Ini Cara Menghitung Estimasi Biaya Membangun Rumah 2 Lantai Mulai dari 0

Biaya membangun rumah tidaklah sedikit, terutama untuk rumah 2 lantai. Oleh karena itu, diperlukan perhitungan yang tepat agar biayanya pun tidak melebihi dari budget yang telah disediakan. Karena apabila pengeluaran sudah over budget, nantinya akan menyusahkan Anda dan bisa-bisa pembangunan malah terhenti. 

Bagi Anda yang ingin membangun rumah 2 lantai, mungkin bertanya-bertanya “Berapa biaya membangun rumah 2 lantai?” Sebenarnya, biayanya sangatlah bervariatif dan setiap rumah bisa memiliki pengeluaran yang berbeda. 

Namun, pada artikel ini akan membahas kisaran harga secara garis besar untuk biaya membangun rumah 2 lantai. Nah, tanpa berlama-lama lagi, untuk Anda yang ingin menghitung biaya membangun rumah 2 lantai, berikut ini caranya!


Buat Perencanaan Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

buat rencana biaya membangun rumah 2 lantai

Langkah pertama, Anda harus mengetahui seberapa banyak kira-kira biaya membangun rumah 2 lantai. Perkiraan ini untuk memudahkan Anda dalam mengontrol pengeluaran uang. Pastikan juga memiliki dana darurat dalam pembangunan rumah agar jika sewaktu-waktu bahan material naik, Anda tidak pusing.

Perencanaan biaya ini juga memudahkan Anda jika ingin menggunakan kontraktor, biasanya kontraktor bisa membangunkan rumah sesuai dengan budget. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui dana yang diperlukan. Perkiraan perhitungan dan pengeluaran biaya membangun rumah 2 lantai, yaitu sebagai berikut:

  • Tahap Mempersiapkan Lahan

Pada tahap ini Anda perlu membersihkan lahan, seperti jika terdapat banyak tumbuhan liar atau rerumputan, tentunya perlu dibersihkan terlebih dahulu agar memudahkan dalam pembuatan rumah. Akan menambah biaya banyak jika tanah rumah Anda memiliki posisi miring atau lebih rendah daripada jalanan.

  • Pembuatan Pondasi

Langkah selanjutnya adalah dalam pembuatan pondasi. Tentunya untuk membangun rumah dengan 2 lantai, Anda memerlukan pondasi yang lebih kuat daripada rumah 1 lantai. Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan juga lebih banyak.

  • Pembangunan Total

Memasuki tahap ini Anda perlu lebih rinci dalam memperhitungkan karena harus menghitung estimasi berapa banyak semen, cat, keramik lantai, kayu, dan keperluan rumah lainnya yang dibutuhkan. Ini bisa Anda perkirakan dari berapa luas rumah yang Anda inginkan. 

  • Biaya Tukang

Kemudian, hitung biaya untuk tukang dan kuli bangunan yang akan menyelesaikan pembangunan rumah Anda. Saat ini, tarif tukang bangunan untuk harian berkisar 150 ribu hingga 200 ribuan rupiah. Anda bisa mengalikan berapa banyak tukang yang digunakan dengan waktu yang dibutuhkan. 

  • Estimasi Waktu Pembuatan Rumah

Untuk memudahkan dalam menghitung biaya membangun rumah 2 lantai, Anda juga perlu menghitung estimasi waktunya. Biasanya, rumah 2 lantai dibangun minimal 2 hingga 3 bulan dengan luas rumah di bawah 70 meter persegi. Namun, jika Anda ingin membangun rumah mewah dengan luas di atas 100 meter persegi, butuh waktu minimal 3 bulan sampai bahkan ada yang 8 bulan, tergantung dari luas dan desain rumah yang diinginkan. 

Tentukan Menggunakan Kontraktor atau Ditangani Sendiri

biaya membangun rumah 2 lantai bangun sendiri atau dengan kontraktor

Setelah membuat perkiraan budget, Anda dapat memilih akan meng-handle semuanya sendiri atau menyerahkan pada kontraktor. Sebenarnya, keduanya sama saja, hanya jika menggunakan kontraktor, tak perlu lagi mengontrol keadaan rumah setiap harinya, biaya pun bisa dinegosiasikan, dan didelegasikan kepada kontraktor, namun tetap dimonitor oleh Anda. 

