Dapatkan Rumah Impian dengan Ikuti 4 Strategi Menabung DP Rumah Berikut Ini

Rumah bukanlah sebuah aset yang bisa dengan mudah dimiliki. Harganya yang terbilang tinggi ini menjadi tantangan tersendiri dalam membeli aset tersebut secara cash.

Apabila Anda tidak memiliki dana yang memadai maka membeli hunian secara kredit dapat menjadi opsi yang tepat. Karena, cukup menyiapkan Down Payment (DP) atau uang muka maka hunian impian sudah bisa Anda miliki.

Pada prakteknya, jumlah DP rumah yang dibutuhkan pun bisa saja terbilang cukup tinggi, tergantung dari harga rumah yang nantinya dibeli. Untuk itu, pastikan Anda memiliki cara tepat untuk menyiapkan DP rumah dengan baik sedari awal. Ini penting dilakukan agar rencana membeli rumah impian bisa segera Anda wujudkan.

Selain itu, adanya kesuksesan dalam menyiapkan DP rumah pun akan memudahkan membayar cicilan rumah di masa yang akan mendatang. Pada artikel ini akan dibagikan beberapa strategi cermat menabung DP rumah yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan rumah impian.

dp rumah

Tentukan Total DP Rumah yang Akan Ditabung

Sebelum mulai strategi, penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa rumah yang diimpikan dan berapa kisaran harganya. Karena, semakin tinggi harga rumah yang diimpikan maka semakin besar pula DP rumah yang perlu disiapkan. Anda juga perlu realistis dalam menentukan pilihan rumah agar nantinya bisa mempersiapkan DP dengan baik

Anda dapat memulainya dengan melihat rumah seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Ini akan memberikan gambaran secara besar mengenai harganya dan berapa kisaran DP yang perlu disiapkan. Apabila jumlahnya sudah ditentukan maka nantinya Anda bisa dengan mudah menentukan durasi waktu untuk menabung.

Tentukan Nominal Tabungan DP Rumah Setiap Bulan

Hindari mengalokasikan penghasilan bulanan ke dalam tabungan DP rumah. Anda tetap harus realistis dan mengingat banyaknya kebutuhan yang perlu dipenuhi. Jangan sampai kebutuhan pokok malah terganggu hanya karena setiap bulannya Anda terlalu banyak mengalokasikan uang ke tabungan DP.

Untuk itu, tentukan nominal tepat yang ingin Anda alokasikan ke dalam tabungan DP. Pastikan tetap mendahulukan kebutuhan pokok terlebih dahulu setiap bulan, termasuk jika Anda memiliki tagihan yang perlu dibayar per bulannya. Ini dilakukan agar kebutuhan sehari-hari dapat berjalan normal meski Anda sedang mempersiapkan tabungan untuk membeli rumah.

Pindahkan Tabungan DP Rumah ke Rekening Khusus

Jangan campurkan tabungan DP rumah dengan dana lainnya. Ini beresiko mengacaukan rencana pembelian rumah karena dana tersebut bisa saja sewaktu-waktu dipakai untuk kebutuhan lain.

Pisahkan dan pindahkan tabungan DP ke rekening khusus. Anda bisa membuka rekening baru atau mengosongkan salah satu rekening yang ada. Fokuskan satu rekening hanya untuk kebutuhan tabungan DP.

Disiplin dan Konsisten Menabung DP Rumah

Mulai alokasikan dana untuk tabungan DP rumah setelah Anda menerima pemasukan setiap bulan. Bila perlu, gunakan layanan auto debit untuk memudahkan menabung dan menghindari risiko lupa.

Selain dari pemasukan bulanan, Anda pun bisa mengalokasikan bonus dari kantor atau THR yang didapatkan. Lakukan cara ini dengan selalu konsisten dan disiplin agar jumlah tabungan yang dikumpulkan bisa segera terpenuhi dan mempermudah Anda membeli rumah impian secara cepat. 

Mengumpulkan dana DP rumah sering menjadi tantangan tersendiri untuk beberapa orang. Untuk itu, pastikan Anda merencanakan tabungan DP ini dengan baik sedari awal sehingga mudah untuk direalisasikan. Mulailah menabung dan siapkan DP rumah secara tepat agar nantinya bisa mewujudkan rumah idaman Anda.

Baca juga: Berapa Perkiraan Cicilan Rumah Harga 1 M? Cek Jawaban dan Informasi Lengkapnya di Sini

Bagi yang masih mencari-cari rumah impian, Anda mungkin bisa mencoba melirik koleksi proyek hunian eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia. Saat ini, developer perumahan ini memiliki dua proyek perumahan unggulan yang mungkin cocok dengan keinginan dan kebutuhan Anda, yaitu ada Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. 

Kisaran harga unit yang dijual mulai dari 1,3 miliar sampai 3 miliaran rupiah, di mana DP bisa dicicil 3 kali selama 3 bulan. Bank partner yang bekerja sama dengan developer tersebut pun sangat lengkap, ada Bank Mybank, Bank Niaga, Bank Mandiri, Bank OCBC NISP, Bank Permata, dan Bank Danamon.

Menariknya lagi, developer ini merupakan salah satu yang relatif cepat melakukan serah terima hunian. Hanya berkisar 8 bulan sampai 12 bulan sejak waktu reservasi Anda sudah bisa menempati hunian. Rentang waktu tersebut terbilang cepat dibanding developer lainnya yang bisa memakan 12 bulan sampai 24 bulan.

Tak perlu khawatir dengan kualitas huniannya karena Premier Qualitas Indonesia adalah developer perumahan ternama yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Berdiri sejak tahun 1998, developer ini telah berhasil membangun lebih dari 5.000 unit dengan material berkualitas untuk memberikan hunian yang nyaman untuk masyarakat. Setiap unit pun didesain dengan konsep modern tropis yang di mana bangunan rumahnya mampu menyesuaikan dengan iklim Indonesia sehingga terasa nyaman dihuni kapan pun.

Dua perumahan ini menghadirkan lingkungan asri dan eksklusif yang tentunya sangat nyaman untuk dijadikan tempat tinggal bersama keluarga. Di dalam perumahan juga terdapat fasilitas lengkap, mulai dari PLN Prioritas Premium Silver, internet fiber optic, keamanan 24 jam, taman bermain, jogging track, hingga clubhouse yang terdapat kolam renang dan area gym.

Lokasi dua perumahan tersebut pun strategis ke berbagai fasilitas umum dan akses tol sehingga memudahkan mobilitas, serta kegiatan sehari-hari Anda. Menarik banget, kan?

Mau langsung reservasi unit? Atau mau bertanya-tanya dulu terkait pembayaran KPR rumah? Anda bisa langsung chat Sales Executive Premier Qualitas Indonesia sekarang juga dengan cara klik ikon WhatsApp di bawah ini. Sementara, jika ingin mendapatkan banyak penawaran menarik, Anda bisa klik di sini.

Previous
Previous

5 Desain Rumah Idaman yang Disukai Banyak Orang

Next
Next

Butuh Rumah di Bekasi Tipe 65? Baca Dulu Informasi Selengkapnya Berikut Ini