5 Karakteristik Desain Rumah Modern Tropis yang Perlu Diketahui

Memiliki rumah di daerah yang melintasi khatulistiwa seperti di Indonesia membutuhkan konsep khusus agar bisa tinggal dengan nyaman di cuaca yang terik. Salah satu konsep yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini adalah konsep desain rumah modern tropis.

Sesuai dengan namanya, konsep ini ditujukan untuk menghadirkan suasana tropik di dalam rumah agar bisa mengurangi panas di dalamnya. Anda yang sudah berkeluarga pun sangat cocok memilih desain rumah modern tropis. Karena, desain hunian ini sangat nyaman dan akan membuat Anda sekeluarga merasa betah berada di dalamnya.

Tertarik dengan desain rumah modern tropis? Jika iya, Anda perlu mengetahui karakteristik dari desain hunian ini terlebih dulu agar nantinya semakin paham dan semakin yakin untuk memilih desain ini.

desain rumah

Atap Miring

Atap miring berfungsi untuk melindungi bangunan dari cahaya matahari secara langsung dan terpaan hujan yang deras. Perubahan cuaca secara mendadak dan terus-menerus dalam waktu yang lama dapat membuat hunian mengalami masalah serius. Untuk itu, atap rumah butuh dibuat miring dengan skala kemiringan 30 derajat dengan jenjang langit-langit setinggi 2,5m - 3m.

Banyak Ventilasi

Suhu di dalam rumah perlu terjaga dengan baik, jika tidak ini akan mempengaruhi furniture, terutama yang tidak tahan suhu panas atau lembab. Untuk itu, perlu memasang lubang ventilasi di dinding agar proses sirkulasi udara berjalan baik dan menghindari serangan jamur pada furniture.

Biasanya, pada desain rumah modern tropis sering menggunakan ventilasi berjenis silang atau cross ventilation yang dapat membuat udara masuk menjadi lebih optimal dan membuat ruangan terasa lebih sejuk. Banyaknya ventilasi pada hunian juga membuat pencahayaan alami menjadi lebih leluasa memasuki seluruh isi rumah.

Warna Dinding Netral

Desain hunian memiliki beberapa jenis yang masing-masingnya berpengaruh pada pemilihan warna dinding interior dan eksterior rumah. Untuk desain rumah modern tropis, umumnya menggunakan warna cat yang selaras dengan alam, seperti, coklat, hijau, putih, dan lainnya.

Konsep Open Space

Maksud dari konsep open space, yaitu hunian tanpa sekat. Ini dikarenakan desain rumah modern tropis identik dengan unsur kebebasan dan keleluasaan tanpa dibatasi oleh sekat-sekat yang akhirnya akan mengganggu aktivitas. Akan tetapi, jika ingin memiliki ruangan privasi, Anda bisa menggunakan furniture multifungsi. 

Selain itu, konsep dari open space juga juga menggunakan cahaya alami semaksimal mungkin dengan penggunaan jendela besar. Kehadiran jendela besar juga mampu membantu mengurangi penggunaan AC atau pendingin ruangan. Dengan begitu, biaya listrik sehari-hari Anda menjadi lebih hemat.

Material Alami

Konsep dari desain rumah modern tropis adalah kembali ke alam, di mana semua material yang digunakan berupa barang daur ulang, seperti batu alam dan kayu. Dengan menggunakan material alami maka dapat menampilkan konsep hunian yang lebih tropis dan menarik.

Setelah mengetahui karakteristik desain rumah modern tropis, Anda bisa mulai menentukan apakah ingin membangun rumah dari 0 atau langsung mencari perumahan yang sudah menggunakan konsep desain satu ini.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Rumah Tropis, Konsep Hunian yang Cocok di Indonesia

Jika ingin yang praktis, tidak ada salahnya Anda membeli hunian di Premier Qualitas Indonesia. Developer perumahan satu ini telah membangun lebih dari 5.000 rumah dengan standar kualitas tinggi. 

Untuk menunjang suasana perumahan yang tropis, lingkungan perumahan Premier Qualitas Indonesia dibuat se asri dan senyaman mungkin dengan adanya ruang terbuka hijau yang luas. Ke luar rumah, dijamin Anda akan selalu disambut lingkungan asri yang menenangkan.

Selain itu, fasilitas penunjang yang diberikan developer perumahan ini pun sangat lengkap, ada jogging track, kolam renang, taman bermain, fitness center, dan masih banyak lainnya yang bisa Anda gunakan secara bebas.

Menariknya lagi, Premier Qualitas Indonesia merupakan salah satu developer perumahan yang mampu mengakomodir serah terima dengan relatif cepat dibandingkan lainnya, yaitu dalam kurun waktu 8 bulan sampai 12 bulan dari waktu reservasi.

Terdapat dua lokasi perumahan di Premier Qualitas Indonesia yang bisa Anda pilih sesuai wilayah, ada Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. Setiap perumahan pun memiliki akses menuju jalan tol, dekat dengan rumah sakit, dikelilingi hotel bintang 4, dan sekolah favorit. Lengkap banget, kan?

Tertarik dan punya pertanyaan lebih lanjut? Anda bisa langsung menghubungi tim Sales Excecutive Premier Qualitas Indonesia dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

Previous
Previous

Catat! Ini 6 Ciri Khas dari Rumah Mewah Modern Masa Kini

Next
Next

Kunjungan Tim Country Management IKEA Indonesia ke Show Unit Pavilia at Premier Estate 2