Untuk biaya membangun rumah 2 lantai per meternya mencapai 4 juta hingga 5 jutaan sehingga jika Anda ingin membangun rumah ukuran 100 meter persegi maka membutuhkan biaya sekitar 400 jutaan rupiah. Biaya ini masih untuk lantai satu saja, belum dengan lantai dua. Jika ingin membangun lantai 2 tentu harus mengalikannya dengan dua, yang berarti Anda harus mengeluarkan biaya 800 jutaan rupiah.

Baca juga: Ide Desain Rumah Mewah 2 Lantai, Inspirasi untuk Rumah Baru Anda!

Setelah mengetahui biaya membangun rumah 2 lantai, apakah Anda ingin membangun rumah sendiri, menggunakan kontraktor atau langsung membeli rumah yang sudah jadi? Nah, apabila setelah mempertimbangkan banyak hal Anda ingin membeli rumah yang sudah siap huni, mungkin bisa melirik salah satu perumahan eksklusif dari Premier Qualitas Indonesia yang ada di Kranggan, Cibubur, yaitu Premier Estate 3. Perumahan ini menghadirkan hunian eksklusif dengan suasana yang asri di tengah perkotaan. 

Premier Estate 3 memiliki banyak pilihan tipe unit hunian 2 lantai, mulai dari tipe Antibes, Besancon, Cholet, hingga Deaux dengan luas bangunan dan tanah yang berbeda-beda. Di bulan Maret ini pun perumahan ini akan mulai pengembangan baru, yaitu Premier Estate 3 Extension, yang menawarkan beberapa tipe terbaru dengan berbagai ukuran yang bisa mengakomodir kebutuhan Anda dengan luasan unit yang berbeda-beda, yaitu Besancon Special, Bacilio, Elana, Filia, Hara dan Gavriel. Menariknya, akan ada banyak promo menarik di bulan Maret dan April, yaitu ada Free PPN 50%, AJB, BBN, dan Free Canopy.

Setiap huniannya pun dirancang dengan konsep modern tropis, di mana konsep ini sangat cocok untuk iklim di Indonesia. Setiap ruangannya akan ditaruh jendela besar sehingga sirkulasi udara dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah secara optimal. 

Semakin menariknya lagi, perumahan ini dilengkapi banyak fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan penghuninya di dalam kawasan. Mulai dari adanya clubhouse yang terdiri dari arena gym dan kolam renang, jogging track, professional management estate, taman bermain anak, hingga keamanan terjamin 24 jam. Tak hanya itu, Anda pun tak perlu lagi merasakan seringnya mati listrik karena setiap unit sudah menggunakan aliran dari PLN Prioritas Premium Silver.

Lokasi perumahan ini pun sangat strategis dari sisi akses, yaitu dekat dengan akses JORR Gate Jatiwarna, Tol Cimanggis Cibitung Gate Cibubur, dan Tol Jagorawi Gate Cibubur. Selain itu, juga dekat Bandara Halim Perdana Kusuma, lapangan golf, sekolah favorit, serta dekat dengan banyak fasilitas umum lainnya sehingga memudahkan Anda pergi ke mana pun.

Bicara soal harga, Anda pun tak perlu khawatir karena seluruh unit di Premier Estate 3 sudah dibangun 2 lantai dan harganya mulai dari kisaran 1,7 miliar saja! Dengan banyaknya fasilitas penunjang dan berada di lokasi strategis, jelas kisaran harga tersebut sangatlah worth it karena kualitas bangunan juga menjadi keunggulan utama dari semua proyek-proyek di bawah Premier Qualitas Indonesia. 

Anda bisa langsung menghubungi Sales Executive Premier Qualitas Indonesia dengan klik ikon WhatsApp di bawah inI untuk melakukan reservasi unit atau memiliki pertanyaan lebih lanjut. Selain itu, Anda juga bisa langsung klik di sini.

Previous
Previous

Sering Terlupakan, Ini Tambahan Biaya Jual Beli Rumah yang Harus Anda Siapkan

Next
Next

Tak Banyak yang Tahu, Pavilia at Premier Estate 2 Punya Hunian dengan Desain Interior Cantik