Kenali 2 Jenis KPR BTN Beserta Syarat dan Keunggulannya

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan salah satu kemudahan untuk mendapatkan rumah dengan sistem pembayaran melalui cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Adanya KPR memudahkan bagi masyarakat yang menginginkan hunian nyaman tanpa harus menyiapkan uang cash sebesar harga rumah dalam satu waktu tertentu. 

KPR dikeluarkan oleh beberapa bank dengan beberapa jenis cicilan. Salah satu bank yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk pengajuan KPR ialah Bank BTN. KPR BTN dinilai cenderung disukai masyarakat karena memiliki suku bunga yang kompetitif dan persyaratannya mudah. 

KPR BTN memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan jenis rumah yang akan Anda ambil dan benefit yang ingin didapatkan. Saat ini, jenis KPR yang sedang diminati oleh masyarakat ialah KPR Subsidi dan Non subsidi. Lalu, apa perbedaannya dan apa saja keunggulan dari masing-masing jenis?

Untuk mengetahui lebih detail mengenai berbagai jenis KPR dari bank satu ini, berikut artikel ini telah merangkum sederet persyaratan beserta keunggulan dari tiap jenis KPR BTN.

kpr btn

KPR Subsidi

KPR BTN jenis Subsidi merupakan salah satu program dari pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan hunian yang nyaman dengan mudah. Harga dari rumah subsidi ini dibatasi, yaitu sekitar 100 - 300 jutaan saja di daerah sekitar pulau Jawa. 

Meskipun harga rumah dibatasi, namun keuntungan dari KPR Subsidi sangatlah banyak, salah satunya ialah biaya bunga yang diberikan jauh lebih rendah dari deposito di awal atau uang muka tidak sebesar jenis KPR yang lainnya. Namun, memang jika menggunakan KPR Subsidi, Anda tidak bisa merenovasi rumah hingga 2 tahun sejak melakukan serah terima rumah. 

Berikut ini beberapa persyaratan jika Anda ingin mengambil jenis KPR Subsidi yang dikeluarkan oleh bank BTN:

  1. Penerima adalah WNI dan berdomisili di Indonesia.

  2. Penerima telah berusia 21 tahun atau telah menikah. 

  3. Penerima dan pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi untuk pemilikan rumah.

  4. Penghasilan maksimal 8 juta rupiah untuk rumah tapak dan susun.

  5. Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun.

  6. Memiliki NPWP atau surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi sesuai dengan Undang-Undang (UU) yang berlaku.

KPR Non Subsidi

Selain jenis Subsidi, BTN juga kini sedang menggenjot pencapaian target realisasi untuk KPR Non Subsidi, di mana jenis ini bisa digunakan untuk rumah dengan harga di atas 300 juta rupiah dan luas rumahnya pun tidak dibatasi.

Jika KPR BTN jenis Subsidi hanya boleh untuk rumah dengan luas maksimal 36 m persegi, berbeda dengan KPR Non Subsidi yang tidak ada batas maksimal luas rumah. Pemilik pun dapat merenovasi dan mengubah bentuk asli rumah tanpa harus menunggu 2 tahun lamanya. 

Nah, dari dua jenis KPR BTN, mana nih yang mau Anda pilih? KPR Subsidi atau Non Subsidi? Masing-masing jenisnya memiliki keunggulan dan kekurangan. Jangan di ambil pusing, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial. 

Baca juga: Cari Harga Rumah Mewah Mulai dari 1 M? Ada! Ini Rekomendasinya!

Jika tertarik dengan jenis Non Subsidi, Anda bisa melirik beberapa pilihan hunian dari Premier Qualitas Indonesia. Sebab, developer perumahan ini bekerja sama dengan BTN untuk mensukseskan target KPR Non Subsidi.

Proyek perumahan Premier Qualitas Indonesia yang dapat menggunakan KPR BTN Non Subsidi ialah Pavilia at Premier Estate 2 di kawasan Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 yang berlokasi di Kranggan, Cibubur. Dengan kisaran harga mulai 1 miliar hingga 3 miliaran rupiah, Anda bisa mengambil program KPR BTN dengan tenor sesuai kemampuan Anda. 

Menariknya lagi, khusus tipe unit Fresnay di Pavilia at Premier Estate 2, ada program Home Building, di mana Anda bisa membeli hunian sekaligus interiornya dengan dilengkapi furniture dari IKEA. Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan IKEA menghasilkan sentuhan interior yang premium. Program ini juga bekerja sama dengan beberapa Bank untuk proses kepemilikan, keduanya dapat digabung atau dipisah dengan KPR sesuai dengan kemampuan Anda. 

Tak perlu khawatir dengan lokasinya. Karena dua perumahan ini masing-masing terletak di lokasi yang sangat strategi dan ditunjang dengan fasilitas pendukung yang komplit. Mulai dari security 24 jam, ada taman bermain, area track jogging, danau yang asri, kolam renang, hingga club house sehingga Anda tidak hanya membeli rumah, namun juga segudang fasilitas yang menambah kenyamanan sehari-hari.

Tertarik mengenal lebih dalam dengan KPR BTN? Atau punya pertanyaan lebih lanjut mengenai dua perumahan ini? Anda bisa menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp yang tertera di bawah ini.

Previous
Previous

Inspirasi Rumah Impian Sederhana, Cocok untuk Pasangan Baru

Next
Next

Ide Interior Desain Rumah Mewah yang Bikin Pangling dan Tentunya Bikin Nyaman