan dari Premier Qualitas Indonesia yang masing-masingnya berada di lokasi strategis. Pertama, ada Pavilia at Premier Estate 2 yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi dan yang kedua Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan unggulan ini berada di wilayah yang memiliki aksesibilitas tinggi sehingga bila menyewakan unitnya, dijamin Anda akan kebanjiran peminat.

Pavilia at Premier Estate 2 dekat dengan akses Tol Jatiwarna, Gate Tol Taman Mini, dan akses Jakarta. Sementara, Premier Estate 3 Extension dekat dengan Tol JORR Jatiwarna, Tol Jatikarya, Tol Jagorawi Gate Cibubur, Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur, serta jalur LRT dan TransJakarta sebagai alternatif transportasi publik. Selain itu, kedua perumahan eksklusif tersebut juga dekat dengan fasilitas kesehatan, bandara, pusat perkantoran, pusat komersial, fasilitas pendidikan favorit dari berbagai jenjang, dan lainnya yang bisa meningkatkan nilai jualnya.

Selain itu, kedua perumahan ini memiliki fasilitas penunjang lengkap di dalam kawasannya. Ada clubhouse yang terdiri dari pusat kebugaran, kolam renang, dan lounge, keamanan 24 jam dengan one gate system, internet fiber optic, taman bermain anak, jogging track, serta lainnya. Kawasannya pun memiliki ruang terbuka hijau yang menyejukkan, bahkan di Pavilia at Premier Estate 2 ada danau buatan yang luas untuk memanjakan mata.

Jika tertarik berinvestasi properti di salah satu perumahannya, Anda bisa langsung melakukan reservasi di bulan ini. Sebab, di bulan Agustus 2022 ini ada banyak promo menarik.

Setiap pembelian rumah di Pavilia at Premier Estate 2 di bulan Agustus 2022 akan mendapatkan gratis kanopi, potongan 50% untuk BBN, AJB, dan BPHTB, serta serah terima yang bisa dilakukan di tahun 2022. Sementara, jika ingin membeli rumah di Premier Estate 3 Extension dengan cara pembayaran KPR Bank CIMB Niaga Syariah akan bebas pembayaran AJB, BBN, dan BPHTB, gratis kanopi, cicilan tetap setiap bulan, serta juga mendapatkan banyak bonus ratusan juta!

Untuk mengetahui syarat ketentuan promonya atau mau langsung melakukan reservasi, Anda bisa menghubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah. Premier Qualitas Indonesia, pilihan properti tepat untuk investasi Anda!

Previous
Previous

Ini Dia 6 Keuntungan Memiliki Rumah Mewah 2 Lantai

Next
Next

Perumahan Ini Hadirkan Rumah Sekaligus Isi Furniture Produk IKEA