5 Tips Membayar Cicilan Rumah yang Efektif dan Bisa Cepat Lunas

Memangnya bisa bayar cicilan rumah dengan cepat? Bagaimana mungkin, masa cicilan saja sudah ditentukan ketika pengajuan KPR. Mungkin pertanyaan tersebut muncul dibenak Anda ketika membaca judul artikel ini. Untuk yang sedang berencana ingin membeli rumah dengan pembayaran KPR, tips membayar cicilan rumah berikut ini akan sangat berguna bagi Anda.

Tentunya Anda tidak mau mengontrak rumah seumur hidup, kan? Terlebih jika sekarang sudah berkeluarga. Sedangkan, membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, solusinya adalah ajukan KPR! Akan tetapi, pengajuan KPR bisa menjadi beban bila tidak dikelola dengan tepat. Supaya cicilan rumah Anda bisa dibayar secara efektif dan cepat lunas, ikuti beberapa rahasinya berikut ini.

cara bayar cicilan rumah

Kurangi Sisa Pokok KPR

Agar cicilan rumah Anda cepat selesai, kurangi sisa pokok KPR dengan cara menambah simpanan tabungan menjadi dua kali lipat. Jika Anda biasanya menyisihkan sepertiga dari pemasukan untuk membayar cicilan, coba kali ini sisihkan dua per tiganya untuk kurangi sisa pokok KPR.

Sebagai contoh, Anda memiliki penghasilan 5 juta setiap bulannya, yang mana 1,7 juta untuk membayar cicilan KPR. Berarti, Anda memiliki sekitar 3,3 juta untuk biaya hidup sehari-hari per bulan. Ke depannya, bisa mengurangi biaya hidup, misalnya saja menjadi 2,5 juta per bulan. Dengan begitu, Anda memiliki 800 ribu per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Lumayan bertambah, bukan? Jika hal ini diterapkan setiap bulannya maka cicilan rumah pun bisa cepat lunas.

Siapkan Biaya DP Rumah dan Dana Darurat

Ketika memutuskan untuk membeli rumah, pastikan memprioritaskan uang DP terlebih dahulu. Jangan lupa pula sisihkan pemasukan setiap bulan untuk dana darurat, seperti untuk kesehatan, pendidikan, dan lainnya, sebanyak 3-6 kali dari pengeluaran bulanan. Pastikan Anda tidak mengorbankan banyak hal penting hanya karena perlu membayar cicilan rumah ya.

Pelajari Suku Bunga KPR

Suku bunga KPR ada dua jenis, yakni suku bunga fix yang nilainya tetap selama masa kredit berjalan dan suku bunga floating yang nilainya berubah sesuai aturan suku bunga Bank Indonesia. Alangkah baiknya, Anda cari produk KPR dengan suku bunga tetap dan rendah, namun bisa periode panjang.

Siapkan Dana untuk Kebutuhan Isi Rumah

Selain memikirkan biaya cicilan rumah, Anda pun perlu siapkan biaya untuk mengisi kebutuhan rumah. Mulai dari memasang listrik, air internet, hingga membeli furniture untuk setiap ruang yang tentunya hal seperti ini sangat memakan banyak biaya. 

Perhatikan Reputasi Developer Pilihan

Tak kalah penting, namun sering disepelekan, Anda perlu memeriksa kredibilitas developer perumahan yang dipilih untuk menghindari risiko terkena penipuan. Untuk lebih amannya, pilihlah developer rekanan bank yang menyediakan KPR sehingga kredibilitas developer tersebut sudah pasti terjamin. 

Sebagai contoh, developer Premier Qualitas Indonesia bekerja sama dengan beberapa bank untuk proses pembayaran dalam merealisasikan KPR melalui lembaga keuangan yang terpercaya agar memudahkan pembayaran Anda, yaitu ada Bank MyBank, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Permata, dan Bank OCBC NISP. Jika Anda menggunakan salah satu bank tersebut, tidak ada salahnya memilih developer ternama dengan reputasi bagus, seperti Premier Qualitas Indonesia.

