Panduan Membeli Rumah Baru Agar Tidak Salah Pilih

Membeli rumah baru bukanlah perkara sederhana. Diperlukan banyak pertimbangan, perencanaan, dan membaca panduan membeli rumah yang perlu dipikirkan. Ada baiknya pula Anda melakukan riset seperti apa desain dan jumlah ruangan yang dibutuhkan agar nantinya kebutuhan rumah bisa sesuai dengan impian. Untuk yang tengah berencana membeli rumah baru dalam waktu dekat, selain perlu siapkan dana, sebaiknya ikuti panduannya berikut ini yang bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan hunian bagus untuk keluarga.

cara beli rumah baru

Kenali Lingkungan Sekitar

Sebelum membeli rumah baru, cari tahu sebanyak mungkin mengenai lingkungan hunian tersebut. Pelajari lokasi tempat-tempat penting untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari di sekitaran rumah. Cari tahu juga seperti apa budaya masyarakat sekitar dan bagaimana tingkat kriminalitasnya dengan berkeliling di lingkungannya beberapa kali dalam seminggu.

Pahami Denah Rumah

Umumnya, pemetaan denah rumah sudah dilengkapi dengan ukuran setiap ruangannya dengan skala tertentu. Pelajarilah ukuran ruangan agar Anda bisa memiliki gambaran jelas fungsi ruang satu sama lain.

Pada beberapa developer ada yang melengkapi dengan teknologi virtual reality sehingga Anda bisa melakukan tur virtual ke dalam rumah tanpa perlu datang ke lokasi. Canggih, kan? Tentunya hal ini mempermudah Anda yang ingin membeli rumah baru yang berlokasi jauh dari kediaman saat ini.

Survei Langsung

Sebelum proses akad jual beli, pastikan Anda sudah melakukan survei ke unit rumah tersebut secara langsung. Sebaiknya melihat kondisi rumah secara langsung dan bertanya banyak hal secara detail kepada developer. Sebab, umumnya ada banyak masalah yang tak diduga yang bisa terjadi pada rumah baru. Bahkan, Anda bisa meminta bantuan kontraktor kenalan untuk memeriksa kondisi bangunan rumah yang dipilih.

Urus Status SHM

Setelah mengurus AJB atau Akta Jual Beli, biasanya pembeli akan mendapatkan SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan dari developer. Developer sendiri adalah badan hukum yang tak diperbolehkan memiliki tanah dengan Status Hak Milik atau SHM karena developer hanya bisa memiliki tanah dan bangunan dengan SHGB.

Pengurusan SHM bisa dilakukan di kantor BPN setempat di wilayah rumah tersebut berada. Pengurusan bisa dilakukan oleh pemegang SHGB atau menggunakan jasa notaris/PPAT. Syarat yang perlu dipenuhi, yakni SHGB yang asli, fotokopi IMB dan SPPT PBB dari tahun terakhir, identitas diri berupa KTP, surat pernyataan bahwa tidak memiliki tanah lebih dari 5 bidang yang luasnya kurang dari 5.000 m2, serta membayar uang pemasukan kepada Negara.

Jangan Bayar DP Sebelum KPR Disetujui

Tak ada jaminan bank akan menyetujui pengajuan KPR walaupun developer telah bekerjasama dengan bank tersebut. Sebab, bank tak hanya melihat developernya, tapi evaluasi kemampuan keuangan pembelinya untuk melunasi cicilan. Untuk itu, sebaiknya pembayaran uang muka dilakukan setelah adanya keputusan persetujuan KPR. Bila belum ada keputusan, sebaiknya tidak membayar uang muka karena bila nantinya ternyata KPR tak disetujui, Anda perlu meminta kembali uang tersebut dan biasanya ada potongan dan prosesnya tak mudah.

Baca juga: Sering Dilupakan Banyak Orang, Ini 5 Tips Membeli Rumah Baru

Itulah panduan membeli rumah baru yang perlu Anda ketahui agar bisa mendapatkan sesuai kebutuhan. Bila dirasa pilihan rumahnya sudah oke dan sudah jadi, disarankan langsung lakukan akta jual beli.

Jika Anda ingin membeli rumah baru, namun masih mencari-cari yang berkualitas bagus dan berada dinaungan developer terpercaya, disarankan membeli rumah yang dibangun oleh Premier Qualitas Indonesia. Developer ternama di Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 1998 dan berpengalaman membangun lebih dari 24 proyek perumahan eksklusif di kawasan Jabodetabek.

Apabila tengah mencari rumah baru di daerah Bekasi atau Cibubur, Anda bisa membeli rumah di salah satu perumahan unggulan Premier Qualitas Indonesia. Saat ini, developer tersebut memiliki dua perumahan unggulan, yaitu Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 Extension di Kranggan, Cibubur.

Setiap unit rumah yang dijual di dua perumahan eksklusif tersebut dirancang 2 lantai dengan konsep modern tropis. Untuk luasnya, setiap tipe memiliki luas bangunan dan luas tanah berbeda. Harganya pun bervariasi, dari 1,8 miliar sampai 3,8 miliaran. Pembayarannya bisa dilakukan dengan cara tunai dan juga KPR. Uang mukanya pun bisa dicicil sebanyak tiga kali dalam jangka waktu tiga bulan untuk meringankan pembayarannya.

Tak perlu khawatir soal lokasi dan fasilitas yang diberikan. Kedua perumahan tersebut berada di wilayah yang strategis ke berbagai tempat, baik akses ke Ibukota, jalur transportasi, akses gerbang tol, hingga fasilitas publik lainya sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk fasilitas penunjang di dalam kawasan perumahannya pun tersedia lengkap dan ada ruang terbuka hijau yang membuat lingkungannya asri. Bahkan, di Pavilia at Premier Estate 2 terdapat danau buatan luas yang kebersihan sekitarnya terjaga dengan baik.

Nah, jika tertarik dengan kedua perumahan tersebut, Anda bisa bertanya-tanya dulu kepada Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan mengklik ikon WhatsApp di pojok kanan bawah atau juga bisa dengan klik di sini.

Kabar bagus! Jika ingin membeli rumah di salah satu perumahan tersebut di bulan Agustus 2022, Anda akan dapatkan banyak promo menarik. Untuk pembelian rumah di Premier Estate 3 Extension dengan pembayaran KPR Bank CIMB Niaga Syariah, Anda akan mendapatkan cicilan tetap untuk setiap bulannya, gratis kanopi asbes, bebas pembayaran AJB, BPHTB, dan BBN, serta bonus sampai ratusan juta rupiah. Sementara, pembelian rumah di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan potongan harga 50% AJB, BPHTB, dan BBN, serah terima bisa dilakukan di tahun 2022, serta gratis kanopi. Langsung hubungi Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia untuk dapatkan promo tersebut!

Previous
Previous

Segudang Keuntungan yang Didapat Bila Tinggal di Rumah Bekasi

Next
Next

Wujudkan Rumah Bagus dan Mewah dengan Ikuti Tips Berikut Ini