Apa Sih Kekurangan dan Kelebihan Punya Rumah 2 Tingkat?

Saat hendak membuat atau membeli rumah, pertimbangan penting selain melihat lokasi, luas tanah, dan akses jalannya, yaitu memilih model rumah. Apakah Anda memilih rumah 2 tingkat atau 1 lantai? Tentunya untuk menentukan rumah dua tingkat atau satu lantai harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Nah, apabila tertarik memiliki rumah 2 tingkat, tapi masih ragu dan awam dengan segala urusan rumah, artikel ini akan membahas sederet kekurangan kelebihan dari rumah dua tingkat beserta rekomendasi untuk menjadi bahan referensi Anda. 

Kekurangan Memiliki Rumah 2 Tingkat 

  • Budget yang Dikeluarkan Lebih Banyak

budget yang dikeluarkan untuk rumah 2 tingkat

Dari segi biaya pembuatan atau pembelian, rumah 2 tingkat tentunya lebih mahal daripada rumah dengan 1 lantai. Mengingat rumah 2 tingkat seperti dua buah bangunan rumah yang dijadikan satu. Tentunya, material yang digunakan lebih banyak dan pengerjaannya pun jauh lebih lama daripada rumah dengan satu lantai saja. 

  • Kurang Ramah Bagi Lansia

rumah 2 tingkat kurang ramah bagi lansia

Apabila Anda akan tinggal bersama orang tua yang sudah memasuki usia lanjut maka perlu diperhatikan kekurangan yang satu ini karena tidak semua lansia dapat mudah naik turun tangga setiap harinya. Meski begitu, Anda bisa mengakalinya dengan membangun kamar di lantai satu untuk orang tua yang sudah lansia atau bisa juga menyediakan lift untuk akses naik turun ke lantai 2. 

  • Resiko Bising Lebih Tinggi

rumah 2 tingkat lebih beresiko bising

Jika beranggapan bahwa semakin tinggi bangunan akan semakin tenang maka Anda salah. Karena jika bangunan semakin tinggi maka akan lebih beresiko sering mendengar kebisingan. Terutama jika hanya rumah Anda yang memiliki 2 lantai dan tidak memakai struktur bangunan kedap suara maka resiko ini akan semakin tinggi. 

Kelebihan Memiliki Rumah 2 Tingkat

  • Memiliki Banyak Ruang dan Lebih Luas

rumah 2 tingkat punya banyak ruangan

Kelebihan yang pertama jika membangun rumah 2 tingkat adalah Anda akan memiliki banyak ruangan dan tentunya lebih luas. Misalnya saja, Anda memiliki tanah berukuran 72 m persegi, jika dibangun 1 lantai hanya memiliki dua kamar. Namun, dengan membangun rumah dua tingkat dengan tanah seluas 72 m persegi Anda dapat memiliki tiga kamar tidur lengkap dengan ruang makan, ruang keluarga, dapur yang luas, bahkan taman sekaligus.

  • Lebih Memiliki Privasi

rumah 2 tingkat lebih privasi

Karena bisa membangun banyak ruangan, Anda beserta anggota keluarga yang lain bisa mendapatkan privasi dengan memiliki kamar tidur masing-masing. Dengan begitu, akan jauh lebih nyaman daripada tidur bersama-sama.

  • Desain Beragam

desain rumah 2 tingkat beragam

Desain dari rumah dua tingkat pun sangat beragam dan lebih mudah dikreasikan. Apalagi jika Anda menyukai kegiatan mendekor rumah maka hunian dengan dua tingkat bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Bisa Menikmati Pemandangan Sekitar Rumah

rumah 2 tingkat bisa menikmati pemandangan

Jika biasanya keluar dari rumah 1 lantai hanya dapat melihat rumah tetangga dan jalanan maka di rumah 2 lantai Anda bisa dimanjakan dengan suasana yang berbeda, yaitu pemandangan sekitar perumahan yang lebih cantik. Terutama jika Anda berada di lingkungan yang asri dengan banyak pepohonan, ada gunung, atau ada danau. Adanya pemandangan ini, Anda bisa membuat sudut ruangan khusus di rumah untuk menjadi tempat me-time.

  • Bisa Menghemat Biaya Juga

rumah 2 tingkat lebih hemat biaya

Meski membangun rumah 2 tingkat bisa menghabiskan banyak biaya pada material, namun sebenarnya rumah 2 lantai bisa menghemat biaya dalam pembelian tanah juga, lho. Dengan membangun rumah 2 tingkat, Anda bisa mendapatkan ruang yang lebih banyak tanpa harus membeli tanah yang lebih luas. Menurut Anda lebih hemat atau lebih boros?

Baca juga: Ide Desain Rumah Mewah 2 Lantai, Inspirasi untuk Rumah Baru Anda!

Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk membangun rumah 2 tingkat? Atau ingin membeli yang sudah siap huni? Apabila sedang mencari rumah dua tingkat yang sudah siap huni, Anda bisa melirik koleksi proyek hunian ekslusif yang dihadirkan oleh developer terkemuka, yaitu Premier Qualitas Indonesia. Developer ini kini memiliki proyek hunian eksklusif unggulan, yaitu Pavilia at Premier Estate 2, yang bisa menjadi pilihan Anda.

Sebab, perumahan ini menawarkan tiga tipe rumah 2 tingkat dengan luas bangunan dan tanah yang berbeda-beda. Ada tipe Biarritz dengan luas bangunan dan tanah 84 meter persegi, serta ada pula jika Anda menginginkan rumah 2 tingkat yang full furnished, ada pilihan tipe Fresnay Special (LT/LB variasi m2/138m2) dan Fresnay Standard (LT/LB 120m2/136m2).

Dua tipe unit tersebut merupakan hasil kolaborasi Pavilia dengan IKEA untuk isi furniture di dalamnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa produk-produk IKEA berkualitas, sekelas premium, dan estetik sehingga bisa mempercantik hunian. Anda bisa memiliki rumah sekaligus furniture dengan mengambil program Home Bundling yang ditawarkan Pavilia. 

Untuk menambah kenyamanan penghuninya, lingkungan Pavilia dibuat senyaman mungkin dengan ditanami lingkungan hijau dengan pepohonan rindang, ruang terbuka yang luas, dan ada pula danau untuk memanjakan mata Anda. Terdapat pula fasilitas penunjang yang lengkap di perumahan ini, yaitu ada clubhouse yang terdiri fitness centre dan kolam renang, jogging track, taman bermain anak, internet fiber optic, keamanan terjamin 24 jam, serta masih banyak lainnya yang bisa menunjang kebutuhan sehari-hari penghuninya.

Soal lokasi, Pavilia berada di kawasan Jatiwarna, Bekasi, di mana dekat dengan area Jakarta, akses Gerbang Tol Taman Mini, dan Gerbang Tol Jatiwarna. Selain itu, perumahan ini pun dekat berbagai fasilitas umum, seperti Bandara Halim Perdana Kusuma, sekolah nasional dan internasional favorit, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, hotel, rumah sakit, lapangan golf, dan lainnya sehingga memudahkan mobilitas ke mana pun.

Dikarenakan unit di Pavilia sangat terbatas, pastikan Anda tidak kehabisan ya! Langsung reservasi sekarang juga dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini. Sementara, untuk melihat promo menarik apa saja yang dimiliki developer tersebut, Anda bisa cek di sini.

Previous
Previous

Begini Cara Membuat Rumah Nyaman dan Bikin Betah

Next
Next

Ketahui Berbagai Tipe Perumahan yang Ada di Indonesia