Itulah sejumlah cara membayar cicilan rumah, terutama untuk Anda yang baru pertama kali mengajukan KPR. Setelah membaca artikel ini, jangan takut beli rumah KPR ya karena sekarang pun sudah ada banyak cara untuk membayar cicilan rumah dengan cepat dan efektif. Selamat wujudkan rumah idaman Anda!

Baca juga: Berapa Perkiraan Cicilan Rumah Harga 1,8 M-an? Cek Jawaban dan Informasi Lengkapnya di Sini

Apabila setelah membaca poin terakhir Anda menjadi tertarik mengenal Premier Qualitas Indonesia, artikel ini merekomendasikan dua perumahan unggulannya yang mungkin saja bisa menjadi rumah idaman Anda. Kini terdapat dua perumahan unggulannya, yakni Pavilia at Premier Estate 2 di Jatiwarna, Bekasi dan Premier Estate 3 di Kranggan, Cibubur, yang masing-masingnya berlokasi strategis ke berbagai fasilitas publik, serta akses transportasi

Khusus di Premier Estate 3, total lahannya sekarang ada 9 ha, 7 ha sudah dibangun tiga tipe, yaitu Cholet (LT72m2/LB65m2), Besancon (LT/LB84m2), dan Antibes (LT/LB135m2). Sedangkan, untuk sisa lahannya baru saja diluncurkan Premier Estate 3 Extension pada bulan Maret 2022 lalu dengan beberapa tipe unit terbaru, yaitu ada Filia (LT170m2/LB138m2), Elana (LT154m2/LB142m2), Hara (LT114m2/LB132m2), Gavril (LT104m2/LB124m2), Bacilio (LT84m2/LB89m2), dan Besancon Special (LT/LB84m2).

Anda yang menginginkan kawasan perumahan sejuk, cocok memilih unit di dua perumahan tersebut! Karena lingkungan kawasannya dikelilingi banyak pepohonan rindang dan rumahnya dirancang dengan konsep modern tropis, yang mana konsep ini cocok digunakan di iklim Indonesia yang tropis lembab. Masing-masing kawasan pun dilengkapi banyak fasilitas penunjang untuk memenuhi kebutuhan lifestyle penghuninya. Khusus di Pavilia at Premier Estate 2 pun ada danau buatan luas yang bisa dijadikan tempat me time atau quality time bersama keluarga setelah lelah beraktivitas dengan urusan kerjaan.

Selain adanya pembayaran KPR, Premier Qualitas Indonesia memudahkan Anda dalam menempati hunian dengan cepat karena developer ini  merupakan salah satu yang relatif cepat dalam melakukan serah terima kunci dalam kurun waktu 8 bulan sampai setahun dari waktu reservasinya. Cicilan uang muka pun bisa dilakukan sebanyak 3 kali selama 3 bulan untuk meringankan pembayaran Anda.

Nah, ada kabar bagus nih untuk Anda yang tertarik membeli unit di Premier Qualitas Indonesia. Di bulan Juni ini untuk pembelian unit di Pavilia at Premier Estate 2 akan mendapatkan free PPN, free canopy, free 50% untuk AJB, BBN, dan BPHTB, serta bisa melakukan serah terima di tahun 2022. Sementara, jika membeli unit Premier Estate 3 dan Premier Estate 3 Extension khusus pembayaran KPR akan mendapatkan suku bunga rendah sebesar 1,78%, free 50% BPHTB, AJB, dan BBN, free canopy, serta bisa serah terima hunian di tahun ini juga.

Untuk mengetahui informasi syarat ketentuan promo atau memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dua perumahan di atas, silahkan klik di sini atau juga bisa klik ikon WhatsApp untuk terhubung dengan Tim Sales Executive Premier Qualitas Indonesia.

Previous
Previous

Referensi Desain Interior Rumah Modern Tropis, Bisa Dicontek!

Next
Next

Ketahui Berbagai Jenis dan Simulasi KPR CIMB Niaga