Desain Rumah Tropis Klasik: dari Ciri Khas hingga Inspirasi

Di Indonesia, desain rumah tropis klasik identik dengan kesan elegan dan mewah yang khas dengan image kalangan atas. Tidak heran jika desain rumah ini populer karena tampilannya yang mewah dan membawa prestise tersendiri bagi penghuninya. Selain itu, desain rumah tropis klasik juga sangat cocok diterapkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis lembab sehingga banyak diminati masyarakat negara ini.

Tapi, tahukah Anda, desain rumah tropis klasik ternyata tidak sekadar bangunan bertingkat dengan fasad megah. Terdapat ciri khas lainnya yang perlu diketahui, terlebih untuk Anda yang tertarik dengan desain rumah ini. Untuk itu, pada artikel ini akan membagikan sederet ciri khas desain rumah tropis klasik beserta inspirasinya yang mungkin bisa Anda contek.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Rumah Tropis Modern Banyak Diminati Masyarakat Indonesia

Ciri Khas Desain Rumah Tropis Klasik

Desain rumah tingkat Premier Estate
  • Fasad Simetris Berwarna Cerah

Ciri khas yang pertama dari desain rumah tropis klasik adalah fasadnya yang simetris dengan pilihan warna cerah, seperti putih, krem, ivory, atau beige. Warna cerah mampu mendominasi bagian eksterior bangunan tanpa tambahan warna lain atau dengan tambahan akses warna hitam untuk menguatkan kesan mewah. Selain itu, penataan jendela, pintu, dan elemen lain pada fasad juga tampak lebih simetris.

  • Jendela Berukuran Besar

Untuk mendukung kesan mewah maka rumah tropis klasik tidak hanya sekadar bertingkat, melainkan juga memiliki bangunan luas sehingga bisa menaruh jendela berukuran besar. 

  • Atap Miring

Desain rumah tropis klasik identik dengan atap miring sebagai ciri khasnya. Penggunaan atap ini berguna untuk melindungi bangunan dari terpaan hujan yang deras dan cahaya matahari secara langsung. Ini dikarenakan perubahan cuaca secara mendadak dan terus menerus dalam kurun waktu lama bisa membuat hunian mengalami masalah yang serius. Untuk itu, kemiringan atap dibuat dengan skala 30 derajat dengan jenjang langit setinggi 2,5 m sampai 3 m.

  • Adanya Halaman

Desain rumah tropis klasik umumnya didukung oleh halaman depan untuk menambah keindahan hunian. Tentunya jika terinspirasi ingin memiliki desain rumah ini, Anda perlu memperhitungkan besaran lahan tempat untuk mendirikan bangunan.

  • Pemilihan Warna

Desain rumah tropis klasik didominasi oleh warna cerah, seperti putih atau warna tenang dan alami, seperti coklat dengan material kayu. Selain itu, juga bisa memilih warna, seperti earthy, tone down atau ivory yang cukup cocok dan menyatu dengan desain rumah ini.

Inspirasi Desain Rumah Tropis Klasik

Selain eksteriornya, interior juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi desain rumah tropis klasik. Berikut ini terdapat inspirasi interior rumah tropis klasik yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk mengikuti desainnya.

  • Ruang Tamu

desain rumah tropis klasik ruang tamu

Ruang tamu selalu mendapatkan perhatian yang besar dan utama karena didedikasikan untuk memberikan kenyamanan kepada penghuninya, serta tamu yang berkunjung. Khusus desain tropis klasik, ruang tamu umumnya diselimuti perabotan dengan earthy tone dan clean look.

  • Dapur dan Ruang Makan

desain rumah tropis klasik dapur dan ruang makan

Agar memberikan kesan lega, dapur dan ruang makan tidak diberi sekat. Selain itu, untuk memberikan kesan clean look, kitchen set dan meja makan didominasi oleh warna abu-abu dan coklat. Untuk mempercantik ruang makan dan memberikan kesan elegan, menambahkan vas bunga dan lampu gantung kaca merupakan pilihan tepat.

Jika setelah membaca artikel ini Anda semakin tertarik dengan desain rumah tropis klasik, namun kesulitan menemukan rumah yang tepat, mungkin bisa melirik salah satu koleksi hunian eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia, yaitu Pavilia at Premier Estate 2. Perumahan ini menerapkan desain rumah tropis klasik pada setiap unitnya, baik dari segi eksterior maupun interiornya.

Untuk bagian interiornya, Pavilia berkolaborasi dengan IKEA dengan menghasilkan dua tipe unit terbaru, yaitu Fresnay Special dan Fresnay Standard. Interior pada tipe ini menggunakan produk dan didesain khusus oleh IKEA sehingga tampilan isi rumah tampak estetik dan menawan. 

Dua tipe unit ini menawarkan program Home Bundling, yang mana ketika membeli salah satu tipe tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan rumah nyaman sekaligus isi perabotannya secara lengkap dari IKEA. Program ini sangat cocok untuk Anda yang sering kebingungan atau tidak ada waktu memilih perabotan rumah karena cukup melakukan pembayaran dan bisa langsung menempatinya.

Selain menawarkan rumah tropis klasik, Pavilia juga melengkapi perumahannya dengan fasilitas lengkap dan lingkungan asri. Mulai dari banyaknya pepohonan rindang, danau luas, jogging track, kids playground, clubhouse yang terdapat kolam renang dan pusat kebugaran, internet fiber optic, keamanan one gate system, hingga masih banyak lainnya yang bisa Anda nikmati jika tinggal di Pavilia.

Lokasi Pavilia juga sangat strategis, yaitu di kawasan Jatiwarna, Bekasi. Buat yang belum tahu, kawasan ini dekat dengan area Jakarta, Gerbang Tol Jatiwarna, Gerbang Tol Taman Mini, dan jalur transportasi umum lainnya. Tak hanya akses transportasi, Pavilia pun dekat dengan banyak fasilitas umum yang nantinya akan memudahkan mobilitas Anda ke mana pun, yakni dekat Bandara Halim Perdana Kusuma, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah favorit berstandar nasional dan internasional, rumah sakit, lapangan golf, dan masih banyak lainnya.

Dikarenakan jumlah unit pada tipe Fresnay Special dan Fresnay Standard sangat terbatas, Anda bisa langsung melakukan reservasi agar tidak kehabisan. Anda juga bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah. Sementara, jika ingin mengecek terdapat promo apa saja yang ditawarkan developer ini, Anda bisa langsung cek di sini.

Previous
Previous

Inspirasi Desain Rumah Mewah 2 Lantai, Cantik dan Elegan!

Next
Next

Ini Dia Penampakan Rumah 2 Milyar di Premier Estate 3