Jangan Asal Pilih Developer Perumahan, Ini Tips Dapatkan yang Kredibel

Bagi yang berencana membeli rumah, penting bagi Anda untuk tahu tips dalam memilih developer perumahan. Sebab, developer memegang peranan penting dalam transaksi pembelian rumah. Jika tidak cermat dalam memilih developer maka bisa-bisa nantinya berujung kekecewaan. Saat ini pun sudah banyak kasus yang terjadi karena kurang telitinya dalam memilih developer perumahan, seperti kualitas rumah yang dibangun tidak seperti yang dijanjikan dan membawa kabur uang konsumen. Supaya hal buruk tidak terjadi pada Anda saat membeli rumah, simak tips memilih developer perumahan yang kredibel berdasarkan sejumlah poin berikut ini.

developer perumahan yang kredibel

Cari Tahu Reputasi Developer

Langkah awal sebelum Anda membeli rumah adalah mencari tahu latar belakang dari developer perumahan tersebut. Sebab, Anda menjadi bisa mempertimbangkan dan menilai apakah developer tersebut nantinya dapat bertanggung jawab mengenai urusan yang diperlukan nantinya mengenai rumah atau tidak. Ada dua cara pengecekan reputasi, yaitu melihat testimoni dari pembeli unitnya atau juga bisa langsung menghubungi REI atau Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia.

Perhatikan Legalitas Developer

Pastikan area lahan yang dibangun perumahan yang Anda pilih sudah menerbitkan sertifikat induknya. Anda sebagai konsumen berhak menanyakan dan melihat sertifikat tersebut. Bila legalitas lokasi perumahan tersebut masih berupa izin lokasi maka risikonya sangat tinggi. Untuk itu, tanyakan copy induk sertifikatnya. 

Developer perumahan yang kredibel tentunya akan dengan senang hati menunjukkannya. Sebab, pekerjaan terberat developer justru ketika tahap pembebasan tanah. Bila pada tahapan ini gagal, proyek perumahan bisa gagal dan uang DP yang sudah Anda berikan bisa bermasalah.

Menjalin Kerja Sama dengan Bank

Carilah developer perumahan yang sudah bekerja sama dengan pihak bank. Karena, biasanya bank sudah melakukan evaluasi dan verifikasi terhadap developer, seperti cek status lahan, peruntukan lahan, sertifikat, kondisi lingkungan, dan fasilitas umum. Pihak bank pun bisa menjadi saringan awal terhadap kredibilitas developer.

Perhatikan Komitmen dari Developer

Saat mempromosikan perumahannya, umumnya developer menjanjikan berbagai fasilitas penunjang di dalam kawasannya. Dengan regulasi perbankan di sektor properti, mungkin saja developer mengabaikan fasilitas yang pernah dijanjikan untuk menekan biaya. Untuk itu, Anda perlu mengonfirmasi hal tersebut kepada developer perumahan agar mendapat kejelasan fasilitas apa saja yang pastinya didapat saat menempati hunian.

Bila sudah terlanjur menyetor uang muka dan developer masih mengantongi izin lokasi, sebaiknya segera minta uangnya dikembalikan walaupun ada potongan untuk biaya administrasi. Itulah pentingnya mempunyai PPJB saat membeli rumah. PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli adalah perjanjian mengenai spesifikasi hunian, harga, cara pembayaran, serah terima kunci, maintenance, hak dan kewajiban, serta sanksinya. PPJB perlu Anda ketahui dan pahami sebelum menandatangani pembayaran.

Selain poin-poin di atas, pastikan pula saat memilih developer perumahan Anda tidak membayar uang muka terlebih dahulu sebelum pengajuan KPR disetujui, jangan take over bila sertifikat rumah belum balik nama, hindari transaksi di bawah tangan, dan jangan lupa mengurus IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Itulah beberapa hal penting yang menjamin Anda akan mendapatkan developer kredibel dan terhindar dari penipuan.

Baca juga: Waspada Oknum Bodong! Simak 7 Tips Memilih Developer Perumahan Terpercaya

Untuk memudahkan Anda mendapatkan developer perumahan kredibel seperti poin-poin di atas, artikel ini merekomendasikan untuk memilih Premier Qualitas Indonesia. Developer terkemuka yang sudah berdiri sejak tahun 1998 ini sudah membangun 24 proyek perumahan eksklusif dan lebih dari 5.000 unit di kawasan Jabodetabek.

Selain sudah terjamin kredibel dan berbadan hukum, Premier Qualitas Indonesia bisa dikatakan relatif cepat dalam melakukan serah terima kunci. Bila developer pada umumnya melakukan penyerahan kunci dari 12 bulan sampai 24 bulan, berbeda dengan developer satu ini yang bisa dalam waktu 8 bulan hingga 12 bulan yang dihitung dari waktu reservasi. 

Premier Qualitas Indonesia pun telah bekerja sama dengan sejumlah bank partner untuk menjalankan program KPR, yang mana Anda bisa mengambil program tersebut dengan tenor sesuai kemampuan. Selain itu, cicilan uang muka pun bisa dibayar sebanyak tiga kali dalam waktu tiga bulan untuk meringankan pembayaran Anda.

Kini, ada dua perumahan unggulannya, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur yang mana keduanya berada di lokasi strategis. Kedua perumahan eksklusif ini menawarkan rumah modern tropis dengan lingkungan kawasan yang asri. Untuk harga unitnya dijual berkisar 1,8 miliar sampai 3,8 miliar rupiah.

Kabar baiknya, jika Anda melakukan reservasi di bulan Juni ini, Premier Qualitas Indonesia menawarkan banyak promo. Untuk pembelian rumah di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan kanopi gratis, bebas PPN, free 50% BBN, AJB, dan BPHTB, serta bisa melakukan penyerahan kunci di tahun 2022 ini. Sementara, untuk pembelian rumah di Premier Estate 3 Extension dengan program KPR akan mendapatkan promo bunga hanya sebesar 1,78%, mendapatkan kanopi cantik, bisa serah terima di tahun 2022, serta free 50% AJB, BBN, dan BPHTB.

Untuk mengetahui syarat ketentuan promonya atau mau mengenal Premier Qualitas Indonesia lebih lanjut, Anda bisa chat Sales Executive developer tersebut dengan cara klik ikon WhatsApp yang tertera di pojok kanan bawah atau juga bisa klik di sini.

Previous
Previous

5 Tips Menabung untuk DP Rumah, Bisa Dimulai Sedini Mungkin

Next
Next

Ketahui 5 Karakteristik Desain Rumah Tropis Klasik