Waspada Oknum Bodong! Simak 7 Tips Memilih Developer Perumahan Terpercaya

Meski membeli rumah melalui developer memang jauh lebih praktis, namun Anda tetap harus berhati-hati saat memilih developer agar tidak terjebak dengan oknum bodong. Perlu Anda ketahui, di Indonesia terdapat banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh developer perumahan bodong. Kerugian yang didapatkan korban pun beragam, mulai dari bangunan rumah yang tidak sesuai perjanjian sampai uang DP yang dibawa kabur.

Nah, agar Anda tidak tertipu, sebelum memutuskan membeli rumah rumah melalui developer, Anda perlu mengetahui cara memilihnya terlebih dulu. Untuk mengetahui informasinya lebih jelas dan terhindar dari oknum bodong, artikel ini telah menyiapkan 7 tips memilih developer perumahan terpercaya yang bisa menjadi panduan Anda.

developer perumahan

Cek Reputasi Developer

Saat membeli rumah, Anda tidak bisa modal percaya saja. Anda harus mengecek terlebih dahulu reputasi dan kredibilitas dari developer.  Anda bisa melihat dari tahun berdirinya developer perumahan tersebut, tentunya semakin lama mereka berdiri maka membuktikan bahwa developer tersebut sudah berpengalaman dalam membangun rumah. 

Anda juga bisa mencari informasi di internet apakah developer tersebut pernah bermasalah dengan hukum atau tidak. Pastikan Anda memilih developer yang sudah terpercaya dan tidak pernah terkena kasus hukum. 

Anda pun bisa mengecek reputasi developer melalui testimoni konsumen. Ini bisa dilakukan dengan meminta untuk dipertemukan dengan beberapa konsumennya. Developer terpercaya tentu tidak akan keberatan mempertemukan Anda dengan klien sebelumnya. Ada pula alternatif lain dengan berkonsultasi kepada Lembaga Advokasi Konsumen Properti Indonesia.

Cek Proyek Perumahan yang Dikerjakan

Proyek perumahan yang Anda incar masih dalam tahap pembangunan? Jika iya, jangan langsung membayar DP rumah. Tunggu dulu sampai ada rumah contoh yang sudah jadi untuk mengecek langsung bagaimana spesifikasi bangunan sehingga Anda bisa memastikan seperti apa material yang digunakan oleh developer perumahan tersebut.

Status Lahan Bangunan Jelas

Anda juga bisa cek status lahan yang digunakan untuk membangun perumahan tersebut. Jangan sampai memilih developer yang membangun hunian di atas lahan sengketa. Bukannya untung, bisa-bisa Anda malah kehilangan uang dan hunian di masa depan. Developer perumahan yang terpercaya tentu tidak akan keberatan menunjukkan bukti status lahan yang digunakan, seperti sertifikat hak guna atau hak milik.

Kerja Sama dengan Bank Penyedia KPR

Supaya transaksi jual beli rumah lebih aman, pilihlah developer yang telah bekerja sama dengan berbagai bank penyedia KPR. Sebab, jumlah kerja sama developer perumahan dengan bank partner bisa menjadi penilaian kredibilitasnya. Bank pun tidak akan mau terlibat dengan developer yang komitmen dan kemampuannya dalam membangun hunian masih dipertanyakan. Anda dapat yakin bahwa latar belakang developer terjamin jika banyak bank yang bersedia menjadi partner mereka.

Hindari Bayar DP Sebelum Pengajuan KPR Sudah Disetujui

Supaya transaksi lebih aman, hindari membayar DP sebelum pengajuan KPR Anda disetujui bank. Pasalnya, developer perumahan umumnya memiliki sistem booking fee yang hangus bila Anda batal membeli hunian. Nah, bayangkan apa yang terjadi bila pengajuan KPR Anda ditolak? Tak hanya kehilangan kesempatan membeli rumah, tapi juga kehilangan uang.

Kepastian Serah Terima yang Jelas

Anda pun perlu mengetahui kepastian serah terima hunian dari developer. Karena ini menunjukkan seberapa besar komitmen developer perumahan dalam menyelesaikan proyeknya. Kepastian serah terima dapat berupa serah terima kunci langsung atau topping off. Selain itu, pastikan pula jangka waktu yang disebutkan developer masih masuk akal. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan developer yang memberikan serah terima cepat.

Artikel ini memiliki rekomendasi developer perumahan terkemuka di Indonesia yang bisa Anda percayakan dalam membeli hunian, yaitu Premier Qualitas Indonesia. Developer perumahan yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini telah berhasil membangun 25 proyek perumahan eksklusif dan 5.000 unit hunian di kawasan Jabodetabek. 

Selain sudah berbadan hukum dan terjamin kredibel, developer ini bisa dikatakan relatif cepat dalam penyerahan kunci. Jika biasanya developer lain melakukan penyerahan kunci selama 12 bulan sampai 24 bulan, berbeda dengan Premier Qualitas Indonesia yang melakukan serah terima hunian dalam waktu 8 bulan sampai 12 bulan dari waktu reservasi. Premier Qualitas Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa bank partner untuk menjalankan program KPR yang di mana Anda bisa mengambil program tersebut dengan tenor sesuai kemampuan. 

Saat ini, terdapat dua proyek unggulan dari Premier Qualitas Indonesia, yaitu Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur yang keduanya menawarkan perumahan eksklusif dan asri di kawasan strategis. Dua perumahan ini menawarkan hunian mulai dari harga 1 miliar hingga 3 miliar rupiah.

Jika Anda ingin mengenal developer perumahan ini lebih lanjut, silahkan chat Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini. Sementara, jika ingin mendapatkan promo menarik, Anda bisa langsung cek di sini. Premier Qualitas Indonesia, solusi untuk Anda yang cari hunian eksklusif!

Previous
Previous

Cari Rumah Idaman Masa Kini? Coba Cek Perumahan Eksklusif Satu Ini

Next
Next

5 Kriteria Model Ruko yang Bisa Bikin Bisnis Makin Cuan