Plus Minus Memilih Perumahan KPR, Bisa Jadi Bahan Pertimbangan!

Sebenarnya, siapa pun bisa mewujudkan mimpinya dalam memiliki rumah sendiri. Namun, untuk membeli sebuah rumah dibutuhkan perencanaan matang.

Saat ini, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah, yaitu secara cash atau tunai dan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah melalui bank. Pembelian rumah KPR merupakan cara yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia karena dirasa lebih meringankan dan cepat untuk dapatkan rumah impian.

Sejatinya, KPR disediakan oleh lembaga perbankan dengan bekerja sama dengan beberapa developer perumahan. Muncullah kini berbagai pilihan perumahan KPR yang berada di berbagai wilayah Indonesia. Jika tertarik dengan program KPR dan memutuskan memilih perumahan KPR, Anda perlu mempertimbangkan beberapa plus minusnya berikut ini agar nantinya tidak ada penyesalan.

kelebihan kekurangan perumahan kpr

Kelebihan Perumahan KPR

  1. Biaya uang muka ringan dan memungkinkan Anda untuk memiliki rumah dengan dana terbatas. Asalkan, Anda sudah memenuhi syarat yang sudah bank tetapkan, antara lain uang muka yang perlu disiapkan berkisar 15% sampai 20% dari harga rumah, cicilan untuk bulan pertama, dan biaya administrasinya.

  2. Umumnya, perumahan KPR bersifat legal karena bank hanya membiayai pembelian rumah yang sudah dilengkapi sertifikat. Sebelum menerima sertifikat tersebut, biasanya bank akan mengecek keabsahannya lewat BPN atau Badan Pertahanan Nasional untuk melihat apakah perumahan tersebut menjual rumah yang legal atau tidak.

  3. Perumahan KPR sudah menyiapkan rumah siap huni, yang tandanya Anda bisa langsung menempatinya, bahkan sebelum cicilannya lunas.

  4. Selain dijadikan tempat tinggal, Anda bisa menggunakan rumah KPR sebagai investasi jangka panjang. Terlebih lagi bila pilihan perumahan KPR Anda berada di lokasi yang strategis, pastinya nilai rumah bisa meningkat setiap tahun.

  5. Jika menyewakan rumah yang dibeli dari perumahan KPR, kemudian menggunakan uang sewanya untuk membayar cicilan bulanan, Anda bisa memperoleh rumah secara gratis.

Baca juga: Segelintir Keuntungan Jika Anda Memilih Perumahan KPR

Kekurangan Perumahan KPR

  1. Dari segi harga tentunya lebih tinggi karena ada tambahan bunga dan biaya yang muncul, termasuk administrasi dan legalitas rumahnya.

  2. Prosedur pembelian terbilang cukup lama jika dibandingkan membeli secara tunai.

  3. Butuh banyak dokumen untuk pengajuannya, seperti slip gaji, rekening koran, dan lainnya. 

  4. Berisiko terkena kredit macet ketika ada hal-hal di luar perkiraan. Misalnya saja, Anda terkena sakit keras yang harus diopname sehingga anggaran cicilan menjadi terpakai atau terkena PHK dan jumlah tabungan tak cukup untuk membayar cicilan.

Setelah membaca poin plus minus perumahan KPR, bagaimana pertimbangan Anda selanjutnya? Jika Anda semakin tertarik dan merasa kekurangannya tidak menjadi beban di kemudian hari, mulailah mencari perumahan KPR.

Apabila sedang mencari perumahan KPR yang berlokasi di Bekasi atau Cibubur, artikel ini merekomendasikan membeli hunian dari developer Premier Qualitas Indonesia. Bagi yang belum tahu, Premier Qualitas Indonesia merupakan developer terkemuka di Indonesia yang telah membangun lebih dari 5.000 unit berkualitas sejak tahun 1998.

Kini, ada dua perumahan KPR unggulannya, yakni Pavilia at Premier Estate 2 yang berada di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan ini berada di lokasi dengan aksesibilitas tinggi, baik dekat dengan berbagai akses transportasi maupun fasilitas publik yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya sehari-hari.

Selain lokasinya oke, kedua perumahan tersebut pun dilengkapi fasilitas penunjang di dalam kawasannya. Mulai dari adanya keamanan 24 jam dengan CCTV di setiap sudut kawasan, clubhouse yang terdiri dari kolam renang, lounge, dan pusat kebugaran, jogging track, taman bermain untuk anak, internet fiber optic, hingga masih banyak lainnya. Bahkan, khusus di Pavilia at Premier Estate 2 terdapat danau buatan yang luas dengan dikelilingi pepohonan rindang untuk menambah suasana asri di dalam kawasan.

Jika dirasa dari segi lokasi dan fasilitasnya menarik hati Anda, selanjutnya pembayarannya! Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan sejumlah pihak bank untuk proses pembayaran KPR, ada Bank Niaga, Bank Permata, Bank Danamon, Bank MyBank, Bank OCBC NISP, dan Bank Mandiri. Untuk pembayaran uang mukanya bisa dicicil sebanyak tiga kali dalam kurun waktu tiga bulan sehingga lebih memudahkan Anda dalam membayarnya.

Hal menarik dari Premier Qualitas Indonesia adalah kurun waktu serah terimanya. Developer ini merupakan salah satu developer yang ada di Indonesia yang mampu melakukan serah terima kunci yang relatif cepat, yakni berkisar dari 8 bulan sampai 12 bulan terhitung dari waktu reservasinya sehingga Anda pun bisa cepat menempati rumah tanpa perlu menunggu bertahun-tahun!

Nah, ada kabar bagus untuk Anda yang membeli rumah di salah satu perumahan KPR tersebut. Di bulan Agustus 2022 ini ada banyak promo yang ditawarkan Premier Qualitas Indonesia!

Untuk pembelian unit di Pavilia at Premier Estate 2 di bulan ini akan mendapatkan promo 50% AJB, BPHTB, dan BBN, serta gratis kanopi dan juga serah terima bisa dilakukan di tahun 2022 ini. Perlu diketahui, jumlah rumah yang tersedia terbatas hanya ada 13 unit sehingga jangan sampai ketinggalan!

Sementara, khusus pembelian rumah di Premier Estate 3 Extension dengan program pembayaran KPR dari Bank CIMB Niaga Syariah, akan mendapatkan bonus ratusan juta, gratis kanopi, bebas pembayaran BPHTB, AJB, dan BBN, serta bisa mendapatkan cicilan tetap per bulannya! Menarik banget, kan? Langsung klik ikon WhatsApp di bawah ini atau juga bisa klik di sini untuk menanyakan syarat ketentuannya lebih lanjut.

Previous
Previous

Rekomendasi Perumahan Mewah di Kawasan Kranggan, Cibubur

Next
Next

Rekomendasi Perumahan Elit di Bekasi yang Strategis