5 Tips Menabung untuk DP Rumah, Bisa Dimulai Sedini Mungkin

Jika Anda sedang berencana untuk membeli rumah impian, salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah menabung DP rumah sedini mungkin. Membayar DP (Down Payment) atau uang muka menjadi salah satu syarat dari mayoritas developer yang perlu Anda penuhi saat ingin membeli rumah. Selain itu, DP rumah pun berpengaruh terhadap kecil atau besarnya Anda dalam membayar cicilan per bulan ke depannya. Umumnya, harga DP ditentukan berdasarkan harga hunian yang dibeli.

Masalahnya, harga hunian tiap tahunnya selalu meningkat, terlebih lagi bila berada di lokasi strategis, seperti pusat kota atau kawasan berkembang. Untuk itu, bila ingin segera memiliki hunian impian, mulailah menabung DP rumah sedini mungkin agar bisa mendapatkannya secara cepat. Berikut ini sejumlah tips yang bisa dicoba.

menabung untuk dp rumah

Tulis Spesifikasi Rumah Impian

Sama halnya seperti saat ingin membeli suatu barang, seperti tas atau gadget, Anda perlu menulis spesifikasi rumah yang diimpikan secara lengkap dan detail, seperti lokasinya ingin di mana, kisaran harga keseluruhan dan DP, dan target menabung setiap bulannya. Jika perlu Anda pun bisa menuliskan seperti apa tampilan, desain, dan jumlah ruangan pada rumah yang dibutuhkan. Namun, sebagai awalan Anda bisa menuliskan beberapa hal penting, seperti lokasi, harga rumah, biaya DP rumah, dan berapa tahun target DP terkumpul.

Hitung Pemasukan dan Pengeluaran

Buatlah rencana secara detail mengenai perhitungan anggaran untuk menabung DP rumah. Dengan menghitung pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa mengetahui apakah penghasilan yang dimiliki sekarang cukup atau tidak. 

Buat perencanaan yang baik dengan perhitungan tepat, kemudian lakukan manajemen finansial yang baik. Anda bisa mencoba rumus 10-20-30-50, yang mana 50% untuk menabung DP, 30% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk tabungan lain, dan 10% untuk beramal. Supaya tidak memberatkan, Anda bisa mengubah persenannya sesuai kemampuan. Terpenting, pastikan dalam sebulan minimal 30% pemasukan digunakan untuk menabung DP.

Hilangkan Tagihan yang Tidak Penting

Anda bisa menabung DP rumah dengan jumlah lebih besar dengan melakukan penghematan dan menghilangkan tagihan yang tidak perlu. Lakukan review terhadap pengeluaran tagihan, apakah sekiranya ada yang bisa dihilangkan atau dikurangi agar tidak memakan banyak biaya. Sebagai contoh, mengurangi biaya nongkrong atau menghilangkan tagihan TV kabel yang sudah jarang ditonton. Tagihan yang dihilangkan tersebut bisa dimasukkan ke dalam tabungan DP rumah.

Buat Rekening Tabungan Khusus

Agar menabungnya lebih efektif, Anda bisa membuka rekening baru yang digunakan khusus untuk menabung DP rumah. Tujuannya, agar dana tabungan lain tidak tercampur dengan membayar DP. Pastikan juga Anda tidak menggunakan uang di rekening tersebut untuk keperluan lain.

Cari Pemasukan Tambahan

Dari poin sebelumnya, tentunya Anda mengetahui bagaimana kondisi finansial. Bila dirasa terlalu berat, Anda bisa mencari pemasukan tambahan di luar waktu pekerjaan utama, seperti menjadi freelancer atau berjualan online. Rasanya mungkin memang lebih banyak makan waktu, namun tidak ada salahnya dilakukan agar uang DP rumah cepat terkumpul.

Mengumpulkan biaya DP rumah tentu menjadi challenge tersendiri bagi beberapa orang. Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan biayanya sedini mungkin sehingga mudah direalisasikan. Mulailah menabung agar bisa segera mewujudkan rumah impian Anda!

Baca juga: Dapatkan Rumah Impian dengan Ikuti 4 Strategi Menabung DP Rumah Berikut Ini

Jika masih mencari rumah sesuai dengan spesifikasi impian Anda, mungkin bisa melirik proyek perumahan eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia. Developer ternama di Indonesia ini sekarang memiliki dua perumahan unggulan yang mungkin cocok dengan keinginan Anda, yaitu ada Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur.

Harga rumah yang dijual di dua perumahan tersebut berkisar 1,8 miliar sampai 3,8 miliar rupiah, yang mana uang DP rumah bisa dicicil sebanyak tiga kali selama tiga bulan untuk meringankan dalam pembayaran. Terdapat sejumlah bank partner yang bekerja sama dengan Premier Qualitas Indonesia, yakni ada Bank OCBC NISP, Bank Danamon, Bank Mandiri, Bank Niaga, Bank MyBank, dan Bank Permata.

Anda pun bisa menempati rumah impian secara cepat karena Premier Qualitas Indonesia adalah salah satu developer yang relatif cepat dalam melakukan penyerahan kunci, yakni berkisar 8 bulan hingga 12 bulan dari waktu reservasi. Rentang waktu ini terbilang cepat jika dibandingkan dengan developer lain yang memakan waktu 12 bulan sampai 24 bulan.

Soal kualitas rumahnya tak perlu diragukan lagi. Premier Qualitas Indonesia telah dikenal sebagai developer yang sudah menjual 5.000 unit dengan material berkualitas. Setiap rumahnya dirancang dengan konsep modern tropis, yang mana bangunannya mampu menyesuaikan dengan iklim di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi dan teriknya sinar matahari.

Pavilia at Premier Estate 2 dan Premier Estate 3 Extension berada di lokasi dengan aksesibilitas tinggi yang dekat berbagai akses transportasi, serta dikelilingi banyak fasilitas publik sehingga memudahkan mobilitas Anda. Di dalam kawasan perumahan pun dilengkapi banyak fasilitas penunjang untuk memenuhi lifestyle penghuninya, antara lain ada area jogging, keamanan terjamin 24 jam, clubhouse dengan kolam renang dan pusat kebugaran, serta masih banyak lainnya.

Mau langsung reservasi unit? Atau masih ragu? Ada kabar bagus, di bulan Juni ini ada banyak promo menarik untuk Anda yang melakukan reservasi di dua perumahan tersebut. 

Apabila membeli unit di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan promo kanopi cantik, free PPN, free 50% BPHTB, AJB, dan BBN, serta bisa melakukan serah terima di tahun 2022. Sementara, bila membeli unit di Premier Estate 3 Extension dengan program pembayaran KPR, akan mendapatkan suku bunga hanya 1,78%, mendapat kanopi cantik secara gratis, free 50% BPHTB, AJB, dan BBN, serta juga bisa serah terima di tahun ini.

Untuk pertanyaan lebih lanjut terkait syarat ketentuan promo atau mau melakukan reservasi, bisa klik di sini atau klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk langsung terhubung dengan Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

5 Gambaran Rumah Impian yang Bisa Jadi Inspirasi, No 3 Paling Nyaman!

Next
Next

Jangan Asal Pilih Developer Perumahan, Ini Tips Dapatkan yang Kredibel