Kenali Ciri Khas dari Desain Rumah Modern Tropis

Rumah yang berada di kawasan yang dilintasi khatulistiwa, seperti di Indonesia membutuhkan rancangan khusus agar penghuninya bisa tinggal dengan nyaman di berbagai cuaca, baik sedang cuaca terik maupun curah hujan tinggi. Salah satu konsep desain rumah yang banyak digunakan di Indonesia saat ini adalah modern tropis.

Modern tropis, sesuai namanya, konsep desain rumah ini ditujukan untuk hadirkan suasana tropis di dalam hunian agar bisa mengurangi cuaca panas dan lembab. Anda yang telah berkeluarga dan sedang mencari konsep rumah apa yang cocok, artikel ini menyarankan memilih desain rumah modern tropis. Ini dikarenakan konsep tersebut bisa memberikan kenyamanan, bahkan Anda sekeluarga pun bisa merasa betah tinggal di dalamnya setiap saat.

Jika penasaran dengan desain rumah modern tropis, sebelum mencari inspirasi desainnya, kenali dulu beberapa ciri khasnya terlebih dulu agar nantinya pun bisa semakin yakin untuk memilih desain ini.

desain rumah tropis modern

Material Alami

Pada umumnya, konsep dari desain rumah modern tropis adalah kembali ke alam, yang mana semua material yang digunakan berupa barang daur ulang, seperti kayu dan alam. Penggunaan material alami ini bisa menampilkan kesan rumah yang lebih tropis dan cantik.

Atap Miring

Perubahan cuaca di Indonesia yang serba mendadak dalam jangka waktu yang terus menerus ini bisa membuat masalah serius pada kondisi rumah, lho. Nah, adanya atap mirip pada desain rumah modern tropis berguna untuk melindungi bangunan dari terpaan hujan yang deras dan cahaya matahari secara langsung. Pastikan memilih atap miring dengan skala 30 derajat dengan jarak langit setinggi sekitar 3 meter.

Banyak Ventilasi

Rumah yang bagus memiliki suhu yang terjaga dengan baik. Bila tidak, bisa-bisa mempengaruhi perabotan yang tidak bisa tahan suhu lembab dan panas. Untuk itu, Anda perlu memasang lubang ventilasi di setiap dinding agar proses sirkulasi udara bisa masuk dengan optimal dan menghindari serangan jamur pada perabotan.

Umumnya, desain rumah modern tropis kerap menggunakan ventilasi dengan jenis silang atau cross ventilation yang bisa membuat udara masuk menjadi lebih optimal dan alhasil ruangan lebih sejuk. Adanya banyak ventilasi pun bisa membuat pencahayaan alami dari matahari menjadi leluasa masuk ke seluruh isi rumah. Dengan begitu, pada waktu pagi sampai sore hari Anda tak perlu menyalakan lampu karena ruangan di rumah sudah mendapatkan cahaya alami yang cukup.

Open Space

Konsep open space atau rumah tanpa sekat sangat identik dengan rumah modern tropis. Sebab, desain rumah ini memiliki unsur keleluasaan dan kebebasan tanpa dibatasi oleh adanya sekat yang akhirnya akan mengganggu pergerakan di dalamnya. Namun, jika ingin memiliki kamar privasi, seperti kamar tidur, Anda bisa gunakan furniture multifungsi untuk dijadikan sebagai sekat.

Pada konsep open space juga menggunakan cahaya alami seoptimal mungkin dengan penggunaan jendela besar dan banyak. Kehadiran jendela pada setiap ruangan dapat mengurangi penggunaan AC atau kipas angin sehingga biaya listrik pun menjadi lebih hemat.

Setelah mengetahui ciri khas dari desain rumah modern tropis, apakah Anda semakin tertarik membangun rumah dengan konsep tersebut? Jika iya, pilih bangun dari 0 atau mau langsung mencari perumahan yang menawarkan konsep hunian tersebut?

Baca juga: Contek Desain Rumah Tropis Modern Berikut, Ada Inspirasi untuk Setiap Ruangannya

Apabila Anda orang yang serba praktis, tidak salahnya langsung membeli rumah modern tropis dari developer terpercaya, seperti Premier Qualitas Indonesia. Developer ini telah membangun lebih dari 5.000 unit dengan kualitas material terbaik.

Terdapat dua perumahan unggulannya saat ini, yaitu ada Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. Bagi yang mencari rumah di Cibubur, Premier Estate 3 baru saja melakukan ekspansi dengan meluncurkan Premier Estate 3 Extension yang menawarkan banyak pilihan tipe rumah modern tropis dengan luas tanah dan luas bangunan yang beragam yang mungkin cocok untuk kebutuhan Anda.

Selain menawarkan rumah dengan nuansa tropis, lingkungan kawasan perumahan Premier Qualitas Indonesia juga dibuat senyaman dan seasri mungkin dengan adanya ruang terbuka hijau yang luas. Setiap keluar rumah, Anda akan disambut udara sejuk dengan lingkungan asri yang menenangkan. 

Fasilitas penunjang di dalam kawasan pun lengkap, ada taman bermain untuk anak, jogging track, keamanan 24 jam, internet fiber optic, clubhouse yang terdiri dari kolam renang dan pusat kebugaran, serta lainnya yang bisa digunakan bebas penghuni perumahannya. Khusus di Pavilia at Premier Estate 2 terdapat danau buatan luas yang bisa Anda jadikan tempat healing setelah penat dengan urusan kantor. Setiap perumahan eksklusif ini pun memiliki aksesibilitas tinggi menuju jalan tol, dekat dengan rumah sakit, hotel bintang 4, sekolah favorit, rumah sakit, bandara, dan masih banyak lainnya yang memudahkan mobilitas Anda. 

Perlu diketahui, Premier Qualitas Indonesia merupakan salah satu developer di Indonesia yang mampu mengakomodir serah terima dengan waktu relatif cepat dibandingkan lainnya, yaitu dalam kurun waktu 8 bulan hingga 12 bulan dari waktu Anda reservasi. Cepet banget, kan?

Bagi yang tertarik mau beli unit di salah satu perumahan Premier Qualitas Indonesia, ada promo menarik di bulan Juni ini, lho! Jika membeli unit di Pavilia at Premier Estate 2, Anda akan mendapatkan free PPN, free 50% untuk BBN, AJB, dan BPHTB, sudah mendapatkan free canopy, serta bisa melakukan serah terima di tahun 2022. Sementara, bila membeli unit di Premier Estate 3 dan Premier Estate 3 Extension untuk pembayaran KPR, Anda bisa mendapatkan bunga 1,78% saja, free canopy, free 50% untuk AJB, BPHTB, dan BBN, serta bisa serah terima di tahun ini juga. Untuk mengetahui informasi syarat ketentuan promo bisa klik di sini atau klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk terhubung dengan Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

Intip 5 Desain Rumah Idaman Masa Kini, Siapa Tahu Selera Anda!

Next
Next

Referensi Desain Interior Rumah Modern Tropis, Bisa Dicontek!