Informasi Lengkap Seputar Rumah Modern Tropis, dari Karakteristik hingga Desainnya

Sebagai negara yang melalui garis khatulistiwa, membuat Indonesia selalu mendapatkan panas matahari yang terik dan memiliki tingkat curah hujan yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan rumah-rumah di Indonesia membutuhkan desain khusus yang membuat hunian tetap terasa nyaman di berbagai cuaca. 

Salah satu desain rumah yang cocok dengan kondisi iklim Indonesia adalah desain rumah modern tropis, di mana desain ini memadukan dua konsep, yaitu tropis dan modern dalam satu desain bangunan. Untuk Anda yang mulai tertarik dengan hunian modern tropis, alangkah baiknya mencari tahu berbagai informasinya agar bisa menjadi bahan referensi. 

Artikel ini telah menyiapkan sederet informasi lengkap mengenai rumah modern tropis, mulai dari informasi karakteristiknya, kelebihan kekurangannya, hingga desainnya yang bisa menginspirasi hunian Anda nantinya.

Karakteristik Rumah Modern Tropis

karakteristik rumah modern tropis

Untuk yang masih awam dengan desain rumah ini, berikut beberapa karakteristik utama dari rumah modern tropis yang perlu Anda ketahui:

  • Menggunakan Atap Miring

Rumah modern tropis menggunakan atap miring dengan skala kemiringan berkisar 30 derajat. Atap dengan posisi miring berfungsi untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari langsung atau hujan deras. Dengan begitu, rumah tetap aman walaupun setiap hari terkena sinar matahari dan pada saat hujan deras.

  • Memiliki Banyak Jendela

Rumah modern tropis biasanya memiliki banyak jendela besar, di mana jendela memiliki fungsi agar sirkulasi udara di dalam ruangan baik. Juga, akan membuat udara lebih sejuk meskipun tidak menyalakan AC. Selain itu, jendela besar juga akan memberikan pencahayaan yang cukup pada ruangan sehingga mampu menghindari serangan jamur pada dinding dan furniture yang ada pada dalam rumah.

Baca juga: 5 Karakteristik Desain Rumah Modern Tropis yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Modern Tropis

kelebihan rumah modern tropis

Tentunya setiap desain rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, untuk desain rumah modern tropis memiliki kelebihan, yaitu rumah jauh lebih sejuk dan asri karena sirkulasi udaranya baik. Selain itu, lebih hemat energi karena terdapat ventilasi udara yang besar pada tiap ruangannya sehingga cahaya dapat masuk secara cukup. Karena pencahayaan di rumah bagus maka rumah menjadi anti lembab. Desainnya pun timeless alias tidak termakan waktu.

Sedangkan, kekurangannya adalah rumah akan menjadi cepat berdebu, mengingat banyaknya ventilasi udara pada rumah. Namun, hal ini dapat diatasi dengan memilih lingkungan rumah yang asri dan minim kendaraan bermotor, misalnya saja memilih hunian di perumahan. 

Desain Rumah Modern Tropis 

desain rumah modern tropis

Untuk Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep modern tropis, gambar di atas merupakan salah satu desain rumah modern tropis yang bisa dijadikan referensi. Pada bagian eksteriornya dibuat fasad megah dan besar untuk menampilkan rumah modern masa kini. Atap yang digunakan pun bermodel miring dan di tiap ruangannya dilengkapi jendela besar yang menjadi ciri khas dari rumah tropis. Jangan lupa tambahkan taman kecil di depan rumah dengan berbagai tumbuhan untuk mempercantik hunian. 

Baca juga: Intip Penampakan Desain Interior Rumah Modern Tropis Masa Kini

Setelah membaca informasi-informasi di atas, apakah Anda semakin berminat memiliki konsep hunian tersebut? Jika iya dan ingin memiliki rumah yang sudah dibangun, serta siap huni, Anda mungkin bisa melirik salah satu proyek hunian eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia. Bagi yang belum tahu, Premier Qualitas Indonesia adalah developer perumahan ternama di Indonesia yang telah berdiri dari tahun 1998 dan berhasil membangun lebih dari 25 proyek hunian eksklusif.

Saat ini, Premier Qualitas Indonesia memiliki dua proyek unggulan, yaitu Premier Estate 2 yang berada di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. Kedua perumahan ini menawarkan hunian modern tropis yang dibangun dengan material berkualitas tinggi sehingga penghuninya dapat tinggal secara nyaman di dalamnya.

Soal fasilitas, kedua perumahan ini dilengkapi fasilitas lengkap. Mulai dari clubhouse yang terdapat kolam renang dan area gym, taman bermain anak, jogging track, sistem keamanan 24 jam, hingga internet fiber optic. Selain itu, khusus di Premier Estate 2 terdapat danau luas untuk menambah suasana asri di perumahan.

Lokasi kedua perumahan ini pun terbilang strategis. Keduanya dekat dengan area Jakarta dan beberapa akses jalan tol. Juga, beberapa fasilitas umum untuk memudahkan mobilitas Anda ke mana pun.

Menariknya lagi, apabila Anda membeli hunian di Premier Qualitas Indonesia maka serah terimanya akan dilakukan relatif cepat. Anda hanya perlu menunggu 8 bulan hingga 12 bulan dari waktu reservasi untuk bisa menempati hunian tersebut. 

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah modern tropis di lokasi eksklusif ini dapat segera menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini! Klik di sini jika ingin mengecek penawaran menarik dari Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

6 Tipe dan Luas Rumah yang Populer di Indonesia

Next
Next

Ini Alasan Kenapa Rumah Tropis Modern Banyak Diminati Masyarakat Indonesia