4 Keuntungan Investasi Rumah Sejak Dini Beserta Cara Memulainya

Dewasa ini, sudah banyak masyarakat yang tertarik dengan investasi properti karena bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Salah satu investasi properti yang paling banyak dipilih adalah rumah. Alasanya, karena rumah adalah salah satu instrumen investasi yang nilainya tidak akan turun. Terlebih dengan kebutuhan rumah yang tinggi sehingga keuntungan investasi rumah akan semakin besar.

Untuk Anda pekerja muda atau anak muda, tidak ada salahnya memulai investasi rumah sejak dini karena akan ada banyak keuntungan yang didapat, selain harganya yang selalu melambung naik. Apa sajakah keuntungannya? Biar gak makin penasaran, simak artikel ini selengkapnya karena akan membahas seputar investasi rumah, dari apa saja keuntungannya sampai bagaimana cara memulainya.

Keuntungan Investasi Rumah

  • Harga Selalu Naik

investasi rumah harga mengalami kenaikan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi rumah cenderung selalu naik, bahkan dari tahun ke tahun terus naik dengan kisaran 10% sampai 15%. Salah satu faktor yang membuat harga rumah turun adalah nilai inflasi yang tinggi, yang mana nilai mata uang melemah dan daya beli juga menurun. Hal inilah yang memaksa developer untuk terus menaikan harga rumah, demi mempertimbangkan harga jasa konstruksi dan material yang naik. Selain itu, juga ketersediaan lahan yang sudah kian berkurang menjadi faktor naiknya harga rumah setiap tahunnya.

  • Bersifat Multiguna

investasi rumah bersifat multiguna

Keuntungan investasi rumah selanjutnya adalah bangunan ini bersifat multiguna, terlebih jika berada di tempat strategis, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal, seperti ruko, kantor, atau tempat usaha. Bahkan, mungkin saja ada perusahaan yang tertarik memilih rumah Anda sebagai kantornya. Kini, sudah banyak perusahaan startup yang memiliki kantor di lingkungan perumahan.

  • Sumber Pendapatan Pasif

investasi rumah miliki sumber pendapatan pasif

Apabila berniat membeli rumah dan tidak akan menempatinya, mungkin bisa Anda sewakan. Keuntungan investasi rumah di sini adalah sebagai sumber pendapatan pasif dengan menyewakan atau dijadikan kos-kosan. Terlebih jika Anda membeli dengan sistem KPR, biaya sewanya bisa dijadikan untuk cicilan rumah. Menarik banget, kan? Jadi, investasi rumah juga bisa dijadikan usaha dalam jangka waktu panjang.

  • Investasi Jangka Panjang

investasi rumah jangka panjang

Ini merupakan alasan keuntungan investasi rumah yang paling kuat untuk Anda harus segera memulainya. Terlebih dihitung dari return dan capital gain, di mana rata-rata kenaikan inflasi rumah cukuplah menjanjikan. Rumah yang Anda beli sekarang harganya akan terus meningkat berlipat-lipat di 10 sampai 15 tahun mendatang. Jika dihitung secara jangka panjang, investasi rumah bisa memberi keuntungan yang sangat besar.

Cara Memulai Investasi Rumah

cara memulai investasi rumah

Setelah mengetahui apa saja keuntungan investasi rumah, tentunya Anda semakin tertarik untuk memulainya, kan? Tapi, sebelum memulainya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa cara memulainya berikut ini untuk menjadi pegangan nantinya.

  • Lokasi yang strategis

Jika ingin memulai berinvestasi rumah, pilihlah rumah yang berada di lokasi strategis. Ini dikarenakan faktor lokasi sangat mempengaruhi seberapa besar harga rumah. Untuk itu, pilihlah rumah yang dekat dengan fasilitas atau transportasi umum, seperti pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, jalan raya, gerbang tol, dan bandara.

  • Beli di Developer

Jika ragu dalam menentukan rumah, lebih baik berinvestasi hunian di perumahan dari developer besar, seperti Premier Qualitas Indonesia. Ini dikarenakan hunian yang dikembangkan developer selalu menjadi hot property yang banyak diminati. Jadi, selain aman, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

  • Sesuaikan dengan Budget

Sebelum membeli rumah, hitunglah budget terlebih dahulu. Perlu diingat, tujuan utama dari investasi rumah adalah memberdayakan uang pasif, bukan dijadikan penghasilan utama. Jadi, sesuaikan dengan budget yang dimiliki dan jangan sampai menjadi beban keuangan Anda.

Baca juga: 5 Kriteria Rumah Bekasi yang Potensial untuk Dijadikan Aset Investasi

Apabila mencari rumah untuk investasi, Anda bisa memilih koleksi hunian eksklusif milik Premier Qualitas Indonesia. Developer ternama ini telah berpengalaman membangun lebih dari 24 proyek perumahan di kawasan Jabodetabek.

Kini, ada dua perumahan unggulannya yang mungkin cocok dengan Anda, yaitu Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur. Dua perumahan ini terbilang sangat menguntungkan karena berada di lokasi strategis yang dekat dengan fasilitas umum dan akses gerbang tol.

Menariknya lagi, dua perumahan ini juga dilengkapi banyak fasilitas penunjang sehingga bisa menjadi nilai plus untuk rumah yang dijadikan investasi. Mulai dari keamanan yang terjamin 24 jam, clubhouse yang terdiri dari kolam renang dan pusat kebugaran, jogging track, kids playground, internet fiber optic, hingga masih banyak lainnya. 

Untuk serah terima, Premier Qualitas Indonesia merupakan salah satu developer yang mampu melakukan serah terima dalam waktu yang relatif cepat, yaitu 8 sampai 12 bulan dihitung dari waktu reservasi. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan sistem KPR dan developer ini juga bekerja sama dengan beberapa bank partner sehingga memudahkan Anda untuk membeli rumah. Uang DP pun bisa Anda cicil sebanyak tiga kali selama tiga bulan.

Lebih menariknya lagi, di bulan Maret dan April, setiap pembelian unit di Premier Estate 3 ada promo menarik, yaitu free canopy dan free PPN 50% AJB, BBN. Untuk cek promo selengkapnya, bisa cek di sini. Dikarenakan unitnya sangat terbatas, jangan sampai Anda kehabisan, langsung reservasi sekarang juga dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk terhubung dengan Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

Rekomendasi Ruko Modern dengan Fasilitas Lengkap dan Lokasinya Strategis

Next
Next

Premier Estate 3, Jual Properti Rumah Bernilai Tinggi