Daftar Tipe Perumahan Berdasarkan Luas Bangunannya

Perkembangan kondisi sosial ekonomi menyebabkan masyarakat berusaha memenuhi kebutuhan perumahannya berdasarkan kemampuannya. Berdasarkan kondisi inilah muncul berbagai tipe perumahan, dari yang hanya ada 1 ruang tidur hingga lebih.

Kondisi fisik perumahan yang dibangun oleh developer biasanya menyesuaikan dengan harga rumah yang dijual sehingga kian tinggi harga bangunannya maka kualitas bahannya semakin bagus dan fasilitas di dalam kawasannya pun lengkap.

Tipe rumah yang dipasarkan di perumahan biasanya diberi nama berdasarkan luas bangunan dan luas tanahnya. Setiap developer perumahan umumnya menamai rumah yang dijualnya dengan berbagai jenis nama, seperti nama bunga, daerah, benda, tumbuhan, nama lainnya.

Prinsip yang perlu diketahui saat mencari rumah adalah mendasarkan pilihan pada luas tanah dan luas bangunan yang disediakan developer yang biasanya ini disebut dengan tipe perumahan atau tipe rumah. Mungkin Anda sering mendengar tipe rumah 21, 36, atau 45. Bagi yang masih awam, mungkin bertanya-tanya apa maksud dari penamaan tipe perumahan tersebut. Supaya tidak bingung, berikut ini dijelaskan tipe perumahan berdasarkan luas bangunannya.

list tipe perumahan

Tipe Rumah 21

Tipe perumahan 21 memiliki luas bangunan 21 m2, contohnya rumah dengan ukuran 6 m x 3,5 m. Ukuran tanah pada tipe tersebut dipadukan dengan ukuran luas tanah 6 m x 10 m = 60 m2 dan 6 m x 12 m = 72 m2 sehingga disebut tipe rumah 21/60 atau juga bisa 21/72. Tipe rumah ini umumnya menyediakan 1 ruang tidur, 1 ruang tamu, dan 1 kamar mandi, cocok untuk pasangan yang baru membentuk keluarga.

Tipe Rumah 36

Tipe 36 merupakan tipe perumahan dengan luas bangunan 36 m2, contohnya rumah dengan ukuran 6 m x 6 m = 36 m2. Luas tanah pada tipe 36 bisa dipadukan dengan beberapa ukuran luas tanah, seperti 60 m2 sehingga kerap disebut tipe 36/60 atau ukuran luas tanah 72 m2 dengan tanah 36/72. Tipe rumah 36 umumnya memiliki 2 ruang tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, dan 1 kamar mandi, cocok untuk keluarga yang memiliki 1 atau 2 anak.

Tipe Rumah 45

Tipe rumah 45 adalah tipe perumahan dengan luas bangunan 45 m2, contohnya ukuran rumah 6 m x 7,5 m = 45 m2 sehingga disebut tipe 45. Jika dengan luas tanah 8 m x 12 m = 96 m2 maka disebut tipe 45/96. Biasanya, tipe rumah ini memiliki 2 ruang tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, 1 kamar mandi, dan garasi atau teras yang cukup luas.

Tipe Rumah 54

Tipe rumah 54 adalah tipe perumahan dengan ukuran bangunan 6 m x 9 m = 54 m2 sehingga disebut tipe 54. Tipe ini digunakan pada rumah kelas menengah yang mengutamakan keluasan bangunan, namun dengan harga yang masih bisa dijangkau.

Tipe Rumah 60

Tipe rumah satu ini memiliki ukuran bangunan 6 m x 10 m = 60 m2 sehingga disebut tipe 60. Tipe ini memiliki ukuran yang cukup luas sehingga bisa digunakan pada rumah dengan kelas mewah, namun masih dengan harga terjangkau karena masih ada rumah mewah dengan luas bangunan yang lebih besar lagi dari 60 m2.

Di samping tipe perumahan yang disebutkan di atas, masih ada lainnya tipe 70, 90, dan 120. Penjelasan tipe perumahan tersebut pun hampir sama hanya disesuaikan berdasarkan luas bangunannya. 

Baca juga: Ketahui Berbagai Tipe Perumahan yang Ada di Indonesia

Jika menginginkan tipe perumahan yang berada di lokasi strategis dan lingkungan eksklusif, Anda bisa melirik Premier Estate 3 Extension yang berada di Kranggan, Cibubur. Perumahan eksklusif ini berada di bawah naungan Premier Qualitas Indonesia yang menawarkan beberapa tipe rumah.

Ada tipe Besancon Special (LT/LB 84m2) yang harganya 1,8 miliar, Bacilio (LT 84 m2 / LB 89m2) yang harganya 2,1 miliar, Filia (LT 170m2 / LB 138m2) yang harganya 3,7 miliar, Hara (LT 114m2 / LB 132m2) yang harganya 2,9 miliar, dan ada juga Gavril (LT 104m2 / LB 124m2) yang harganya 2,5 miliar. Setiap tipe unitnya dibangun 2 tingkat dan dirancang dengan konsep modern tropis, yang mana konsep ini cocok diterapkan di iklim Indonesia.

Untuk pembayaran rumahnya bisa dengan cara tunai atau mengambil program KPR yang tenornya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Untuk uang mukanya pun Premier Qualitas Indonesia menawarkan cicilan 3 kali dalam 3 bulan untuk memudahkan pembayarannya.

Lingkungan perumahan ini pun dibuat asri, sejuk, dan bersih dengan adanya ruang terbuka hijau. Untuk menunjang kenyamanan, di dalam kawasan Premier Estate 3 Extension disediakan fasilitas penunjang lengkap yang terdiri dari taman bermain untuk anak, keamanan terjamin dengan one gate system, internet fiber optic, jogging track, PLN Prioritas Premium Silver, hingga clubhouse yang terdapat swimming pool, lounge, dan fitness centre.

Fasilitas umum yang berada di sekitarnya pun tersedia lengkap. Ini dikarenakan Premier Estate 3 Extension strategis ke mana pun. Mulai dari Tol Jatikarya, Tol Jagorawi Gate Cibubur, Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur, JORR Gate Jatiwarna, area Jakarta, jalur TransJakarta, jalur LRT, SMA Al-Azhar, Bandara Halim Perdana Kusuma, hingga fasilitas umum lainnya.

Nah, ada kabar menarik nih untuk Anda yang tertarik membeli rumah di Premier Estate 3 Extension. Di bulan September 2022 ini untuk pembelian unit tipe apa pun akan mendapatkan promo potongan harga hingga 50% untuk pembayaran AJB, BBN, dan BPHTB, serta gratis kanopi bahan asbes yang memiliki syarat ketentuan tertentu. Untuk mengetahui detail apa saja syarat ketentuan promonya atau mau langsung melakukan reservasi, bisa menghubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan cara klik di sini atau lebih gampangnya lagi bisa klik ikon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah berikut.

Previous
Previous

Intip Gambaran Interior Tipe Rumah 120 untuk Setiap Ruangannya

Next
Next

Ciri-Ciri Rumah yang Bagus Beserta Tips Membangunnya