Ketahui Berbagai Tipe Perumahan yang Ada di Indonesia

Terdapat banyak tipe perumahan yang ada di Indonesia yang memiliki perbedaan satu sama lain. Mulai dari perbedaan luasnya, desainnya, sampai harganya. Untuk itu, bagi yang ingin membeli rumah, alangkah baiknya mencari tahu apa saja tipe perumahan yang ada sehingga bisa memilih yang cocok untuk kebutuhan Anda. Berikut ini berbagai tipe perumahan beserta panduan membelinya.

Panduan Membeli Rumah

panduan membeli tipe perumahan

Sebelum membahas berbagai tipe perumahan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu panduan dalam membeli rumah. Panduan ini sangat penting karena rumah bukanlah sembarang benda yang bisa mudah diperjualbelikan, bahkan tidak jarang terjadi kerugian yang tidak bisa disangka saat membeli rumah.

  • Cari Tahu Pihak yang Bertransaksi

Anda pun perlu mengetahui dengan siapa bertransaksi, terdapat istilah pihak kedua, pihak ketiga, developer, agen properti, dan lainnya. Berbeda pihak bisa juga berbeda cara transaksinya, bahkan bisa juga berbeda penetapan harganya.

Sebagai contoh, jika Anda menemui agen properti maka harga rumah yang ditawarkan umumnya sedikit lebih tinggi karena adanya tambahan harga bayar jasa agen. Berbeda pula bila membeli dari developer perumahan.

  • Ketahui Administrasi untuk Beli Rumah

Anda harus mengetahui apa saja dokumen yang yang perlu disiapkan dalam membeli rumah. Sebab, keberadaan dokumen adalah urusan administrasi yang penting mengenai legalitas yang perlu Anda siapkan.

  • Ketahui Prosedur Pembayaran Uang Muka

Sangatlah jarang transaksi beli rumah yang dilakukan secara tunai. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana prosedur pembayaran uang muka, termasuk juga pembayaran angsurannya.

Dalam proses pembayaran uang muka atau DP jual beli rumah, pastikan ada kwitansi sesuai penyerahan uang beserta surat pengikatan jual beli rumah yang dibuat oleh notaris. Dua hal inilah yang akan menjadi dasar pembuatan akte jual beli.

  • Ketahui Prosedur Pendanaan Beli Rumah

Bila membayar dengan sistem kredit, umumnya ada pihak yang menjadi pendanaan seperti bank, sehingga nantinya angsuran pembayarannya ditujukan kepada pihak yang menyediakan pendanaannya. Anda pun perlu mengetahui bagaimana nantinya sistem bunga, kredit, dan lainnya sehingga bisa memilih yang cocok sesuai kemampuan.

Berbagai Tipe Rumah

berbagai tipe perumahan

Secara keseluruhan, setiap rumah memiliki desain yang berbeda-beda. Jika pernah mendengar rumah modern maka penamaan ini tidak menunjukkan tipe huniannya, namun hanya nama desain dari bangunannya. Lalu, bagaimanakah yang dimaksud tipe perumahan?

Rumah dibagi menjadi tiga kategori, yakni rumah mewah, menengah, dan sederhana. Kategori ini bisa dikatakan pengelompokan dari berbagai tipe rumah sehingga beberapa tipenya dikategorikan sebagai rumah mewah dan lainnya dikategorikan menengah hingga sederhana.

Rumah satu lantai dengan luas bangunan kurang dari 90 meter persegi dan di dalamnya tidak ada unsur kemewahan sedikit pun disebut rumah sederhana. Hunian yang masuk kategori rumah sederhana adalah tipe 21, 36, 45, dan 60.

Sementara, luas bangunan antara 90 sampai 300 meter persegi maka digolongkan hunian menengah. Rumah menengah memiliki lebih banyak ruangan dengan luasan memadai karena luas lahannya yang juga lebih besar. Rumah yang masuk dalam kategori ini adalah tipe 90, 120, dan lainnya.

Untuk luas bangunan yang lebih dari 300 meter persegi maka tergolong rumah mewah. Harga jual rumah mewah umumnya mencapai enam kali lipat dari harga rumah sederhana.

Baca juga: 6 Tipe dan Luas Rumah yang Populer di Indonesia

Itu dia informasi seputar tipe perumahan yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda dan dapat menjadi panduan ketika membeli rumah.

Nah, jika menginginkan tipe perumahan yang berada di kawasan eksklusif dan strategis, mungkin Anda bisa melirik Pavilia at Premier Estate 2 yang berada di Jatiwarna, Bekasi. Perumahan eksklusif yang berada dinaungan Premier Qualitas Indonesia ini menawarkan tiga  tipe hunian. 

Saat ini tipe rumah yang tersedia di Pavilia at Premier Estate 2 adalah tipe Biarritz dengan luas tanah dan bangunan 84 meter persegi, serta tipe Fresnay Standard (LT/LB 120m2/136m2) dan tipe Fresnay Special (LT/LB variasi m2/138m2) Setiap unitnya dibangun dengan dua lantai dan dirancang desain modern tropis yang mana cocok untuk hunian di iklim Indonesia.

Harga hunian yang ditawarkan mulai dari 1,8 miliaran hingga 3,1 miliaran rupiah. Pavilia at Premier Estate 2 pun bekerja sama dengan beberapa bank partner untuk program KPR yang tenornya  bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan budget.

Soal kenyamanan, lingkungan perumahan ini dibuat seasri mungkin dengan dikelilingi banyak pepohonan rindang dan ada pula danau luas. Selain asri, Pavilia menghadirkan fasilitas penunjang yang dapat membuat perumahan ini menjadi sangat nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Ada clubhouse yang terdiri dari area gym dan kolam renang, taman bermain anak, jogging track, PLN prioritas premium silver, internet fiber optic, serta sistem keamanan 24 jam.

Selain fasilitas di dalam perumahan yang sangat lengkap dan mendukung, fasilitas umum pun sangat lengkap. Karena, perumahan ini dekat dengan akses Gerbang Tol Taman Mini dan Gerbang Tol Jatiwarna, bandara Halim Perdana Kusuma, sekolah favorit, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan masih banyak lainnya yang dapat memudahkan mobilitas penghuninya.

Segera reservasi tipe perumahan impian Anda dengan menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah. Untuk mengecek promo menarik dari developer ini, Anda bisa klik di sini.



Previous
Previous

Apa Sih Kekurangan dan Kelebihan Punya Rumah 2 Tingkat?

Next
Next

Premier Qualitas Indonesia Luncurkan Hunian Modern Tropis di Bekasi